Sukses

Aplikasi WhatsApp Khusus Mac Diluncurkan, Bisa Video Call Sampai 8 Orang

Meta secara resmi meluncurkan aplikasi WhatsApp khusus buat pengguna MacOS.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp akhirnya resmi merilis aplikasi mandiri untuk para pengguna Mac, setelah sebelumnya sudah meluncurkannya untuk pengguna desktop Windows awal tahun ini,

Pengumuman ini juga disampaikan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui akun Facebook-nya, di mana dia juga mengungkapkan aplikasi ini akan bisa melakukan Group Calls video sampai delapan orang.

"Meluncurkan aplikasi WhatsApp untuk Mac. Panggilan grup bisa untuk 8 orang di video dan 32 di audio," kata Zuckerberg, dikutip Rabu (30/8/2023).

Di blog resminya, Meta mengatakan pengguna aplikasi khusus MacOS juga dapat bergabung dengan group call setelah dimulai, melihat riwayat panggilan, dan memilih untuk menerima notifikasi panggilan bahkan ketika aplikasi ditutup.

"Aplikasi ini didesain ulang agar familiar bagi pengguna Mac, membantu Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih cepat saat menggunakan WhatsApp di layar besar," tulis Meta.

"Anda sekarang dapat berbagi file dengan menarik dan melepas ke dalam obrolan dengan mudah, dan dapat melihat lebih banyak riwayat obrolan Anda," kata induk Facebook itu menambahkan.

Meta kembali menegaskan, aplikasi WhatsApp di Mac akan menjaga pesan dan panggilan pribadi di setiap perangkat dengan sistem end-to-end encryption.

Aplikasi WhatsApp di Mac pun bisa diunduh di WhatsApp.com dan akan diluncurkan di App Store.

Mengutip Tech Crunch, aplikasi desktop WhatsApp pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Namun, dengan berubahnya arsitektur mesin desktop, mereka pun memperbarui client-nya.

Di 2021, WhatsApp mulai menguji coba menautkan beberapa perangkat ke satu akun, sehingga pengguna bisa menerima pesan di salah satu dari empat perangkat tersebut, meski ponsel mereka tidak terhubung ke internet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Izinkan Pengguna Bagikan Video HD

WhatsApp sebelumnya juga menggulirkan fitur baru untuk para penggunanya. Setelah memungkinkan pengguna mengirimkan gambar berkualitas HD, kini giliran video yang bisa dikirimkan dengan kualitas tinggi.

Fitur ini sebenarnya sudah sempat diungkap Meta ketika mengumumkan dirilisnya fitur kemampuan berkirim gambar berkualitas HD.

Mengutip informasi dari 9to5Mac, Jumat (25/8/2023), fitur ini jelas membantu para pengguna WhatsApp mengirimkan video dengan kualitas lebih baik.

Sebelumnya, video yang dikirimkan melalui WhatsApp selalu dikompres dan dikurangi resolusinya menjadi 480p. Kualitas itu dipilih agar konsumsi data yang digunakan lebih sedikit dan waktu upload lebih singkat, tapi kualitasnya memang tidak terlalu baik.

Oleh sebab itu, fitur ini menjawab kebutuhan pengguna yang ingin mengirimkan video dengan kualitas tinggi. Adapun kualitas video HD yang didukung mencapai resolusi 720p.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Luncurkan Fitur Kirim Foto HD

Sama seperti mengirimkan foto berkualitas HD, pengguna dapat memilih opsi kualitas video yang dikirimkan. Pengguna tinggal mengklik ikon HD ketika mengirimkan video untuk mengubah opsi pengirim ke kualitas HD.

Sebenarnya, opsi mengirimkan video berkualitas tinggi di aplikasi chatting ini bukannya tidak bisa sama sekali. Namun cara itu tidak bisa dilakukan dengan langsung menambahkan video, melainkan mengirimkannya dengan opsi dokumen.

Perlu diketahui, CEO Meta Mark Zuckerberg juga telah mengumumkan bahwa aplikasi messenger WhatsApp, kini bisa mengirimkan foto dalam kualitas tinggi atau High Definition (HD).

"Berbagi foto di WhatsApp baru saja ditingkatkan -- sekarang Anda dapat mengirim dalam format HD," tulis Mark Zuckerberg di akun Facebook-nya pekan lalu.

4 dari 4 halaman

Cara Kirim Foto HD di WhatsApp

Mengutip video yang dibagikan oleh bos Meta --pemilik platform Facebook dan WhatsApp-- Mark Zuckerberg, pengiriman foto HD melalui WhatsApp cukup mudah.

  • Kamu hanya perlu melakukan membuka WhatsApp dan memilih chat dengan orang atau grup obrolan yang ingin dikirimi foto.
  • Caranya sama seperti saat kamu hendak mengirimkan foto WhatsApp.
  • Baik itu memilih foto dari galeri atau menjepret foto dari kamera.
  • Selanjutnya ketika foto sudah dipilih, akan ada pengaturan HD di bagian atas foto yang hendak dikirim.
  • Klik pengaturan HD lalu kamu akan disodorkan dua opsi kualitas foto yang mau dikirimkan,, yakni foto dengan kualitas standar dan kualitas HD.
  • Pilih kualitas HD untuk mengirimkan foto yang memiliki resolusi tinggi.
  • Foto pun siap dikirim dengan menekan tombol pengiriman.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.