Sukses

Postingan Bagi-Bagi Uang MrBeast Senilai Rp 736 Juta Raib dari Instagram, Ini Alasannya

Belum 24 jam terpasang di akun Instagram MrBeast, postingan itu tiba-tiba hilang. Sontak banyak follower dan pengguna internet bertanya-tanya kenapa unggahannya tersebut hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, MrBeast membuat ranah internet bergemuruh dengan postingan bagi-bagi uang senilai USD 50.000 atau sekitar Rp 736 juta.

Adapun bagi-bagi uang ini dilakukan oleh pria bernama Jimmy Donaldson, bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-25 (7 Mei).

Sontak postingan MrBeast di Instagram tersebut langsung viral, dan di posting ulang oleh follower mereka dengan harapan untuk memenangkan uang hadiah tersebut.

Sebagai syarat untuk mendapatkan uang tersebut, follower akun Instagram MrBeast harus me-retweet konten tersebut sebagai syarat untuk mengikuti giveaway tersebut.

"Hari ini adalah hari ulang tahun saya, jadi saya memberi 5 pengikut USD 50.000 (USD 10.000 per pengikut)," kata MrBeast dalam postingannya.

Belum 24 jam terpasang di akun Instagram MrBeast, postingan itu tiba-tiba hilang. Sontak banyak follower dan pengguna internet bertanya-tanya kenapa unggahannya tersebut hilang.

Baik Mr Beast dan Instagram sendiri tidak mengungkap secara detail tentang alasan postingan bagi-bagi hadiah hilang.

Kini unggahan giveaway MrBeast hilang, padahal belum melewati batas waktu 72 jam setelah diposting.

Akan tetapi, seorang pengacara dan ahli hukum, Robert Freund, mengungkap alasan kenapa postingan bagi-bagi uang tersebut hilang dari platform media sosial milik Meta tersebut.

"Giveaway (bagi-bagi) MrBeast hilang kemungkinan karena telah melanggar TOS (terms of service) Instagram dan diduga melanggar undang-undang negara bagian," tulis Robert di akun Twitter @RobertFreundLaw.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MrBeast Tetap Bagi-Bagi Uang dengan Total hingga USD 100.000

YouTuber Jimmy Donaldson alias MrBeast (Tangkapan layar YouTube MrBeast)

Robert menjelaskan, "Instagram mengharuskan Anda menyertakan 'rilis lengkap Instagram oleh setiap peserta' dan informasi promosi tersebut sama sekali tidak terkait dengan Instagram."

Karena tidak mengikuti atau sesuai dengan TOS, maka kemungkinan besar pihak Instagram menghapus postingan tersebut.

Biasanya, pelanggaran TOS ini berpotensi akun tersebut ditutup sementara atau diblokir. Namun, Mr Beast tidak mengalami hal tersebut, sehingga diyakini poenghapusan konten merupakan konsekuensi agar akun tersebut tidak diblokir.

Walau postingannya sudah dihapus, Mr Beast tetap akan membagi-bagikan uang hadiah tersebut.

Pada postingan terakhir, dia mengaku timnya sudah mencatat nama-nama yang memenuhi syarat giveaway dan menambahkan total hadiahnya menjadi USD 100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar.

"Dari cuman 5 orang, jumlah pemenangnya kini menjadi 10 orang beruntung untuk mendapatkan masing-masing USD 10.000," tulis Mr Beast.

3 dari 4 halaman

Instagram MrBeast Banjir 20 Juta Komentar Warganet

<p>Profil Mr. Beast sosok yang sering bagi-bagi uang. (Dok: Instagram @mrbeast)</p>

Lebih lanjut, pantauan Tekno Liputan6.com hingga Selasa (9/5/2023) siang, sudah ada lebih dari 20,2 juta komentar dari warganet di unggahan MrBeast itu sebelum akhirnya raib dari media sosial tersebut.

"Happy birthday MrBeast," begitu kurang lebih kebanyakan komentar warganet di Instagram MrBeast.

Tidak lupa juga ada banyak warganet Indonesia yang mengicaukan komentar selamat ulang tahun untuk MrBeast, termasuk dalam bahasa Sunda.

"Wilujeng tepang tahun mang @mrbeast," kicau seorang pengguna Instagram.

Mengutip MakeUseOf, MrBeast punya nama asli Jimmy Donaldson. Ia merupakan salah satu YouTuber terbesar di usianya yang masih 20 tahunan.

MrBeast juga tahu bagaimana cara membuat konten yang sukses dapat komentar, like, dan views hingga jutaan kali banyaknya. Saat ini, MrBeast dengan akun YouTube-nya memiliki 151 juta subscribers.

MrBeast paham akan manfaat dari punya banyak channel YouTube, apalagi, semua kontennya menghasilkan jutaan views.

Pria ini berasal dari Greenville, North Carolina, Amerika Serikat. Ia dikabarkan tidak melanjutkan studinya di universitas untuk fokus pada karier YouTube-nya. Kepada sang ibu, MrBeast kabarnya mengatakan, dirinya lebih suka menjadi miskin dibandingkan mengejar apa pun di luar YouTube. 

4 dari 4 halaman

MrBeast Jadi Pengusaha hingga Donatur Amal

MrBeast (Tangkapan layar YouTube)

Berkat kesuksesan di YouTube, MrBeast kini punya banyak gelar, termasuk salah satunya sebagai "pengusaha". Pada 2020, ia bergabung dengan kelompok seni MSCHF untuk meluncurkan Finger di aplikasi, yakni sebuah game mobile multiplier satu kali, di mana para peserta bisa bermain berjam-jam untuk memenangkan hadiah USD 20.000.

Belakangan, MrBeast terjun ke bisnis makanan dengan merilis restoran MrBeast Burger. Restorannya dikabarkan tersedia di lebih dari 1.000 lokasi di seluruh AS dan Inggris.

Bukan hanya itu, MrBeast juga merupakan seorang filantropis. Ia memiliki yayasan amal bernama Beast Philantropy yang menyediakan dukungan bagi gelandangan, orang-orang kelaparan, dan mereka yang miskin.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.