Sukses

Kaleidoskop 2022: Cara Cek Nomor WhatsApp Diblokir hingga Alasan Subdomain Kominfo Diretas

Tekno Liputan6.com turut mencatat berbagai peristiwa tersebut setiap bulannya dalam artikel Kaleidoskop 2022, simak lengkapnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang tahun 2022, beragam peristiwa menarik terjadi di dunia teknologi terjadi setiap bulannya.

Tekno Liputan6.com turut mencatat berbagai peristiwa tersebut ke dalam artikel paling populer di tiap bulannya.

Apa saja sih? Mari intip rangkuman berita paling populer selama setahun ini dalam Kaleidoskop 2022 di bawah ini.

1. Cara Cek Nomor WhatsApp Kita Diblokir Teman

Artikel paling populer pertama di 2022 adalah soal bagaimana caranya mengecek apakah nomor WhatsApp kita diblokir teman.

Bagi banyak pengguna aplikasi milik Meta ini, pasti pernah mengalami momen dimana kamu mengirim pesan WhatsApp tetapi tidak kunjung terkirim dan mendapatkan balasan.

Karena hal ini, wajar bila kamu memiliki pikiran, 'jangan-jangan nomor WhatsApp gue diblokir nih?'

Walah agak sulit menentukan apakah nomor WhatsApp kita diblokir atau tidak, kamu sebenarnya dapat mengeceknya dengan mudah.

Salah satunya adalah dengan melihat profil foto. Berdasarkan pernyataan WhatsApp di website resminya, bila kamu tidak bisa melihat update foto profil maka nomor kamu sudah diblokir.

Meski begitu, ada kemungkinan hal ini karena teman kita telah mengubah setting privasi profil WhatsApp mereka.

Kamu dapat membaca selengkapnya tentang bagaimana cara cek nomor WhatsApp diblokir teman di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Apes, Beli iPhone 14 Pro Max Rp 39 Juta dari Tokopedia Dibawa Kabur Driver Gojek

<p>iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)</p>

Berhubungan dengan peluncuran iPhone 14 series pada September 2022, banyak pengguna Apple yang sudah tidak sabar menunggu untuk dapat memiliki ponsel baru tersebut.

Salah satu pengguna itu adalah seorang pria bernama Andy. Sudah lama pre-order iPhone 14 Pro Max di Tokopedia, ponsel baru seharga Rp 3 juta itu raib dibawa kabur kurir Gojek.

Lewat sebuah thread, akun milik pria bernama Andy tersebut menceritakan pengalamannya ketika membeli iPhone 14 Pro Max di Tokopedia.

Andy menuturkan, tidak ada respons sama sekali dari driver. "Ditelfon gak diangkat. Wa-nya offline," tulisnya melalui cuitan di Twitter.

Padahal waktu yang dibutuhkan untuk mengantar ponsel itu dari toko, hingga ke alamat tujuan hanya butuh waktu 30 menit saja.

Mengetahui ada yang tidak beres, ia pun menghubungi toko tempat pembelian. Dari situ, pihak toko mengatakan, produk tersebut pasti dibawa kabur.

"Ternyata bener. Tiba-tiba pesanan gue udah diselesaikan sama driver Gojek-nya dengan foto pengantaran yang gue gatau itu di mana," tulis Andy melanjutkan.

 

3 dari 6 halaman

3. Alasan Kominfo Ancam Blokir WhatsApp, Google, hingga Instagram

Pendaftaran PSE Privat yang diatur dalam PM Kemkominfo No. 5 Tahun 2020 diperpanjang 6 bulan pasca pemberlakukan OSS-RBA efektif pada 2 Juni 2021.

Momen besar lain yang juga terjadi pada tahun ini adalah ketika Kominfo ancam akan memblokir WhatsApp, Google, hingga Instagram.

Hal ini terjadi karena Google dan layanan Meta seperti WhatsApp dan Instagram, termasuk Twitter belum melakukan pendaftaran PSE atau Penyelenggara Sistem Elektronik.

Adapun batas akhir pendaftaran PSE tersebut adalah 20 Juli 2022. Bila hingga tengat waktu ditentukan tidak mendaftar, Kominfo mengancam akan memutus akses ke layanan.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, pendaftaran PSE dilakukan sepenuhnya untuk melindungi masyarakat Indonesia. Sebab, apabila tidak terdaftar dan ada masalah, bagaimana bisa melindungi para konsumen yang menggunakan layanan tersebut.

Di samping itu, menurut Semuel, PSE asing dan lokal sama-sama diwajibkan mendaftar dan menjalankan persyaratan operasional yang sama agar tercipta kondisi level playing field.

 

4 dari 6 halaman

4. Cara Mengetahui Password Tersimpan di Google Chrome

businessinsider.com

Bagi kebanyakan pengguna browser Chrome, fitur pengelolaan kata sandi atau password bawaan di peramban pasti sudah tidak asing lagi.

Dengan fitur ini, pengguna dapat masuk ke layanan tertentu secara otomatis setelah nama pengguna dan kata sandinya tersimpan.

Namun, karena sudah terbiasa masuk ke layanan secara otomatis, banyak pengguna lupa akan password ketika ingin masuk ke layanan tanpa menggunakan Google Chrome.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengecek daftar layanan dan nama pengguna beserta kata sandi yang tersimpan di Google Chrome.

Kamu dapat mengecek cara mengetahui password tersimpan di Google Chrome dengan mengeceknya di sini.

 

5 dari 6 halaman

5. Subdomain Kominfo Diretas, Hacker Geram dengan Pemblokiran PayPal Dkk

Subdomain Kominfo Diretas Hacker

Semenjak diberlakukannya batas akhir pendaftaran PSE 20 Juli 2022, Kominfo mendapatkan kritikan dari masyarakat.

Salah satu bentuk kritik tersebut adalah meretas subdomain Kominfo, dan mengubah tampilan web sehingga memperlihatkan karakter animasi yang mengacungkan jari tengah.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Sabtu (30/7/2022), kelompok hacker yang melakukan serangan mengaku sebagai "4LM05TH3V!L-Hidden Ghost Team".

Mereka geram dengan pemblokiran layanan digital atau Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang dilakukan Kominfo per hari ini, salah satunya PayPal.

"Semuanya lo blokirin?, ngelawak atau gimana? urusin noh script slot judi domain go.id & ac.id," tulis hacker tersebut.

 

6 dari 6 halaman

6. 7 Cara Menghemat Baterai iPhone

Ilustrasi smartphone iPhone. (Photo by David Grandmougin on Unsplash)

Berbagai kegiatan yang dilakukan di iPhone, baik itu streaming video, browsing, chat teman, hingga cek unggahan di Instagram semuanya berpengaruh ke level baterai.

Untungnya, selalu ada cara menghemat baterai iPhone. Apa saja cara yang bisa digunakan, berikut adalah 7 di antaranya.

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Layar yang terlalu terang lebih cepat menghabiskan baterai iPhone ketimbang layar redup. Untuk mengurangi tingkat kecerahan layar, kamu bisa mengaturnya di Control Center.

Caranya, geser layar iPhone ke bawah, kemudian, geser tingkat kecerahan ke bawah untuk membuatnya lebih redup.

Selain itu kamu bisa menonaktifkan Auto-Brightness. Jika tidak, fitur ini akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar ketika di bawah cahaya matahari yang cerah.

Caranya, buka Setting > Accessibility > Display & Text Size > scroll ke bagian paling bawah, dan nonaktifkan Auto-Brightness.

Kamu dapat mengecek langkah selanjutnya dengan mengeklik tautan di sini.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.