Sukses

Ide Ucapan Imlek 2023 untuk Unggahan di Instagram, Twitter, hingga WhatsApp

Apabila Anda bingung merangkai kata-kata ucapan Imlek maka dapat simak contoh ide berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai cara untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2023 yang jatuh pada hari Minggu, 22 Januari 2023.

Bila mayoritas warga Tionghoa merayakan dengan pergi ke kuil dan berkunjung ke rumah kerabat, Anda yang merantau dapat memanfaatkan platform media sosial untuk berkirim pesan.

Beragam aplikasi olah pesan dan media sosial, seperti WhatsApp, Twitter, Instagram, hingga Telegram pun dapat dipakai untuk mengirimkan ucapan Imlek 2023.

Namun, kata-kata atau ucapan seperti apa yang akan kamu kirimkan ke sanak saudara pada Tahun Baru Imlek 2023 ini?

Nah, apabila Anda bingung merangkai kata-kata ucapan Imlek maka dapat simak contoh ide di bawah ini, sebagaimana dikutip dari Jkdsd, Sabtu (21/1/2023).

1. Semoga Tahun Baru Imlek 2023 ini Anda bahagia! Semoga orang tua dan keluarga selalu bahagia.

2. Pada kesempatan keberuntungan Tahun Baru Imlek 2023, saya berharap kesehatan Anda baik.

3. Semoga tahun baru menghilangkan hal negatif dari hatimu, dan mengisinya dengan banyak cinta dan kebahagiaan. Selamat Tahun Baru Imlek 2023!

4. Semoga semua impian Anda menjadi kenyataan bersamaan dengan Tahun Baru Imlek 2023 ini. Semoga Anda beruntung, sehat, dan sejahtera.

5. Semoga Tahun Baru Imlek mengungkap hal-hal baru dan lebih baik dalam hidup Anda. Semoga Anda mendapatkan semua hal diinginkan. Selamat Tahun Baru Imlek 2023!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Imlek

<p>Tahun Baru Imlek 2023 adalah Tahun Kelinci. (Unsplash/shironagasukujira)</p>

Imlek, juga dikenal sebagai Tahun Baru Imlek, Tahun Baru China atau Festival Musim Semi, adalah festival terpenting di Tiongkok dan acara besar di beberapa negara Asia Timur lainnya.

Dikutip dari China Highlights, Selasa (3/1/2023), Tahun Baru China adalah festival yang merayakan awal tahun baru pada kalender lunisolar China tradisional. Masa tersebut secara tradisional adalah waktu untuk menghormati dewa dan leluhur, dan itu juga menjadi waktu untuk berpesta dan mengunjungi anggota keluarga.

Tahun Baru Imlek 2023 akan jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023. 

Tanggal Tahun Baru Imlek ditentukan oleh penanggalan Imlek. Tangganyal berubah setiap tahun tetapi selalu di suatu tempat dalam periode dari 21 Januari hingga 20 Februari. 

Setiap tahun China dikaitkan dengan tanda binatang menurut siklus zodiak China. Tahun 2023 adalah tahun Kelinci, khususnya Kelinci Air. Lambang Kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan.

Tahun Kelinci termasuk tahun 2023, 2011, 1999, 1987, 1975, 1963, 1951, 1939, 1927...

Tahun 2023 adalah tahun Kelinci Air, dimulai dari 22 Januari 2023 (Tahun Baru Imlek), dan berakhir pada 9 Februari 2024 (Malam Tahun Baru Imlek). 

Orang yang lahir pada tahun Kelinci disebut "Kelinci" dan diyakini waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik.

Zodiak yang paling cocok untuk Kelinci adalah Kambing, Anjing dan Babi. 

3 dari 4 halaman

Tahun Kelinci

Ilustrasi lampion Tahun Baru China, Imlek. (Photo by Henry & Co. on Unsplash)

Kelinci adalah tanda binatang keempat dalam siklus zodiak China. 

Ke-12 shio hewan tersebut adalah: Tikus, Kerbau, Harimau, Kelinci , Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi. Setiap tahun memiliki tanda binatang menurut siklus 12 tahun.

Tahun zodiak China biasanya dikatakan dimulai dari Tahun Baru Imlek, yang tanggalnya berkisar dari akhir Januari hingga pertengahan Februari. Oleh karena itu, jika Anda lahir pada bulan Januari atau Februari di salah satu tahun di atas, Anda mungkin Kelinci atau mungkin Macan. 

4 dari 4 halaman

Makna Kelinci

Pekerja menyelesaikan pemasangan ornamen pernak pernik imlek di kawasan Bundaran HI (Hotel Indonesia), Jakarta, Sabtu (21/1/2023). Ornamen tersebut dipasang dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023 besok. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menurut astrologi Tiongkok, elinci diramalkan sebagai makhluk yang lembut, pendiam, anggun, dan waspada serta cepat, terampil, baik hati, sabar dan sangat bertanggung jawab.

Ia terkadang enggan mengungkapkan pikirannya kepada orang lain dan memiliki kecenderungan untuk melarikan diri dari kenyataan, tetapi selalu setia kepada orang-orang di sekitarnya.

Kelinci Jantan dicirikan dengan selalu memperlakukan orang dengan sopan, dengan senyum lembut yang membuat orang merasa dapat dipercaya dan tulus. Ketika menghadapi kesulitan yang berat, mereka tidak pernah putus asa tetapi tetap gigih dalam upaya mereka untuk mencari solusi. Ini berarti mereka akhirnya mencapai kesuksesan yang patut ditiru.

Kelinci betina dipersonifikasikan sebagai berikut: selain memiliki penampilan yang cantik dan pendiam, mereka memiliki hati yang murni.  

Dalam teori lima elemen China, setiap tanda zodiak dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen: Emas (Logam), Kayu, Air,  Api, atau Tanah. Misalnya, Kelinci Air datang sekali dalam siklus 60 tahun.

Diteorikan bahwa karakteristik seseorang ditentukan oleh tanda dan elemen hewan zodiak tahun kelahirannya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.