Sukses

Trafik Internet Telkomsel Naik 11,7 Persen Selama Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2023

Telkomsel mengumumkan trafik internet di jaringannya naik 11,7 persen dibandingkan hari biasa sepanjang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2023. Apa saja pemicu kenaikan trafik tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas di dunia maya yang dilakukan oleh warganet Indonesia kian tinggi. Hal ini terbukti dengan catatan kenaikan trafik internet oleh operator seluler Telkomsel.

Menurut catatan perusahaan, sepanjang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2023, trafik broadband atau lalu lintas internet di jaringannya tumbuh 11,7 persen dibandingkan rata-rata trafik di hari biasa pada 2023. Sementara jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kenaikan trafiknya mencapai 11,4 persen.

Tidak hanya trafik internet, Telkomsel juga mencatat ada kenaikan lalu lintas layanan pesan singkat atau SMS sekitar 14,1 persen. Adapun trafik layanan panggilan suara atau voice call justru turun 20 persen dibandingkan pada hari biasa.

Mengutip keterangan resmi Telkomsel, Selasa (24/4/2023), peningkatan trafik internet di jaringan mereka sepanjang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri didukung oleh peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital selama periode tersebut.

Menurut data perusahaan, lonjakan aktivitas digital mencakup akses atas layanan komunikasi seperti perpesanan instan dan video conference yang tumbuh 5 persen. Akses atas gim mobile juga meningkat hingga 15,2 persen.

Jika ditelisik dari masing-masing aplikasi, layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik data paling tinggi dari akses pelanggan ke layanan aplikasi WhatsApp melonjak hingga 40,3 persen.

Selanjutnya ada pula aplikasi berbagi video TikTok yang kontribusinya 28,5 persen serta SnackVideo yang mencapai 23,4 persen.

Kemudian, trafik Instagram naik mencapai 14,2 persen. Selain itu layanan streaming video YouTube juga trafiknya meningkat 12 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenaikan Trafik di Berbagai Kabupaten Tujuan Mudik

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, “Selama Bulan Suci Ramadan hingga momen puncaknya pada Idul Fitri, Telkomsel terus telah mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan.”

Saki menyebut, seluruh aktivitas digital yang dilakukan oleh pelanggan Telkomsel berkontribusi dalam meningkatkan trafik penggunaan layanan broadband selama momen RAFI 2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Menurutnya, merujuk pada data perusahaan, lima wilayah yang mengalami peningkatan trafik broadband tertinggi, antara lain di Kabupaten Cilacap yang trafiknya tumbuh 58,8 persen.

Selain itu juga kabupaten Ciamis yang trafiknya tumbuh sekira 58,4 persen. Kemudian ada Kabupaten Tasikmalaya yang trafiknya mencapai 54,9 persen.

Tidak ketinggalan, trafik broadband di Kabupaten Garut tumbuh 54,4 persen, dan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara trafiknya naik hingga 38,7 persen.

3 dari 4 halaman

5 Daerah di Indonesia dengan Pergerakan Pelanggan Terbanyak Telkomsel

Operator pelat merah ini juga mendapati bahwa Kabupaten Cilacap, Kota Bandung, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Tasikmalaya menjadi lima wilayah destinasi tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan paling signifikan.

Sebelumnya, untuk melayani tingginya kenaikan trafik akibat aktivitas digital masyarakat, Telkomsel sudah lebih dahulu melakukan optimalisasi jaringan di seluruh Indonesia.

Adapun optimalisasi jaringan dilakukan dengan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

4 dari 4 halaman

Pastikan Ketersediaan Produk

Telkomsel juga memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang customer centric. Tidak lupa, operator yang lekat dengan warna merah ini juga menghadirkan beragam promo khusus untuk mendukung kemudahan akses aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat.

Sebelumnya Telkomsel juga menggelar rangkaian kegiatan perusahaan untuk berbagi dengan penerima manfaat yang membutuhkan di seluruh wilayah di Indonesia melalui rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR).

Penyerahan bantuan dilakukan bersamaan dengan kegiatan roadshow Telkomsel yang digelar pada empat kota di Indonesia, yakni Cirebon, Jawa Barat (28 Maret 2023), Banjarmasin, Kalimantan Selatan (3 April 2023), Banda Aceh, Aceh (5 April 2023), dan Mataram, Nusa Tenggara Barat (10 April 2023).

“Kami berharap kontribusi Telkomsel yang menghadirkan konektivitas broadband andal, merata, serta setara selama Ramadan dan Idulfitri 1444 H dapat mewujudkan momen silaturahmi yang penuh kehangatan bagi seluruh pelanggan," kata Saki.

Telkomsel senantiasa berkomitmen menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan guna memperkuat ekosistem gaya hidup digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.