Sukses

Telkomsel Prediksi Trafik Data Naik 19,1 Persen di Natal dan Tahun Baru 2023

Telkomsel memproyeksikan kenaikan trafik data menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mencapai 17,6 persen jika dibandingkan pada normal day.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memproyeksikan kenaikan traffic data menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mencapai 17,6 persen jika dibandingkan pada normal day.

Hal itu diungkapkan oleh VP Network Assistance, Security, and Operations Center Telkomsel Galumbang Pasaribu dalam konferensi pers yang digelar, Senin (19/12/2022).

"Jika dibandingkan dengan Nataru tahun lalu kenaikan kami cukup lumayan sekitar 19,1 persen," tutur Galumbang menjelaskan.

Untuk tahun ini, Telkomsel sendiri telah menyiapkan 493 POI (Point of Interest) yang didasarkan pada pola traffic yang terdeteksi pada sistem.

Sementara untuk total payload jelang Nataru tahun ini, Telkomsel memperkirakan akan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen apabila dibandingkan periode serupa tahun lalu. Proyeksi ini disebut tidak lepas dari lonjakan sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital.

Galumbang menuturkan, salah satu layanan digital yang disebut akan meningkat adalah social network, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Menurut Galumbang, Telkomsel memproyeksi social network di Nataru tahun ini mencapai 31,7 persen.

"Kemudian untuk aplikasi yang terkait komunikasi seperti WhatsApp dan Telegram itu akan naik sekitar 27,8 persen," ujarnya melanjutkan.

Kenaikan lain juga akan terjadi pada aplikasi streaming video mencapai 29,4 persen, dan layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6 persen.

Lalu lonjakan juga diprediksi akan terjadi pada akses layanan e-commerce yang mencapai 35 persen. Terakhir, lonjakan juga diprediksi pada aktivitas browsing yang diperkirakan naik sekitar 24,1 persen.

Sementara untuk layanan legacy, seperti panggilan suara, Telkomsel memprediksi akan menurun. "Akan turun sekitar 3 persen jika dibandingkan dengan normal day, akan lebih signifikan jika dibandingkan dengan Nataru tahun lalu," ujar Galumbang.

Selain panggilan suara, SMS juga dikelompokkan sebagai traffic legacy. Namun untuk layanan ini, Galumbang menuturkan, dalam beberapa momem SMS disebut masih berjaya.

"Tahun ini, SMS kami prediksi naik sekitar 7,9 persen jika dibandingkan dengan normal day," ucapnya menutup pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Telkomsel Siapkan 25.000 BTS 4G Anyar Jelang Natal dan Tahun Baru 2023

Telkomsel memastikan akan menghadirkan layanan andal bagi pelanggan dalam menyambut momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Hal itu ditunjukkan dengan kesiapan dukungan infrastruktur dan layanan digital.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, Telkomsel memahami setiap akhir tahun aktivitas masyarakat biasanya akan meningkat di berbagai sektor, mulai dari transportasi, perdagangan, hingga hiburan.

Meningkatnya beragam aktivitas tersebut juga didorong oleh adopsi dan transformasi digital semakin masif. Kombinasi keduanya pun berimbas pada pertumbuhan trafik di jaringan Telkomsel sebagai penyedia layanan komunikasi digital.

Untuk mengantisipasi pertumbuhan tersebut, Nugroho menuturkan, Telkomsel telah mempersiapkan sejumlah hal. Salah satunya melakukan identifikasi pusat keramaian atau POI (Point of Interest) berdasarkan pola traffic yang terdeteksi.

Pada tahun ini, Telkomsel menyiapkan 493 POI terdiri 363 special area (mal, alun-alun), 59 transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 47 pemukiman, 21 rute mudik, 2 tempat ibadah, serta 1 rumah sakit.

"Kedua, kami harus menyediakan kapasitas dan kualitas jaringan untuk antisipasi pertumbuhan trafik di akhir tahun," tutur Nugroho konferensi pers di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Selain itu, Telkomsel juga akan menyediakan layanan dengan berbagai promo termasuk posko layanan di titik-titik krusial. Dengan demikian, pelanggan bisa tetap melaksanakan aktivitasnya dengan menghubungi pusat layanan di jalur mudik.

