Sukses

Anak Usaha Telkom Gandeng WhatsApp Business Hadirkan Solusi CRM Terlengkap

Infomedia, anak usaha Telkom mengumumkan kerja sama dengan WhatsApp Business untuk melengkapi solusi CRM yang mereka miliki.

Liputan6.com, Jakarta - Infomedia, anak usaha Telkom, menjalin kerja sama sebagai Whatsapp Business Solution Provider untuk penggunaan WhatsApp Business Platform bagi para pelaku bisnis.

Sebagai penyedia layanan digital business process, kerja sama ini semakin menyempurnakan layanan Infomedia dalam menyediakan experience bagi pelanggan melalui portofolio Customer Relationship Management (CRM).

Dengan kehadiran fitur WhatsApp Business yang terintegrasi dengan platform OMNIX sebagai platform CRM dari Informedia disebut akan semakin memudahkan pelanggan dalam melakukan integrasi komunikasi dengan end user secara holistik.

"Hal ini menjadikan solusi CRM Informedia semakin lengkap, setelah sebelumnya melalui kerja sama dengan Meta Business, Infomedia telah menghadirkan Instagram dan Facebook sebagai bagian dari channel pelayanan pelanggan pada platform OMNIX," tutur Direktur Utama Infomedia Agus Winarno dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (17/2/2023).

Saat ini, WhatsApp sendiri diketahui menjadi aplikasi pengiriman pesan terpopuler di Indonesia. Kehadiran fitur WhatsApp Business pun disebut menjadi salah satu alat pemasaran dan interaksi pelanggan dengan traffic yang meningkat tajam dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Sebagai bagian dari layanan yang ditawarkannya, Infomedia menyediakan solusi WhatsApp untuk keperluan bisnis secara end-to-end, mulai dari pendaftaran akun WhatsApp Business dengan centang hijau, melakukan kampanye marketing dan sales, hingga pengelolaan kebutuhan pelanggan.

Seluruh proses tersebut disediakan secara terintegrasi dengan saluran pelanggan lain seperti inbound/outbound call maupun social media services melalui platform OMNIX.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terintegrasi dengan OMNIX

Tidak hanya itu, integrasi dengan OMNIX juga memungkinkan seluruh catatan dari transaksi dan interaksi yang dilakukan pelanggan pada WhatsApp Business dan channel komunikasi lain dapat dengan mudah tersimpan dalam satu database.

Dengan integrasi tersebut, perusahaan bisa menganalisa perilaku pelanggannya sebagai modal dalam mengembangkan produk atau menentukan paket promo di masa mendatang.

Kerja sama dengan WhatsApp Business juga membuat Infomedia yakni mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis perusahaan, terutama di saluran digital. Karenanya, Infomedia optimistis pertumbuhan tersebut akan terus mengalami peningkatan di sepanjang 2023.

"Untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan jumlah interaksi yang sangat besar di platform WhatsApp Business, Infomedia juga telah menyediakan dukungan chatbot sebagai inovasi yang telah dikembangkan perusahaan," tutur Awin menutup pernyataannya.

Untuk mendukung kepercayaan pelaku bisnis terhadap solusi WhatsApp Business Platform, Infomedia telah melengkapi kewajibannya terhadap keamanan data melalui kepemilikan ISO 27001 - Information Security Management Systems (ISMS).

3 dari 5 halaman

Penerapan GCG Dongkrak Pertumbuhan Bisnis Anak Usaha Telkom

Di sisi lain, anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara berkomitmen menerapkan tata kelola perusahaan terbaik dan mengoptimalkan kontribusi melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Direktur Utama Infomedia Agus Inarno menyatakan, penerapan GCG sebagai sebuah kerangka dari seluruh kebijakan serta proses bisnis yang berlangsung di dalam perusahaan, sehingga penilaian eksternal yang dilakukan secara menyeluruh seperti dalam CGPI ini dibutuhkan untuk mengetahui sudah berada di level mana implementasi GCG terlaksana dengan baik.

"Infomedia melakukan upaya pembenahan pada struktur dan proses agar sesuai dengan prinsip-prinsip dari GCG, dan bangga sekali bahwa upaya untuk membangun perusahaan dengan tata kelola yang baik ini memperoleh apresiasi dari pihak eksternal," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (17/1/2022).

Dia menyatakan sebagai penyedia layanan business process outsourcing yang mengedepankan costumer experience di setiap lini layanannya, Infomedia yakin dengan penerapan prinsip-prinsip GCG dapat menciptakan alur kerja yang lebih cepat dan efektif serta dapat dipertanggungjawabkan. 

4 dari 5 halaman

Wujud Implementasi Tata Kelola

Sejalan dengan pencapaian tersebut, sebagai wujud implementasi tata kelola, Infomedia berhasil mengimplementasikan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) pada penghujung tahun 2022. Pada Desember 2022 Infomedia melaksanakan penanaman pohon sebagai dukungan pemulihan ekosistem Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Kegiatan dilakukan melalui sinergi bersama Pengelola Taman Nasional (PTN) Cisarua dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Cisarua. Kegiatan yang diwujudkan dalam bentuk penanaman 1.000 pohon pada ]ona pemanfaatan Blok Balekambang PTN Cisarua ini diharapkan secara bersamaan dapat memulihkan ekosistem hutan yang juga berfungsi sebagai ekosistem perlindungan bagi hewan langka yang dilindungi, yaitu enok jawa dan macan tutul serta sumber mata air bagi dua Daerah Aliran Sungai (DAS) besar yaitu Ciliwung dan Cisadane.

"Apa yang kami lakukan ini merupakan komitmen dari Infomedia untuk dapat berkontribusi bagi bangsa. Baik dalam hal pemulihan ekosistem yang menjadi rumah bagi begitu banyak makhluk hidup, maupun penyangga bagi ketersediaan sumber air dan udara bersih," ungkapnya.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.