Sukses

Centang Biru Instagram dan Facebook Bakal Dikenai Biaya Langganan Rp 227 per Bulan

Meta mengumumkan layanan berbayar mirip Twitter Blue untuk centang biru Facebook dan Instagram yang disebut Meta Verified.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan induk Facebook, Meta, mengumumkan layanan berbayar mirip Twitter Blue untuk centang biru Facebook dan Instagram yang disebut Meta Verified.

CEO Meta Mark Zuckerberg menjelaskan layanan berlangganan ini akan memberikan pengguna centang biru, perlindungan peniruan identitas tambahan, dan akses langsung ke dukungan pelanggan.

"Fitur ini untuk meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami," kata Zuckerberg, seraya menambahkan Meta akan menguji langganan terlebih dahulu di Australia dan Selandia Baru sebelum meluncurkannya ke negara lain.

Meta Verified akan dikenai biaya langganan USD 11,99 (sekitar Rp 182 ribu) per bulan untuk versi web dan USD 14,99 (sekitar Rp 227 ribu) per bulan untuk iOS atau Android. Langganan ini mencakup akun Instagram dan Facebook.

Mengutip Engadget, Senin (20/2/2023), pengguna harus memenuhi persyaratan kelayakan tertentu sebelum mereka dapat mendaftar ke Meta Verified.

Secara khusus, perusahaan menjelaskan kepada Engadget bahwa layanan langganan ini hanya akan tersedia untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas.

Meta juga akan mewajibkan calon pelanggan membagikan ID (kartu identitas) yang dikeluarkan pemerintah di masing-masing negara untuk dicocokkan dengan nama profil dan foto di akun Facebook atau Instagram mereka.

Setelah akun diverifikasi, pengguna tidak dapat mengubah nama profil, nama pengguna, tanggal lahir, atau foto profil tanpa melalui proses verifikasi lagi. Sementara itu, akun yang sebelumnya sudah mendapatkan verifikasi akan tetap memiliki centang biru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layanan Berlangganan di Platform Media Sosial

Meta menyebut, dalam jangka panjang, mereka ingin membangun penawaran berlangganan "yang berharga bagi semua orang" termasuk kreator, bisnis, dan komunitas mereka secara umum.

"Sebagai bagian dari visi ini, kami mengembangkan lencana yang diverifikasi sehingga kami dapat memperluas akses ke verifikasi dan lebih banyak orang dapat mempercayai akun yang mereka berinteraksi dengan otentik."

Dikutip dari Tech Crunch, layanan berlangganan di media sosial saat ini sedang menjadi tren. Tahun lalu, Snap merilis layanan berlangganannya dengan lebih dari sekitar satu juta pengguna menjadi pelanggannya.

Di bawah Elon Musk, layanan berlangganan Twitter Blue di Twitter juga dirombak, termasuk dengan menawarkan tanda centang biru berbayar untuk penggunanya.

Twitter Blue pun juga sudah dirilis ke beberapa negara, termasuk yang terbaru adalah India dan Indonesia. Namun menurut The Information, di pertengahan Januari, hanya sekitar 180 ribu akun yang mendaftar untuk Twitter Blue.

3 dari 5 halaman

Daftar Harga Twitter Blue

Elon Musk pun menggunakan Twitter Blue, sebagai salah satu sumber pendapatan utama dari platform media sosial tersebut.

Informasi yang ditampilkan dalam Help Center Twitter juga memuat daftar harga Twitter Blue untuk Indonesia. Mengutip informasi tersebut, harga berlangganan Twitter Blue untuk pengguna di Tanah Air dibanderol mulai Rp 120.000 hingga Rp 1.250.000.

Sama seperti di negara lain, Twitter juga mematok harga yang berbeda untuk pendaftaran melalui platform mobile, seperti iOS dan Android. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai harga berlangganan Twitter Blue di Indonesia, simak daftarnya berikut ini.

Daftar Harga Twitter Blue di Indonesia

  • Harga iOS (Bulanan) : Rp 165.000
  • Harga Android (Bulanan) : Rp 165.000
  • Harga Situs Web (Bulanan) : Rp 120.000
  • Harga Situs Web (Tahunan) : Rp 1.250.000
4 dari 5 halaman

Berbagai Fitur Twitter Blue

Sebagai informasi, Twitter Blue adalah layanan premium dari situs microblogging tersebut. Mengingat ini merupakan layanan premium, pengguna yang berlangganan bisa mendapatkan akses ke sejumlah fitur khusus yang tidak bisa didapatkan pengguna biasa.

Namun yang perlu diingat, akun Twitter yang baru dibuat kurang dari 90 hari tidak bisa langsung berlangganan layanan premium. Bagi kamu yang penasaran fitur premium apa saja yang hadir di Twitter Blue, simak daftarnya berikut ini.

Deretan Fitur Twitter Blue untuk Pengguna yang Berlangganan

  • Dapat centang biru
  • Folder untuk bookmark
  • Ikon aplikasi yang bisa dikustomisasi
  • Tema aplikasi yang bisa dipilih
  • Navigasi yang bisa dikustomisasi
  • Top Articles
  • Fitur Reader untuk membaca thread panjang
  • Fungsi Undo Tweet
  • Prioritas dalam percakapan
  • Upload Video dengan durasi lebih panjang
5 dari 5 halaman

Infografis skandal kebocoran data Facebook

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.