Sukses

Kadin Indonesia dan PANDI Dorong Domain .id Jadi Identitas Digital Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menjalin kerja sama untuk mendorong domain.id sebagai identitas digital Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menjalin kerja sama untuk mendorong domain.id sebagai identitas digital Indonesia.

Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dan Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kadin berkomintmen siap mendukung domain .id agar wajib digunakan oleh seluruh anggotanya.

“Saya mengajak seluruh anggota Kadin Indonesia untuk menggunakan domain .id sebagai identitas digitalnya dalam upaya mendorong kemajuan identitas digital Indonesia,” kata Arsjad melalui keterangannya, Minggu (20/8/2023).

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informasi, Firlie Ganinduto, menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan langkah penting dalam mempercepat proses digitalisasi UMKM di Indonesia.

Dengan menggunakan domain .id, UMKM akan memiliki akses yang lebih mudah, kredibel dan terjangkau ke pasar digital, khususnya melalui website.

Ia menilai, domain .id bukan hanya sebuah alamat online, tetapi juga merupakan representasi nyata dari identitas Indonesia dalam dunia maya.

"Melalui langkah ini, kami berharap UMKM dapat lebih mudah dikenali dan diakses oleh konsumen lokal maupun internasional, sehingga turut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia secara lebih luas," ujar Firlie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosialisasi hingga Pelatihan

Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak menjelaskan kerja sama ini nantinya juga akan meliputi kerja sama lain seperti sosialisasi, pelatihan atau seminar dalam pemanfaatan nama domain .id.

“Selain penggunaan nama domain .id sebagai identitas digital bagi para anggota Kadin Indonesia, kerja sama ini juga meliputi sosialisasi/pelatihan/seminar terkait cara pembuatan website/email menggunakan domain .id, pemanfaatan platform s.id dalam setiap kegiatan Kadin Indonesia dan pelibatan Kadin Indonesia sebagai salah satu pemangku kepentingan nama domain Indonesia,” John menjelaskan.

John menambahkan penggunaan domain .id sebagai identitas digital Indonesia ini diharapkan mampu mendukung kedaulatan internet Indonesia.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini juga dilakukan di lingkungan IKN dan berdekatan dengan peringatan HUT ke-78 RI sebagai simbol komitmen penggunaan domain .id dalam mendukung Kedaulatan Internet Indonesia dan juga Kedaulatan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini turut disaksikan dan dihadiri oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, beserta seluruh pejabat Kadin Indonesia dan PANDI.

 

3 dari 3 halaman

Infografis: 26 Satelit Milik Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini