Sukses

Twitter Update Aturan: Pengguna Dilarang Berharap Orang Lain Mati

Dalam pembaruan aturannya, Twitter melarang pengguna untuk menyatakan keinginan agar seseorang terluka atau mati

Liputan6.com, Jakarta - Twitter memperbarui dan memperketat aturan anti-kekerasan di platformnya, mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dinyatakan oleh penggunanya.

Dalam update aturannya terkait "ujaran kasar" atau "violent speech", Twitter sekarang menyatakan mereka melarang pengguna untuk mengungkapkan "keinginan untuk menyakiti" atau sentimen yang serupa.

"Ini termasuk (tapi tidak terbatas pada) mengharapkan orang lain mati, menderita penyakit, insiden tragis, atau mengalami konsekuensi berbahaya secara fisik lainnya," tulis aturan baru Twitter.

Ini kebalikan dari kebijakan sebelumnya, yang secara eksplisit mengatakan "pernyataan yang mengungkapkan keinginan atau harapan bahwa seseorang mengalami cedera fisik" tidak bertentangan dengan aturan perusahaan.

Mengutip Engadget, Minggu (5/3/2023), ini bukan satu-satunya tambahan aturan yang diterapkan di platform media sosial itu dalam perubahan teranyarnya.

Aturan Twitter yang baru juga secara eksplisit melindungi "infrastruktur yang penting untuk aktivitas sehari-hari, sipil, atau bisnis" dari ancaman kerusakan.

"Anda tidak boleh mengancam untuk menyakiti orang lain secara fisik, termasuk (namun tidak terbatas pada) mengancam untuk membunuh, menyiksa, menyerang secara seksual, atau menyakiti seseorang."

"Ini juga termasuk ancaman untuk merusak rumah dan tempat berlindung warga sipil, atau infrastruktur yang penting untuk kegiatan sehari-hari, sipil, atau bisnis."

Ini bukan pertama kalinya Twitter memperketat aturan mereka, sejak diambil oleh Elon Musk. Sebelumnya, usai bermasalah dengan akun @elonjet yang mengunggah keberadaan jet pribadi Elon Musk, perusahaan juga mengubah aturan seputar doxing.

Twitter tidak mengungkapkan alasan diperketatnya aturan soal kekerasan ini. Mereka hanya mengatakan melalui utas, bahwa hal itu bisa membuat akun pengguna Twitter yang melanggar ditangguhkan atau dihapus cuitannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Twitter Blue Rilis di Indonesia

Sebelumnya, Twitter Blue dipastikan telah bisa dinikmati pengguna di Indonesia. Informasi ini diketahui dari laman Help Center Twitter yang memuat Indonesia sebagai salah satu negara yang bisa menggunakan Twitter Blue.

Selain Indonesia, layanan ini juga menyambangi sejumlah pengguna Twitter di negara lain, seperti India dan Brasil. Sebelumnya, layanan ini hanya bisa diakses di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Britania Raya.

nformasi yang ditampilkan dalam Help Center Twitter juga memuat daftar harga Twitter Blue untuk Indonesia. Mengutip informasi tersebut, harga berlangganan Twitter Blue untuk pengguna di Tanah Air dibanderol mulai Rp 120.000 hingga Rp 1.250.000.

Sama seperti di negara lain, Twitter juga mematok harga yang berbeda untuk pendaftaran melalui platform mobile, seperti iOS dan Android.

3 dari 4 halaman

Harga Twitter Blue di Indonesia

Nah, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai harga berlangganan Twitter Blue di Indonesia, simak daftarnya berikut ini.

Daftar Harga Twitter Blue di Indonesia

  • Harga iOS (Bulanan) : Rp 165.000
  • Harga Android (Bulanan) : Rp 165.000
  • Harga Situs Web (Bulanan) : Rp 120.000
  • Harga Situs Web (Tahunan) : Rp 1.250.000

Sebagai informasi, Twitter Blue adalah layanan premium dari situs microblogging tersebut. Mengingat ini merupakan layanan premium, pengguna yang berlangganan bisa mendapatkan akses ke sejumlah fitur khusus yang tidak bisa didapatkan pengguna biasa.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Twitter Blue

Namun yang perlu diingat, akun Twitter yang baru dibuat kurang dari 90 hari tidak bisa langsung berlangganan layanan premium. Bagi kamu yang penasaran fitur premium apa saja yang hadir di Twitter Blue, simak daftarnya berikut ini.

Deretan Fitur Twitter Blue untuk Pengguna yang Berlangganan

  • Dapat centang biru
  • Folder untuk bookmark
  • Ikon aplikasi yang bisa dikustomisasi
  • Tema aplikasi yang bisa dipilih
  • Navigasi yang bisa dikustomisasi
  • Top Articles
  • Fitur Reader untuk membaca thread panjang
  • Fungsi Undo Tweet
  • Prioritas dalam percakapan
  • Upload Video dengan durasi lebih panjang

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.