Sukses

KLY Masuk Daftar 5 Besar Publisher Group dengan Performa Terbaik di Indonesia

IDA bersama SimilarWeb telah merilis data Rank Publisher Group Leaderboard yang menunjukkan peringkat performa publisher group dalam industri digital.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Digital Association (IDA) bersama SimilarWeb merilis data Rank Publisher Group Leaderboard. Data ini menunjukkan peringkat performa publisher group dalam industri digital untuk Januari 2023 berdasarkan Total Page Views sepanjang 2022.

Mengutip informasi dari situs resmi IDA, Rabu (22/2/2023), peringkat ini didasarkan pada data yang diambil sumber-sumber terpercaya dan akurat, sekaligus memberikan gambaran jelas tentang kinerja publisher group dalam industri digital advertising.

Berdasarkan data tersebut, ada beberapa perusahaan media besar yang meraih posisi tertinggi dalam Publisher Group Leaderboard, termasuk KapanLagi Youniverse. Untuk mengetahui posisi Rank Publisher Group Leaderboard di Indonesia berdasarkan Traffic & Engagement Over Time-Total Page Views periode Januari 2023, ini daftarnya.

  • KG Media
  • Detik Network
  • Kapanlagi Youniverse/ KLY
  • MNC Portal Media
  • Pikiran Rakyat Media Network

Perlu diketahui, data tersebut hanya mencakup halaman web yang diukur oleh Similarweb dan tidak mencakup aplikasi seluler. Data Rank Publisher Group Leaderboard ini diharapkan akan menjadi informasi penting bagi industri media di Indonesia, terutama pengukuran kinerja situs web mereka.

Berbekal informasi mengenai peringkat performa, setiap publisher group, advertiser, dan publisher dapat memilih partner bisnis yang paling cocok untuk kebutuhan mereka.

Selain itu, data ini juga dapat membantu advertiser dan publisher dalam memperkirakan potensi pendapatan, melacak tren pasar, dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

"IDA mempersembahkan data ini agar perusahaan-perusahaan media juga dapat lebih memahami peringkat mereka dalam pasar dan memperbaiki kinerja mereka," tulis IDA dalam situs resminya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebiasaan Orang Indonesia Mengonsumsi Konten Digital dan Belanja Online di Masa Ramadhan

Di sisi lain, Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang ditunggu banyak orang di Indonesia. Ramadhan mencerminkan kesabaran dan toleransi seseorang, sekaligus bulan yang luar biasa untuk bisa dirasakan.

Ramadhan pun juga menjadi waktu di mana banyak orang terhubung dan saling menikmati momen menyenangkan. Oleh sebab itu, bagi brand, momen Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk terhubung lebih jauh dengan audiens mereka.

Berdasarkan riset yang dilakukan IDA (Indonesia Digital Association) bersama EMTEK Digital, banyak orang Indonesia mencari hiburan secara digital, baik untuk mendapatkan informasi melalui media online maupun menonton secara daring di Bulan Ramadhan di masa pandemi seperti ini.

"Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pembaca daring di media online hingga 18 persen, sedangkan OTT (over the top) yang sudah menjadi platform digital favorit untuk menonton mengalami peningkatan durasi menonton hingga 154 persen selama bulan Ramadhan," tulis riset itu seperti dikutip Senin (4/4/2022).

3 dari 3 halaman

Perubahan Pola Hidup

Selain itu, berbagai perubahan pola hidup juga terjadi saat bulan Ramadhan, di mana orang menyesuaikan pola hidup agar bisa melaksanakan kewajiban selama menjalankan ibadah puasa. Salah satu perubahan yang terlihat terjadi saat sahur dan buka puasa.

"Perubahan pola hidup ini terefleksikan pada pola membaca di media online dan menonton secara daring, di mana terlihat bahwa jumlah audiens mengalami kenaikan di jam 02.00 hingga 04.00 dini hari dibandingkan saat biasanya," tulis riset ini.

Lalu, saat berpuasa, audiens juga lebih banyak menghabiskan waktu membaca media digital di siang hari untuk menggantikan aktivitas makan siang.

Sementara, jumlah penonton secara daring yang biasanya meningkat pada pukul 17.00 (waktu orang pulang kerja), bergeser ke pukul 19.00 hingga 20.00 (setelah orang berbuka puasa).

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.