Sukses

LG Garap Lensa Zoom Sekelas DSLR untuk HP

Bersamaan dengan digelarnya ajang CES 2023, LG bakal mengumumkan modul kamera telefoto baru berkemampuan zoom secara kontinu.

Liputan6.com, Jakarta - LG memang sudah tidak memproduksi smartphone lagi, namun perusahaan asal Korea itu masih giat memproduksi komponen untuk HP Android dan iOS.

Lewat anak perusahaannya bernama LG Innotek, perusahaan disebut-sebut sedang mempersiapkan sebuah modul kamera baru untuk ponsel.

Bersamaan dengan digelarnya ajang CES 2023, LG bakal mengumumkan modul kamera telefoto baru berkemampuan zoom secara kontinu.

Saat ini, sebagian besar kamera di ponsel menggunakan zoom digital yang menurunkan kualitas gambar untuk dapat memotret objek foto dari jarak jauh.

Sementara modul buatan LG ini, kamera HP akan memiliki kemampuan layaknya lensa DSLR sehingga dapat mempertahankan kualitas detail gambar meskipun diambil dengan zoom.

Modul kamera ini juga menggunakan desain optik lipat, juga disebut sebagai lensa periskop untuk menjaga ukuran keseluruhan tetap kecil.

Karena itu, lensa di ponsel bakal memiliki rentang 4x hingga 9x, dimana semunya dilakukan secara optik--seperti kamera DSLR.

Mengutip Android Central, Jumat (30/12/2022), LG juga menyematkan teknologi optical image stabilization (OIS) ke dalam modul kamera buatannya ini.

Dengan begini, pengguna dapat mengambil foto bebas dari buram saat di zoom hingga maksimal. LG Innotek juga telah bekerja sama dengan Qualcomm.

Disebutkan, kemitraan mereka berupaya untuk meningkatkan software di ponsel sehinga dapat bekerja optimal dengan modul zoom optik buatannnya.

Diketahui, kemampuan lensa ini akan dipakai pada ponsel berchipset Snapdragon 8 Gen 2 yang baru saja diluncurkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus LG di Tahun 2023

President of LG Electronics Indonesia, Lee Taejin, dalam acara LG Air Solution Covention 2022. Dok: LG Electronics Indonesia

Di sisi lain, dalam acara LG Air Solution Covention 2022, LG Electronics Indonesia berkomitmen akan fokus ke rangkaian produk perawatan udara (LG Air Solution) yang menitikberatkan pada aspek kesehatan dan ramah lingkungan di 2023 mendatang.

“Seiring dengan kesadaran masyarakat akan kualitas udara yang mempengaruhi kesehatan dan perhatian pada gaya hidup lebih ramah lingkungan, fokus ini mewakili upaya kami memberikan beragam opsi perawatan udara bagi masyarakat Indonesia,” kata President of LG Electronics Indonesia, Lee Taejin, melalui keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Dalam acara LG Air Solution Covention 2022, LG Electronics Indonesia berkomitmen akan fokus ke rangkaian produk perawatan udara (LG Air Solution) yang menitikberatkan pada aspek kesehatan dan ramah lingkungan di 2023 mendatang.

“Seiring dengan kesadaran masyarakat akan kualitas udara yang mempengaruhi kesehatan dan perhatian pada gaya hidup lebih ramah lingkungan, fokus ini mewakili upaya kami memberikan beragam opsi perawatan udara bagi masyarakat Indonesia,” kata President of LG Electronics Indonesia, Lee Taejin, melalui keterangannya, Kamis (22/12/2022).

3 dari 4 halaman

LG PuriCare 360°Hit Air Purifier

LG Air Solution Covention 2022. Dok: LG Electronics Indonesia

Melengkapi kenyamanan perangkat pendingin udaranya, LG juga menghadirkan varian baru dari LG PuriCare 360° Hit Air Purifier seri (AS60GHWG0).

Tergabung dalam koleksi besar perangkat pemurni udara LG, seri AS60GHWG0 dikembangkan menjadi versi yang lebih terjangkau dari generasi pertama LG PuriCare 360° Hit Air Purifier yang memang dihadirkan bagi kategori premium.

LG PuriCare 360° Hit Air Purifier seri AS60GHWG0 juga diklaim memiliki kemampuan membersihkan udara dalam ruang dengan jangkauan lebih luas.

Hal ini berkat kombinasi bentuk tabung pada tubuh penyangga dengan titik masuk udara mengitarinya dan adanya kipas berbentuk lempengan membundar di bagian atas yang bertugas mengalirkan udara bersih lebih jauh hingga ke sudut-sudut ruang.

Dikombinasikan dengan filtrasi di dalamnya, filter HEPA miliknya mampu menjebak hingga 99.9% bakteri dan 99.999% dari debu dan allergen berukuran 0.01µ.

4 dari 4 halaman

Air Purification Kit

Pada jajaran produk AC LG Air Solution 2023 nanti, LG juga memperkenalkan Air Purification Kit. Sebagai komponen pelengkap pada varian produk 4 way Ceilling Cassette, sesuai namanya, perangkat ini berfungsi sebagai penunjang proses pembersihan udara dalam ruangan.

Pre-filter pada lapisan terdepan bertugas mengangkat berbagai partikel debu besar. Sementara paduan anion emission dan electric dust filter pada lapis berikutnya menyingkirkan debu berupa partikel halus berukuran hingga dibawah 1 mikrometer atau biasa disebut dalam ukuran Particulate Matters (PM) 1.0.

“Ukuran partikel sangat kecil ini tak terlihat namun mampu masuk melalui saluran pernapasan dan membahayakan kesehatan. Inilah yang kerap tak disadari keberadaannya sebagai hal yang merugikan kesehatan di berbagai tempat kita melakukan aktivitas kerja maupun hiburan,” ujar Department Head SAC, Edy Sucipto.

Terkait cakupan area, Edy mengklaim kemampuan pembersihan melalui penyaringan dari Air Purification Kit ini mampu menjangkau area 140 meter persegi untuk tiap unit AC cassette terpasang.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.