Sukses

Video Call di Facebook Messenger Kini Bisa Sambil Main Game Bareng Teman

Facebook baru saja mengumumkan kehadiran game multi-pemain ke dalam panggilan video (video call) di dalam Messenger dengan 14 judul game yang tersedia.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook mengumumkan kehadiran game multiplayer ke dalam fitur video call atau panggilan video di Messenger.

Fitur ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan keluarga sambil memainkan permainan secara bersamaan dengan 14 judul game yang tersedia di Facebook Messenger. 

Judul permainan yang diungkapkan saat peluncuran termasuk deretan game lama favorit, seperti Words With Friends dan Mini Golf FRVR. Selain itu, ada pula beberapa judul baru, seperti Card Wars dan Exploding Kittens. 

Kebanyakan game yang tersedia di Messenger ini dirancang untuk dimainkan oleh sedikitnya dua orang. Namun, masing-masing judul memiliki jumlah pemain maksimum yang berbeda. 

Yang menarik, seperti dikutip dari Gizmochina, Kamis (6/4/2023), fitur permainan pada video call Messenger ini tersedia untuk iOS, Android, dan web tanpa memerlukan penginstalan khusus.

Untuk menikmati fitur terbaru ini, pengguna dapat memulai video call di Facebook Messenger terlebih dahulu. Berikutnya, ketuk tombol mode grup, pilih ikon "Mainkan", dan telusuri pilihan game yang tersedia.

Fitur game di Messenger ini menjanjikan pengalaman yang menyenangkan, terutama bagi orang-orang yang gemar melakukan multitasking atau mudah bosan dengan percakapan.

Ditambah, semua gamer bisa terkoneksi melalui layanan Facebook tersebut, sekaligus melihat satu sama lain melalui panggilan video sehingga meningkatkan keeratan antar pemain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Facebook akan Sediakan Lebih Banyak Game di Messenger

Meskipun rilis hanya dengan 14 judul, Facebook Gaming menyatakan akan ada lebih banyak game gratis yang tersedia hingga akhir tahun ini.

Untuk itu, perusahaan mengajak pihak pengembang yang tertarik untuk menghubungi Partner Manager Facebook terkait rincian penambahan game ke platform tersebut.

Pengumuman ini juga dilaporkan beberapa bulan setelah Meta memutuskan untuk menutup aplikasi Facebook Gaming yang sebelumnya berdiri sendiri.

Setelah tanggal 28 Oktober 2022, pengguna tidak dapat mengakses layanan maupun aplikasi Facebook Gaming di browser, maupun konsol dan aplikasi di Android, dan iOS.

Bagi yang kurang familiar, Facebook Gaming merupakan platform game yang dikembangkan oleh Facebook dan memungkinkan pengguna menemukan, menonton, dan memainkan game di berbagai perangkat.

Pengguna dapat terhubung dengan gamer lain, membuat komunitas, dan bergabung dengan grup berdasarkan minat game mereka.

Di sisi lain, pengumuman fitur game untuk video call di Messenger ini menjadi angin segar bagi perusahaan. Sebab, pada 2017, diumumkan Facebook tidak lagi mendukung platform game di desktop.

Alasannya, Facebook ingin mengalihkan fokusnya ke game seluler, dimana mereka melihat potensi pertumbuhan yang lebih besar. Perusahaan bahkan telah memperluas platform gamenya lewat game cloud.

3 dari 4 halaman

Meta Gelar Program Menarik di Facebook dan Platform Lainnya Sepanjang Ramadhan

Di sisi lain, Meta sebagai induk perusahaan Facebook menggelar kampanye bertajuk Bulan Kebaikan sepanjang Ramadhan tahun ini. Lewat kampanye ini, Meta mengajak orang-orang di Indonesia untuk bertemu melalui platform mereka sekaligus berbagi inspirasi.

"Kami kembali menghadirkan kampanye Bulan Kebaikan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi orang-orang untuk bertemu dan merayakan Ramadhan," tutur Country Director Meta di Indonesia Pieter Lydian dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (27/3/2023).

Pieter menuturkan, dengan kondisi di Indonesia yang saat ini sudah memungkinkan orang bertemu tatap muka dan merayakan Ramadhan, Meta ingin mengajak mereka untuk berbagai pengalaman dan kehangatan pertemuan tersebut di Facebook, Instagram, serta WhatsApp.

Untuk di Facebook dan Instagram, Meta menggelar sebuah inisiatif Tumpah Ruah Berkah dimana akan menampilkan sejumlah kreator kuliner Indonesia seperti Tanboy Kun, Martin Praja, Willgoz, Asyan Dwianto dan Machel Wie berkolaborasi untuk konten Ramadhan tahun ini.

Tidak hanya kuliner, pengguna juga bisa menikmati program khas Ramadhan yang akan disuguhkan media hiburan terkemuka di Indonesia melalui laman Facebook mereka. Ada sinetron, reality show dan variety show, hingga keseharian figur publik.

4 dari 4 halaman

Aktivitas Komunitas dan Insight untuk Pelaku Bisnis di Ramadhan 2023

Sejumlah komunitas di Facebook dan Instagram pun menyambut bulan Ramadhan ini dengan berbagi inspirasi pada masyarakat. Salah satunya adalah komunitas Teens Go Green di Jakarta.

Pada bulan Ramadhan ini, komunitas Teens Go Green akan menggelar Green Ramadan Challenge sebagai sebuah gerakan yang diinisiasi lewat Facebook dan Instagram. Gerakan ini mendorong anak muda untuk bisa berbuat lebih baik di Ramadhan tahun ini.

Sejumlah hal yang didorong lewat kampanye ini adalah menghabiskan makanan sahur dan berbuka, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, serta menggunakan baju Lebaran lama ketimbang membeli baru.

Meta juga meluncurkan Ramadhan Insight sebagai panduan bagi pelaku bisnis dalam memanfaatkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp agar pertemuan mereka dengan pelanggan di platform tersebut bisa berdampak dan membuahkan hasil.

Lalu secara khusus di Ramadhan tahun ini, WhatsApp turut membagikan kiat bagi pelaku usaha bisa mendapatkan peluang bisnis mendapatkan peluang bisnis lebih baik. WhatsApp juga memberikan ide bagi para pengguna untuk bisa mengoptimalkan platform mereka selama Ramadhan kali ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.