Sukses

Fitur Baru WhatsApp Segera Hadir, Pengguna Bisa Respons Status dengan Avatar

WhatsApp segera hadirkan fitur baru WhatsApp, yakni kemampuan untuk bisa merespons status WhatsApp dengan avatar.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pesan milik Meta, WhatsApp, baru-baru ini hadirkan sejumlah fitur baru. Bahkan, WhatsApp terus-terusan berupaya mengimplementasikan fitur baru WhatsApp dalam beberapa waktu ke depan.

Hal ini terlihat dalam update terbaru yang tersedia melalui Google Play Beta Program, sebagai versi baru WhatsApp Beta 2.23.18.9.

Mengutip Gizchina, Senin (28/8/2023), versi beta baru WhatsApp ini menghadirkan fitur baru, yakni membalas update WhatsApp status dengan avatar.

Sebelumnya, para pengguna WhatsApp telah memiliki opsi memberi reaksi ke WhatsApp status menggunakan 8 emoji. Namun hal ini memiliki keterbatasan dalam mengekspresikan emosi si penggunanya.

Nah, update baru aplikasi WhatsApp dalam merespon WhatsApp Status memperluas cara pengguna merespon Status dengan menawarkan 8 avatar.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyampaikan reaksi dan emosi yang lebih luas terhadap WhatsApp Status milik pengguna lain. Tujuan akhirnya tentu saja adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Fitur baru WhatsApp yang bakal diperkenalkan untuk membalas update Status dengan avatar ini pun membawa keuntungan signifikan dalam mengekspresikan diri si pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Avatar Dianggap Lebih Ekspresif Ketimbang Emoji

Pasalnya, berbeda dengan emoji yang menawarkan emosi secara terbatas, avatar memungkinkan untuk representasi perasaan yang lebih personal dan bernuansa.

Peningkatan ini sangat berguna dalam situasi di mana emoji tidak cukup mengekspresikan diri. Pasalnya, avatar menawarkan cara lebih akurat dan komprehensif kepada pengguna untuk menyampaikan emosi mereka.

Kini, fitur tersebut tersedia untuk kelompok terbatas yang memakai versi WhatsApp beta terbaru dari Google Play Store. Dalam beberapa minggu mendatang, fitur ini diperkirakan akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna beta.

Selain itu, WhatsApp juga sebelumnya mengembangkan lebih banyak fitur. Mulai dari berbagi foto dan video dalam kualitas asli dan HD, stiker yang dihasilkan oleh AI, hingga antarmuka panggilan yang ditingkatkan dibanding sebelumnya.

 

3 dari 4 halaman

Rilis Fitur Kirim Video HD

Tidak hanya itu, sebelumnya WhatsApp menggulirkan fitur baru untuk para penggunanya. Setelah memungkinkan pengguna mengirimkan gambar berkualitas HD, kini giliran video yang bisa dikirimkan dengan kualitas tinggi.

Fitur ini sebenarnya sudah sempat diungkap Meta ketika mengumumkan dirilisnya fitur kemampuan berkirim gambar berkualitas HD. Mengutip informasi dari 9to5Mac, Jumat (25/8/2023), fitur ini jelas membantu para pengguna WhatsApp mengirimkan video dengan kualitas lebih baik.

Sebelumnya, video yang dikirimkan melalui WhatsApp selalu dikompres dan dikurangi resolusinya menjadi 480p. Kualitas itu dipilih agar konsumsi data yang digunakan lebih sedikit dan waktu upload lebih singkat, tapi kualitasnya memang tidak terlalu baik.

Oleh sebab itu, fitur ini menjawab kebutuhan pengguna yang ingin mengirimkan video dengan kualitas tinggi. Adapun kualitas video HD yang didukung mencapai resolusi 720p.

 

4 dari 4 halaman

Mark Zuckerberg Kasih Spoiler

Sama seperti mengirimkan foto berkualitas HD, pengguna dapat memilih opsi kualitas video yang dikirimkan. Pengguna tinggal mengklik ikon HD ketika mengirimkan video untuk mengubah opsi pengirim ke kualitas HD.

Sebenarnya, opsi mengirimkan video berkualitas tinggi di aplikasi chatting ini bukannya tidak bisa sama sekali. Namun cara itu tidak bisa dilakukan dengan langsung menambahkan video, melainkan mengirimkannya dengan opsi dokumen.

Perlu diketahui, CEO Meta Mark Zuckerberg sebelumnya mengumumkan bahwa aplikasi messenger WhatsApp, kini bisa mengirimkan foto dalam kualitas tinggi atau High Definition (HD).

"Berbagi foto di WhatsApp baru saja ditingkatkan -- sekarang Anda dapat mengirim dalam format HD," tulis Mark Zuckerberg di akun Facebook-nya pekan lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.