Lebih lanjut dijelaskan, Telkomsel telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, termasuk menyiagakan tambahan 61 unit Combat (Compact Mobile BTS), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9.212Gbps.

Telkomsel juga melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE di seluruh Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

3 dari 5 halaman

Telkomsel Bagikan Bantuan ke Panti Asuhan hingga UMKM

Menyambut Momen Natal 2022, operator telekomunikasi Telkomsel menggelar program Telkomsel Siaga. Mengangkat tema "Satukan Semangat, Bangkit Lebih Kuat", salah satu inisiatif dalam program ini adalah Roadshow Natal 2022.

Inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan ini adalah untuk mengajak masyarakat berbagi kasih tanpa batas, setelah melalui berbagai situasi menantang dalam beberapa tahun terakhir.

Roadshow Telkomsel Siaga Natal 2022 mengajak sejumlah perwakilan penerima manfaat dari penghuni panti asuhan yatim piatu dan lansia dari panti jompo di beberapa wilayah.

Adapun, beberapa panti asuhan yatim piatu dan lansia ini berada di Ambon (8 Desember 2022), Solo (12 Desember 2022), Medan (15 Desember 2022), dan Bogor (20 Desember 2022).

"Semangat Telkomsel sebagai digital society enabler pada momen Natal kali ini adalah mendorong untuk saling berbagi #KasihTanpaBatas," kata Direktur

"Roadshow Natal 2022, yang secara konsisten Telkomsel gulirkan setiap tahunnya, menjadi pengingat bahwa walaupun bergerak di bidang teknologi, episentrum ekosistem bisnis kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan," imbuh Hendri.

Roadshow Telkomsel Siaga Natal 2022 digelar untuk berbagi kasih dan melengkapi kebahagiaan para penerima manfaat yang merayakan momen Natal 2022.

Telkomsel di sini menyatakan berperan sebagai keluarga mereka selama sehari, dan menghadirkan beragam aktivitas bersama.

Berbagai aktivitas digelar mulai dari permainan dan keriaan khas Natal, edukasi InternetBAIK (Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif), hingga berbagi hadiah dan nonton bareng film Natal.

Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam siaran persnya, dikutip Senin (12/12/2022).

4 dari 5 halaman

Roadshow Natal 2022

"Roadshow Natal 2022, yang secara konsisten Telkomsel gulirkan setiap tahunnya, menjadi pengingat bahwa walaupun bergerak di bidang teknologi, episentrum ekosistem bisnis kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan," imbuh Hendri.

Roadshow Telkomsel Siaga Natal 2022 digelar untuk berbagi kasih dan melengkapi kebahagiaan para penerima manfaat yang merayakan momen Natal 2022.

Telkomsel di sini menyatakan berperan sebagai keluarga mereka selama sehari, dan menghadirkan beragam aktivitas bersama.

Berbagai aktivitas digelar mulai dari permainan dan keriaan khas Natal, edukasi InternetBAIK (Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif), hingga berbagi hadiah dan nonton bareng film Natal.Enam+00:44VIDEO: Piala Dunia 2022 di Vidio Tembus 14 Juta Penonton Usai 10 Hari Tayang4 dari 4 halaman Bantuan ke Panti Asuhan, UMKM, hingga GerejaSelain itu, operator plat merah ini juga menyerahkan paket bantuan kebutuhan, atau renovasi fasilitas umum dan internet rumah serba digital Telkomsel Orbit di setiap panti asuhan, panti jompo, dan gereja yang menjadi lokasi roadshow.

Perusahaan juga menyerahkan bantuan 270 paket data pendidikan bagi pelajar berprestasi, 270 paket alat bantu bagi kalangan disabilitas, 270 paket dana usaha bagi pedagang kecil dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bantuan lainnya berupa 270 paket dana santunan bagi asuhan, panti jompo, dan gereja, hingga 2.700 paket sembako bagi masyarakat membutuhkan.

"Telkomsel berharap semangat berbagi kasih tanpa batas yang kami usung tahun ini bisa menyatukan semangat seluruh masyarakat dalam menyongsong lembaran baru dengan penuh optimisme, untuk bangkit lebih kuat," pungkas Hendri.

(Dam/Ysl)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.