Sukses

Review Oppo Reno 10 Pro Plus 5G: Punya Kamera Setara Smartphone Flagship

Berikut ini ulasan dan pengalaman Tekno Liputan6.com dalam menggunakan Oppo Reno 10 Pro Plus 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo beberapa waktu lalu merilis smartphone baru mereka, Oppo Reno 10 Pro Plus 5G di Indonesia.

Meski banyak menjual soal keunggulan fotografinya, namun Reno 10 Pro Plus juga memiliki performa dan berbagai fitur-fitur lain yang tidak boleh diremehkan.

Apalagi, smartphone ini hadir seakan menjadi obat kecewa buat mereka yang sudah menantikan kehadiran Oppo Find X6 Pro yang tidak dijual di Tanah Air.

Sekilas soal spesifikasi Oppo Reno10 Pro Plus 5G, smartphone ini memiliki ketebalan 8.28 mm dan berat hanya 194 g.

Layarnya berukuran 6,74 inci dengan resolusi FHD+ 2772×1240, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz, dengan masih menyertakan lapisan kaca pelindung AGC Dragontrail Star 2.

Kecerahan maksimal standarnya bisa mencapai 500 nits, dengan kecerahan saat di bawah sinar matahari bisa mencapai 1100 nits.

Oppo Reno10 Pro+ 5G membawa kamera utama 50MP f/1.8 yang sudah mendukung OIS, telefoto 64MP f/2.5, ultra wide 8MP f/2.2, dengan fitur 3x optical zoom dan 120x digital zoom.

Sementara buat swatofoto, kamera selfie yang bisa digunakan juga masih sama dengan model-model lainnya yaitu 32MP f/2.4.

Perangkat ini ditenagai SoC Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform. Di sektor daya, terdapat baterai berkapasitas 4700 mAh yang mendukung pengisian SuperVOOC 100W.

Tekno Liputan6.com sudah menjajal sendiri kemampuan dan fitur-fitur yang dihadirkan di HP Oppo yang satu ini. Berikut ulasannya:

Desain dan Layar

Dari segi desain, HP Oppo ini masih mempertahankan tampilan smartphone premium di Reno10 Pro+ 5G, di mana ponsel ini memiliki ukuran yang lumayan tipis namun masih enak dalam genggaman.

Build quality-nya juga terasa solid, berpadu dengan bodi belakangnya yang memberikan nuansa premium.

HP Oppo yang satu ini juga datang dengan layar lengkung 3D, sehingga pengalaman penggunaan yang terasa lebih optimal dengan layar yang terasa lebih luas.

Dipakai untuk nonton YouTube, browsing, bermain game, atau mengambil foto, Oppo Reno 10 Pro+ 5G juga memberikan pengalaman penggunaan yang oke. Warna yang disajikan juga terlihat terang dan cerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Performa dan fitur

Untuk pemakaian harian, Oppo Reno10 Pro+ 5G sangat layak untuk dipilih, apalagi kalau untuk sekadar nonton streaming, media sosial, atau browsing.

Beberapa fitur yang dibawa Oppo di sini juga terbilang menarik, salah satu yang saya lumayan suka adalah mode streaming di background yang bisa dipakai saat membuka YouTube. serta fitur untuk menjadikan ponsel ini sebagai remote control.

Buat main game, Reno 10 Pro Plus 5G masih kuat menjalankan Genshin Impact dengan setting medium di 60fps selama setengah jam, di mana bodi smartphone hangat sedikit.

Sementara untuk gim yang lebih ringan seperti Mobile Legends dengan grafik tertinggi di High, bisa dimainkan sampai 60fps dengan bodi belakang yang tidak terlalu hangat.

Dipakai main Genshin Impact setengah jam baterainya berkurang 11 persen, untuk Mobile Legends setengah jam berkurang 4 persen, dan digunakan untuk nonton YouTube sekitar 1 jam hanya kurang 9 persen.

Sayangnya, Reno10 Pro+ 5G belum memiliki IP rating sehingga pengguna harus berhati-hati apabila memakainya di tengah hujan, atau di lokasi yang dekat dengan air.

