Sukses

Netflix Rilis Aplikasi Kontroler Game di iOS, Ubah HP Jadi Gamepad

Netflix diketahui telah merilis aplikasi bernama Netflix Game Controller yang memungkinkan perangkat mobile menjadi kontroler saat bermain game melalui TV.

Liputan6.com, Jakarta - Netflix diketahui makin serius menggarap pasar gaming. Hal ini diketahui setelah perusahaan streaming tersebut meluncurkan aplikasi kontroler baru yang didedikasikan untuk perangkat iOS.

Mengutip informasi dari Engadget, Kamis (10/8/2023), aplikasi ini hadir dengan nama Netflix Game Controller. Seperti namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna aplikasi Netflix memanfaatkan smartphone atau tablet sebagai gamepad ketika dihubungkan dengan TV.

Dengan demikian, pengguna nantinya bisa memainkan game lewat layanan Netflix di TV, lalu mengontrolnya melalui perangkat mobile. Meski aplikasi ini sudah bisa diunduh, informasi lengkap mengenai fungsinya belum banyak diungkap.

Sebagai contoh, Netflix tidak memberikan informasi deretan game yang mendukung aplikasi ini. Begitu pula dengan cara kerja proses pairing dari aplikasi ini dengan TV, termasuk kemungkinan kehadiran aplikasi ini di perangkat Android.

Kehadiran aplikasi ini diketahui menunjukkan keseriusan Netflix dalam menggarap pasar game. Untuk diketahui, Netflix Games telah mempublikasikan hampir 70 judul game selama dua tahun terakhir.

Beberapa di antaranya bisa diakses melalui aplikasi Netflix di perangkat mobile, termasuk konsol gaming. Sebelumnya, Netflix memang diketahui sempat menguji coba kemampuan bermain game di TV pada Maret 2023.

Informasi itu diketahui dari seorang penulis penulis di bidang pengembang aplikasi bernama Steve Moser.

Ia dilaporkan menemukan kode tersembunyi yang mereferensikan game dapat dimainkan di TV, serta kode tambahan yang mengindikasikan kemungkinan dapat menggunakan ponsel sebagai pengontrol untuk memainkannya.

"Game di TV kamu membutuhkan pengontrol untuk dimainkan. Apakah kamu ingin menggunakan ponsel sebagai pengontrol game?," demikian keterangan dalam aplikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Punya 55 Judul, Netflix Berencana Tambah 40 Judul Game Mobile Lagi di 2023

Setelah memiliki 55 judul gim atau game mobile di perpustakaannya, Netflix berencana menambahkan sekitar 40 game lagi di sepanjang 2023. Sekadar diketahui, baru-baru ini, perusahaan ini telah menambahkan Valiant Hearts: Coming Home dan Highwater Dystopia dalam katalog gamenya.

Namun dari informasi terkini, masih banyak judul game mobile dari Netflix yang akan hadir dalam waktu dekat. Mengutip informasi yang dilansir Engadget, Selasa (21/2/2023), terdapat sejumlah game mobile yang telah diketahui akan masuk dalam daftar Netflix Games tahun ini.

Sebelumnya, Netflix sudah mengungkapkan sejumlah judul baru yang akan segera dapat dinikmati 230 juta pelanggannya. Beberapa di antaranya yaitu Terra Nil dan Paper Trail. Selain itu, Netflix juga telah memiliki kesepakatan dengan Ubisoft untuk tiga permainan eksklusif.

Pada 18 April mendatang, Netflix turut mengungkap akan menghadirkan game Mighty Quest: Rogue Palace yang rilis dengan sejumlah peningkatan formula. Mulai dari cerita yang lebih dalam serta gameplay yang disempurnakan.

Sementara menjelang akhir tahun ini, perusahaan juga akan merilis penerus dari game Too Hot to Handle: Love is Game yang diangkat dari serial reality show paling hit di platform streaming tersebut. Untuk diketahui, game itu menjadi salah satu judul yang paling banyak dimainkan hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Monument Valley dan Monument Valley 2 juga akan hadir di Netflix Games tanpa biaya tambahan untuk para pelanggan pada tahun 2024. 

3 dari 4 halaman

Game yang Diangkat dari Acara Netflix Jadi Primadona

Di samping judul-judul permainan di atas, terdapat beberapa game lainnya yang tidak diumumkan, tapi dikabarkan akan turut meramaikan Netflix Games.

Pengembang Vainglory, yakni Super Evil Megacorp, dilaporkan sedang mengembangkan judul eksklusif untuk Netflix Games. Game ini dibuat berdasarkan keahlian studio tersebut dalam membuat game pertarungan berbasis tim. 

Vice President of External Games Netflix, Leanne Loombe menuturkan, game tersebut merupakan pertaruhan besar sekaligus langkah Netflix sebagai perusahaan transmedia. 

Loombe juga menambahkan, sejak Netflix mulai menawarkan game pada tahun 2021, ditemukan sebagian besar pemain tertarik pada permainan yang memiliki tiga faktor, yaitu judul yang mudah dikenali, mendorong pemain untuk memainkannya sehari-hari, serta game yang diangkat dari acara atau film, misalnya game Stranger Things: 1984.

4 dari 4 halaman

Buka Lowongan Kerja, Netflix Mau Bikin Game PC AAA

Sejak akhir tahun lalu, keseriusan Netflix terjun ke pasar game memang sudah terlihat. Salah satunya dengan mencoba bersaing untuk game AAA atau berbujet produksi tinggi untuk perangkat PC.

Hal ini seperti terlihat dalam situs web-nya, di mana platform streaming itu tengah membuka lowongan kerja untuk kantor Netflix Games Studio di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dikutip dari TechCrunch, Kamis (1/12/2022), Netflix juga membuka lowongan untuk Director yang bakal mengerjakan "game PC AAA baru."

Bulan lalu, dalam acara TechCrunch Disrupt, Netflix VP Gaming Mike Verdu awalnya mengumumkan perusahaannya membuka studio baru di California Selatan.

Verdu juga menyebut, Chacko Sonny, mantan produser eksekutif Overwatch akan memimpin studio game tersebut.

Jika benar, direktur game Netflix ini nantinya akan bertanggung jawab untuk game dengan bujet besar alias AAA. Bila benari, ini akan jadi game PC pertama Netflix, setelah sebelumnya hanya menghadirkan game untuk perangkat mobile.

Di industri, proyek game AAA adalah game besar dengan anggaran dan tim pengembangan yang sangat besar.

Game director ini juga nantinya bertanggung jawab untuk mengembangkan "dunia/karakter/narasi yang layak dijadikan film/serial TV Netflix."

Daftar pekerjaan juga menyebutkannya dibutuhkan mereka yang punya pengalaman dengan Unreal Engine, serta game first-person dan/atau third-person shooter.

Netflix sudah mengakuisisi tiga studio game yaitu Boss Fight Entertainment, Night School Studio, dan Next Games. Mereka juga telah memulai studio baru di Helsinki, Finlandia, dengan mantan bos Zynga sebagai kepalanya.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.