Sukses

Jadwal SEA Games 2023 Esports 9 Mei: Timnas CrossFire Berebut Emas, Valorant Masih Berjuang

Berikut ini hasil pertandingan Timnas Indonesia di esports SEA Games 2023 Kamboja, serta jadwal untuk Valorant dan CrossFire hari ini, Selasa (9/5/2023)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Esports Indonesia sudah melewati hari pertama di SEA Games 2023 Kamboja, untuk game Valorant dan CrossFire.

Kesuksesan besar berhasil diraih oleh Timnas CrossFire Indonesia dengan melaju ke babak Grand Final, yang akan berlangsung hari ini, Selasa (9/5/2023).

Dalam tiga pertandingan yang dilalui pada Senin kemarin, CrossFire Indonesia sempat kalah 1-0 dari Vietnam di Group Stage. Namun di laga melawan Kamboja, Indonesia sukses membuat tuan rumah bertekuk lutut dengan skor 1-0.

Baru pada pertandingan melawan Laos di Semi Final, Indonesia sukses memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.

Dengan raihan itu, Indonesia akan kembali bertemu dengan Vietnam di babak Grand Final, yang juga akan memperebutkan medali emas dari cabang esports SEA Games ke-32 Kamboja.

Jadwal SEA Games 2023 CrossFire 9 Mei

Jika melihat jadwal di akun Instagram Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) serta Facebook E-Sports Federation Cambodia, berikut jadwal untuk pertandingan CrossFire di SEA Games 2023 pada Selasa, 9 Mei 2023:

  • 12.00 WIB: Bronze Match - Filipina vs Laos (BO5)
  • 16.00 WIB: Grand Final - Vietnam vs Indonesia (BO5)

Untuk pertandingan esports CrossFire di SEA Games 2023 dapat disaksikan melalui siaran langsung di Facebook E-Sports Federation Cambodia @efckhmer.

Di sisi lain, Timnas Esports Indonesia Valorant masih harus berjuang lebih keras untuk bisa meraih medali di SEA Games 2023.

Timnas harus ditaklukkan oleh Filipina dengan skor 1-0, dan kembali menelan kekalahan saat melawan Singapura dengan skor 1-0. Satu kali kemenangan baru diraih usai mengalahkan Malaysia 1-0.

Namun kesempatan untuk melaju ke Babak Semi Final belum tertutup sepenuhnya bagi Indonesia.

Jadwal SEA Games 2023 Valorant 9 Mei

Mengutip Instagram VALORANT Indonesia @valorantid, hari ini Indonesia akan menghadapi Vietnam dan Kamboja. Berikut ini jadwalnya:

  • 17.00 WIB - Vietnam vs Indonesia
  • 19.00 WIB - Indonesia vs Kamboja

Siaran langsung pertandingan esports Valorant SEA Games 2023 Kamboja sendiri, bisa disaksikan melalui kanal YouTube VALORANT Esports Indonesia dan VALORANT Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Esports CrossFire Indonesia Jalani Latihan di Tiongkok

Sebelum pertandingan, Tim Nasional Esports CrossFire dikirim untuk menjalani training camp atau pemusatan latihan di Hangzhou, Tiongkok.

Mengutip siaran pers Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Rabu (26/4/2023), training camp digelar di hotel esports yang dioperasikan Tencent, di mana sudah dilengkapi juga dengan fasilitas latihan yang mumpuni.

Dalam pelatihan ini, Timnas juga akan melakukan latih tanding dengan tim-tim kuat asal Tiongkok, dalam rangka mengasah aspek-aspek teknis antara lain kecakapan bermain dan strategi, maupun non-teknis seperti kesiapan mental.

Sekretaris Jenderal PB ESI Frengky Ong mengungkapkan, seluruh Timnas Esports telah ditempa dengan serius melalui Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) yang digelar di The Bellezza, Jakarta.

Selain itu, PBESI juga telah memfasilitasi mereka dengan serangkaian kompetisi, untuk memperkuat semangat dan persiapan-persiapan non-teknis, demi kepentingan psikologi maupun kebugaran jasmani.

"Kegiatan training camp di Tiongkok untuk Timnas Crossfire merupakan bagian dari komitmen PB ESI, utamanya dalam terus mempertajam skill dan mengasah intuisi bertanding yang strategis," kata Frengky.

 

3 dari 3 halaman

Kualitas Atlet Masih Terjaga

Diharapkan, semua persiapan yang dilakukan Timnas Esports dan didukung oleh para profesional dari berbagai bidang ini, dapat membuahkan prestasi yang optimal di SEA Games 2023 Kamboja.

Kepala Pelatih Timnas Yohannes Paraloan Siagian menambahkan, meski saat ini gim first-person shooter (FPS) CrossFire sudah tidak lagi dimainkan di Indonesia, kualitas atlet lokal masih terjaga.

"Buktinya, Timnas mampu menyumbang medali perunggu pada SEA Games ke-31 Vietnam 2021," kata Yohanes.

"Capaian ini meyakinkan kami bahwa dengan melakukan inovasi-inovasi terhadap persiapan tim, termasuk melalui training camp di Tiongkok, Timnas mampu menorehkan prestasi yang semakin tinggi pada putaran SEA Games kali ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.