Beberapa aplikasi bawaan atau bloatware pun juga cukup banyak saat pertama kali menggunakan ponsel ini, namun untungnya aplikasi-aplikasi ini bisa dihapus jika kamu tidak membutuhkannya.

Dari sektor audio, kualitas suaranya terasa oke karena Oppo sudah menghadirkan dua speaker di ponsel ini.

Peningkatan juga terasa karena Reno 10 Pro Plus 5G hadir dengan kualitas suara yang lebih jernih dan tidak pecah bahkan di volume maksimal, apabila dibandingkan beberapa seri Reno sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Baterai dan Pengisian Daya

Oppo Reno 10 Pro Plus 5G sendiri hadir dengan baterai 4700 mAh, yang telah mendukung pengisian daya cepat SuperVOOC 100W.

Mengingat kemampuan tersebut juga membutuhkan adaptor yang juga besar agar dapat optimal, pengguna Oppo Reno10 Pro+ 5G tidak perlu khawatir harus mencari charger 100W atau membelinya secara terpisah.

Dalam kotak penjualan, Oppo sudah menyertakan kepala charger 100W lengkap beserta kabel USB-C untuk Reno10 Pro Plus 5G.

Menggunakan charger bawaan 100W dan kabel bawaan Oppo, yang sudah disertakan dalam paket penjualan, dalam waktu 10 menit, perangkat Oppo ini terisi 32 persen.

Perangkat lalu bisa terisi 64 persen dalam 20 menit, dan di menit 25, baterai sudah terisi 80 persen dan 90 persen di menit ke-29.

Untuk ini, saya menyarankan pengguna untuk memakai charger dan kabel bawaan, agar kecepatan pengisian dayanya benar-benar maksimal

4 dari 5 halaman

Fitur dan Hasil Foto Reno 10 Pro Plus 5G

Beralih ke sektor unggulan dari smartphone ini, menurut saya, hasil foto Oppo Reno10 Pro Plus 5G terasa luar biasa dari segi kualitas.

Varian tertinggi Reno10 5G Series ini dilengkapi NPU pencitraan khusus, serta sensor berukuran besar 64 Megapixel pada lensa telephoto yang juga dilengkapi dengan fitur OIS.

Fitur unggulan tentu saja jatuh pada lensa telefoto, di mana pengguna juga bisa membuat efek bokeh dalam sebuah foto agar terlihat ala profesional.

Hasil jepretan menggunakan mode kamera biasa pun terlihat detil dan cerah, dengan warnanya terlihat natural dan cakep.

Pemrosesan yang dilakukan oleh perangkat ini memang akan cukup terasa di beberapa kesempatan, apalagi ketika pemakaian digital zoom dengan kondisi yang membuatnya harus melewati pemrosesan berlebih.

Pemrosesan semacam ini bakal terlihat saat memotret bulan dengan digital zoom. Meski begitu, untuk ambil gambar di malam hari, tentu saja ini sangat membantu memperkuat warna di foto.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Buat pengguna yang sedang mencari smartphone all-rounder ala flagship baik dari segi performa atau fotografi, Oppo Reno 10 Pro Plus 5G bisa jadi salah satu opsi terbaik sejauh ini.

Oppo Reno10 Pro+ 5G juga bisa jadi salah satu alternatif, buat pengguna yang penasaran dengan fitur-fitur fotografi flagship Oppo, khususnya yang penasaran dengan Find X6 Pro.

Yang perlu diperhatikan, audio jack 3,5 mm absen dari ponsel ini. Namun ini wajar mengingat sudah banyak HP harga Rp 5 jutaan ke atas, yang datang tanpa fitur ini.

Selain itu, IP rating juga tidak ada di ponsel ini, sehingga jika ingin memakainya pengguna harus lebih hati-hati.

Catatan, ulasan ini berdasarkan pengalaman pribadi mencoba Reno 10 Pro Plus 5G. Setiap orang mungkin akan punya pengalaman, pengetahuan, dan preferensi yang berbeda-beda dalam menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.