Sukses

Cara Gunakan Dua Akun Instagram atau Lebih dalam Satu Aplikasi

Memiliki beberapa akun Instagram ternyata dapat membantu pengguna memisahkan berbagai kebutuhan dan kegiatan berbeda, berikut cara untuk membuat lebih banyak akun Istagram.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu media sosial paling populer yang fokus pada foto dan video, pengguna bisa menggunakan Instagram untuk mendukung hobi dan minat pengguna. 

Beberapa pengguna mungkin ingin memisahkan konten hobi dan kehidupan sehari-hari mereka pada akun yang berbeda. Tapi, apakah pengguna bisa membuat beberapa akun Instagram? Apakah memiliki beberapa akun merupakan keputusan yang tepat? Simak jawaban lengkapnya pada penjelasan berikut yang dirangkum dari Make Use Of, Senin (27/2/2023).

Bisakah Pengguna Memiliki Lebih dari Satu Akun Instagram?

Jawabannya adalah ya, pengguna bisa memiliki lebih dari satu akun Instagram dengan cara pembuatan yang mudah. 

Dengan membuat akun baru, pengguna harus mengatur kembali profil dari awal dan dapat mengelola unggahan, daftar following, serta followers sesuai dengan tujuan khusus atau kebutuhan pengguna pada akun tersebut. 

Akan tetapi, jumlah akun yang bisa pengguna miliki bergantung pada berapa banyak pilihan berbeda yang pengguna punya untuk mendaftar.

Semakin banyak email dan nomor telepon berbeda yang dimiliki, maka kian banyak akun yang dapat dibuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Akun Instagram Kedua dan Seterusnya

Untuk membuat akun kedua dan berikutnya, pengguna dapat menggunakan cara yang sama dengan pembuatan akun pertama. 

Cara ini mudah dilakukan karena dapat menggunakan beberapa metode masuk yang berbeda. Terdapat tiga pilihan yang disediakan Instagram untuk mendaftar, yaitu dengan alamat email, nomor telepon, atau akun Facebook.

Untuk langkah yang lebih cepat, pengguna dapat membuat akun baru melalui aplikasi Instagram. Caranya, perlu masuk ke Profil, klik ikon panah kecil ke bawah di samping nama akun, pilih opsi Buat Akun Baru, masukkan username dan password pilihan untuk akun baru, pilih salah satu metode yang ingin digunakan: alamat email atau nomor telepon, dan masukkan alamat email atau nomor telepon aktif.

Selanjutnya, pengguna mungkin akan diminta untuk memasukkan kode konfirmasi yang akan dikirim ke nomor telepon, maka tunggu beberapa saat hingga kode terkirim.

Setelah akun teregistrasi, pengguna dapat mengatur profil baru tersebut dengan foto profil, nama panggilan, deskripsi, dan mengunggah foto.

3 dari 4 halaman

Keuntungan dan Kekurangan Memiliki Banyak Akun

Apa Keuntungan Membuat Banyak Akun Instagram?

Ketika pengguna memiliki banyak akun Instagram, pengguna dapat fokus menggunakan akun tersebut secara spesifik untuk tujuan tertentu, misalnya pekerjaan atau hobi. Tak hanya itu, ada pula beberapa keuntungan lainnya, yaitu:

  1. Dapat memisahkan kehidupan pribadi dari pekerjaan sehingga pengguna tidak terganggu dengan hal-hal terkait pekerjaan di waktu pribadi,
  2. Pengguna dapat mengunggah konten yang konsisten dengan minat yang berbeda sehingga dapat mempertahankan pengikut. Banyak profil memungkinkan pengguna untuk mengatur konten apa saja yang akan dibagikan sesuai dengan audiens tertentu,
  3. Pengguna dapat mengatur siapa saja yang memiliki akses terhadap konten yang pengguna bagikan, misalnya satu akun untuk orang-orang yang dikenal secara pribadi dan akun lainnya untuk teman online,
  4. Dengan akun khusus bisnis atau pekerjaan, pengguna dapat mengakses data analitik yang akan membantu pengguna dalam mengembangkan basis pelanggan. 

Kekurangan Memiliki Banyak Akun?

Kekurangan yang mungkin akan pengguna rasakan jika memiliki beberapa akun Instagram adalah pengguna perlu berpindah setiap kali ingin memposting sesuatu sesuai topik akun. Hal ini bisa jadi menimbulkan kesalahan posting pada akun yang tidak sesuai keinginan. 

4 dari 4 halaman

Cara Menghubungkan, Berpindah Akun dan Menghentikan Tautan Beberapa Akun Instagram

Menghubungkan Akun Lain dan Berpindah Akun dalam Satu Aplikasi 

Ketika pengguna sudah memiliki beberapa akun, pengguna dapat menambah akun lain agar terhubung dengan aplikasi di ponsel pengguna.

Caranya, buka Profil dan klik ikon panah kecil di samping nama akun pengguna, klik Add Account, dan pilih Log into Existing Account, kemudian masukkan username/email dan password akun tersebut.

Sementara itu, untuk berpindah dari satu akun ke akun lainnya, pengguna dapat menggunakan aplikasi Instagram di smartphone atau perangkat lainnya.

Hampir sama dengan langkah tadi, pengguna perlu buka Profil dan klik ikon panah kecil di samping nama akun pengguna, kemudian pilih akun yang ingin kamu buka. 

Menghentikan Tautan Beberapa Akun Instagram

Ketika terjadi suatu masalah dalam tautan profil atau terdapat akun yang sudah tidak aktif lagi digunakan, pengguna disarankan untuk menghentikan tautan pada akun tersebut.

Untuk melakukannya, buka Profil akun pengguna, masuk pada akun yang ingin diputuskan tautannya, klik tiga garis horizontal di pojok kanan atas, pilih Pengaturan, dan klik Keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.