Sukses

Gojek Luncurkan GoCar Luxe, Tawarkan Ruang Kabin Lebih Lega

Gojek meluncurkan layanan GoCar terbaru yang bertajuk GoCar Luxe. Salah satu manfaat yang dihadirkan di sini adalah ruang kabin yang lebih luas dan lega.

Liputan6.com, Jakarta - Gojek meluncurkan layanan GoCar terbaru yang bertajuk GoCar Luxe. Salah satu manfaat yang dihadirkan di sini adalah ruang kabin yang lebih luas dan lega.

Dikutip dari siaran pers, Sabtu (17/12/2022), layanan ini juga didukung mitra driver yang terstandarisasi, serta bekerja sesuai dengan SOP GoCar Luxe.

GoCar Luxe melengkapi layanan GoCar lainnya yang saat ini sudah tersedia yakni GoCar, GoCar Protect+ dan GoCar (L).

"Komitmen We Got You menjadi landasan kuntuk selalu menghadirkan inovasi yang mampu menjawab ragam kebutuhan masyarakat," kata Shobhit Singhal, Chief Transport Officer Gojek.

Menurut Shobhit, layanan GoCar Luxe ini akan membantu mereka bmenjangkau target pasar yang menginginkan pengalaman mobilitas berbeda dengan kenyamanan lebih dan layanan ekstra.

"Dengan hadirnya ragam pilihan transportasi di ekosistem Gojek yang didukung dengan pengembangan teknologi secara berkala, kami berharap bisa terus menghadirkan layanan prima dan menjadi one stop mobility solution yang dapat menjawab kebutuhan berbagai kalangan orang," imbuhnya.

Lebih lanjut, perusahaan mengutip laporan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) yang menyebutkan, pada tahun 2022 tercatat, layanan Gojek menjadi yang paling banyak digunakan oleh pengguna transportasi online (82 persen) di Indonesia.

Menurut Gojek, GoCar Luxe cocok digunakan untuk bepergian ke acara atau kegiatan spesial seperti menghadiri pertemuan bisnis, pergi bersama teman dan kolega, menghadiri undangan pernikahan atau bepergian bersama keluarga dan orang tua.

Perusahaan juga mengatakan sudah melakukan uji coba internal layanan GoCar Luxe di bulan November sampai awal Desember. Mereka juga mencatat beberapa hal positif terkait layanan ini.

Jumlah pemesanan diklaim meningkat 10 persen setiap minggu menggambarkan antusiasme pelanggan menikmati layanan ini. Berdasarkan rating pelanggan, perjalanan dengan GoCar Luxe mendapatkan rata-rata penilaian yang lebih tinggi dibanding layanan GoCar jenis lain.

Gojek mengklaim, data tersebut menggambarkan bahwa GoCar Luxe memberikan kualitas layanan sesuai dengan kebutuhan serta biaya yang dikeluarkan pelanggan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Area Operasi

Untuk saat ini, layanan GoCar Luxe baru bisa dipesan oleh pengguna Gojek di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan beberapa area di Jakarta Utara.

Ke depannya, perusahaan berencana untuk menambah jumlah armada secara bertahap.

Sementara bagi mitra driver, Gojek mengklaim mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan peluang pendapatan yang lebih tinggi.

Untuk menggunakan layanan GoCar Luxe, pengguna dapat memilih ikon GoCar Luxe dalam aplikasi Gojek.

Setelah itu, tentukan tujuan perjalanan dengan memasukkan alamat lokasi penjemputan dan tujuan. Apabila pemesanan berada dalam cakupan layanan, driver GoCar Luxe akan segera melakukan penjemputan.

3 dari 5 halaman

Survei Indef: Gojek jadi Transportasi Online Terlaris

Di sisi lain, Direktur Program Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Esther Sri Astuti, menyatakan Gojek sebagai layanan transportasi online yang banyak diminati atau digunakan masyarakat Indonesia.

Hasil tersebut berdasarkan survei yang dilakukan INDEF pada bulan Agustus dan September 2022 melalui survei kepada konsumen transportasi online dan pedagang daring sebagai konsumen logistik online

Riset ini dilakukan INDEF di 5 kota besar di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Palembang, Bali, Yogyakarta, Bali (Denpasar), dan Balikpapan terhadap 2.310 responden pengguna transportasi online.

Dari 2.310 responden tersebut didominasi 51,6 persen laki laki dan 48,4 persen perempuan, dengan usia terbanyak berada di rentang 20 - 30 tahun (54,16 persen) dan 30 - 49 tahun (43,2 persen), dengan pendapatan per bulan rata rata 2,5 - 5 juta (25,66 persen).

“Sebanyak 82 persen responden menyatakan menggunakan layanan transportasi online  dari Gojek walaupun memiliki aplikasi  lainnya,” kata Esther Sri Astuti dalam Diskusi Online INDEF ini mengangkat tema “Mengupas Industri Transportasi dan Logistik Online di Indonesia: Kondisi Pasca Pandemi”, Rabu (7/12/2022).

Data ini juga menunjukkan walaupun konsumen memiliki aplikasi lainnya, seperti Maxim atau InDriver, tapi mereka juga memiliki aplikasi Gojek sebagai pilihan utama dalam menggunakan layanan transportasi online.

Selain Gojek meraih tingkat kepuasan pengguna lebih tinggi dari pemain lain dan rata-rata industri. Konsumen menilai Gojek sebagai brand yang paling memuaskan karena memberikan rasa aman paling tinggi bagi konsumen.

4 dari 5 halaman

Kepuasan Konsumen

Konsensus responden memberikan skor kepuasan konsumen di atas rata-rata industri bagi Gojek pada semua indikator-indikator prioritas.

Terutama pada kemudahan penggunaan aplikasi yang mana Gojek mendapatkan skor 3,39. Lebih tinggi dari rata-rata industri yang mendapatkan skor sebesar 3,30, dan disusul Grab dengan skor 3,27.

Adapun dalam penilaian pedagang dari Gojek kembali menjadi brand yang paling memuaskan dibandingkan aplikasi layanan logistik online lainnya.

GoSend, layanan logistik online Gojek, dianggap paling meningkatkan produktivitas para social seller karena pelayanannya yang efisien, paling aman, dan mudah digunakan.

Untuk logistik online, riset dilakukan INDEF di 3 kota besar di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya terhadap 1.155 responden yang merupakan social seller (penjual yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan).

Dengan karakteristik 41 persen laki laki dan 59 persen perempuan, dengan usia terbanyak berada di rentang 18 - 29 tahun (45,83 persen) dan 30 - 41 tahun (41,67 persen), dengan pendapatan per bulan rata rata 2,5 - 5 juta (31,58 persen) dan 5 - 10 juta (28,95 persen).

“Konsensus responden memberikan nilai GoSend sebesar 3,17 dalam penggunaan aplikasi, atau lebih tinggi dari rata-rata industri yaitu di angka 3,04; dan juga lebih tinggi dari pemain lainnya seperti Lalamove (3,05); Grab (3,04); dan ShopeeXpress (3,03),” pungkasnya. 

5 dari 5 halaman

Infografis Tips Aman Naik Ojek Online Saat Pandemi. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.