Sukses

4 Jam Meluncur, Mark Zuckerberg Ungkap Sudah Ada 5 Juta Pendaftar Threads Layanan Pesaing Twitter dari Instagram

CEO Meta Mark Zuckerberg mengungkap jumlah pendaftar aplikasi Threads dari Instagram sudah mencapai 5 juta dalam waktu empat jam pertama setelah layanan diluncurkan.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Threads dari Instagram telah resmi diluncurkan. Aplikasi baru yang digadang-gadang sebagai kompetitor Twitter ini ternyata berhasil menarik banyak perhatian pengguna internet.

Hal itu diketahui dari unggahan CEO Meta Mark Zuckerberg di akun Threads-nya dengan nama akun @zuck. Ia mengungkap, dalam hitungan jam, jumlah pendaftar Threads sudah mencapai jutaan.

Di dua jam pertama, jumlah pendaftar layanan ini disebut telah mencapai 2 juta. Sementara dalam empat jam pertama setelah diluncurkan, ada lima juta pendaftar yang bergabung di layanan ini.

"Baru saja melewati 5 juta pendaftar di empat jam pertama," tulis Mark Zuckerberg seperti dikutip dari akunnya, Kamis (6/7/2023). Menurut Mark, Threads memang dihadirkan sebagai ruang publik yang terbuka dan ramah untuk menjlain percakapan.

"Kami berharap bisa membawa keunggulan yang ada di Instagram, lalu menghadirkannya dalam pengalaman baru lewat teks, ide-ide, dan mendiskusikan apa yang ada di kepalamu," tulis Mark Zuckerberg menjelaskan soal layanan Threads ini.

Sebagai informasi, pengumuman kehadiran Threads sebenarnya sudah dilakukan beberapa hari terakhir. Apalagi, lewat Instagram, pengguna juga bisa menghitung mundur kehadiran Threads.

Mengingat aplikasi ini merupakan bagian Meta dan Instagram, pendaftar yang sudah memiliki akun Instagram bisa langsung melakukan pendaftaran. Aplikasi Threads sendiri kini sudah bisa diunduh melalui App Store dan Google Play Store.

Apabila pendaftar memakai username dari Instagram, secara otomatis, akun-akun yang telah diikuti akan bisa mengetahui apabila kita sudah memakai platform tersebut.

Saat pengguna pertama kali mendaftar Threads, mereka akan diberi saran apakah ingin mengikuti sejumlah akun sudah di-follow di Instagram. Nantinya, seluruh profil pengguna yang ditampilkan akan sama dengan Instagram, termasuk username dan foto profil.

Sama seperti Twitter, profil Threads juga akan menampilkan jumlah akun yang sudah di-follow termasuk unggahan yang sudah dibuat. Tampilan aplikasi Threads sendiri mirip dengan Twitter, tapi dengan desain yang lebih bersih dan sederhana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tampilan Threads Mirip Twitter

Threads punya tampilan clean dan sederhana yang menyenangkan. Username pengguna ditempatkan di bagian paling atas timeline, lalu di bawahnya ada status update yang diunggah.

Pada bagian bawahnya, terdapat tanda hati (like), komentar, unggah kembali (reupload) dan bagikan unggahan tersebut baik ke Instagram Story, Feed, copy link, atau bagikan via platform lainnya.

Itu artinya, pengguna lain bisa menyukai unggahan Thread pengguna lain, membalasnya, mengunggah ulang, atau membagikannya.

Ditampilkan pula berapa banyak pengguna yang sudah membalas sebuah unggahan Threads dan berapa banyak yang memberi tanda likes.

3 dari 3 halaman

Tampilan Threads yang Masih Usung Logo Mirip Instagram

Sementara itu di bagian paling bawah dari linimasa Threads, terdapat simbol Home, pencarian, ruang untuk membuat unggahan baru, tanda hati untuk melihat notifikasi yang masuk ke akun pengguna, serta logo orang yang memungkinkan pengguna melihat profilnya.

Saat pengguna mengklik logo Hati atau Love di bagian paling bawah, muncul notifikasi, mulai dari akun-akun yang meminta untuk mengikuti akun kita, balasan atas unggahan, dan mention yang akan masuk saat ada pengguna lain yang menyebut username kita.

Di Threads, pengguna bisa mengunggah foto. Pengguna lain bisa mengomentari atau menyukai foto tersebut. Pengguna juga diizinkan untuk menutup kolom komentar.

(Dam)

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.