Sukses

Pejabat Qatar Pakai Teknologi Ini untuk Antisipasi Kerusuhan di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat Qatar dan FIFA menerapkan berbagai teknologi canggih untuk mendukung kelacaran gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Beragam teknologi baru diperkenalkan dalam ajang sepak bola empat tahun ini, baik itu di dalam bola Al-Rihla hingga offside semi-otomatis.

Karena dihadiri oleh jutaan orang dari berbagai negara peserta Piala Dunia 2022, pemerintah mengandalkan teknologi baru untuk melacak pergerakan orang sepanjang pertandingan.

Mengutip Metro, Sabtu (26/11/2022), pejabat Qatar memasang lebih dari 15.000 kamera di 8 stadion tempat pertandingan berlangsung.

Disebutkan, seluruh kamera tersebut dipakai untuk melacak pergerakan orang sepanjang pertandingan.

Tak hanya itu, kamera tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi facial recognition (pengenal wajah) terhubung ke pusat komando.

Nantinya, operator di pusat komando akan memantau dan menganalisai hasil rekaman kamera selama ajang Piala Dunia 2022 berlangsung.

Al Jazeera menyebutkan, algoritma juga digunakan untuk mencegah aksi kerusuhan di stadion dan dapat memprediksi pola kerumunan mengandalkan beberapa titik data, termasuk penjualan tiket dan tempat orang masuk.

Selain terpasang di stadion, pejabat Qatar juga memasang kamera di area sekitar, seperti stasiun kereta api dan bus sepanjang Piala Dunia 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar

<p>Aksi memukau penyanyi asal Korea Selatan, Jungkook saat menyanyikan lagu Dreamers pada upacara pembukaan Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Qatar, Minggu (20/11/2022). (AP Photo/Natacha Pisarenko)</p>

Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar akhirnya digelar pada Minggu (20/11/2022) malam Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kemeriahan Piala Dunia 2022 pun ikut terbawa ke media sosial Twitter. Hal ini seperti terlihat dengan trending-nya beberapa tagar yang terkait dengan kompetisi sepak bola terbesar di dunia itu.

Hashtag atau tagar (#) PialaDunia2022 misalnya, menempati trending dengan lebih dari 13,4 ribu cuitan hingga artikel ini ditulis.

Tak cuma ditunggu para pecinta bola, upacara pembukaan dari Piala Dunia 2022 Qatar juga ditunggu-tunggu oleh para penggemar BTS.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, #DreamersbyJungkook juga sempat menjadi trending dan dicuitkan oleh akun-akun penggemar K-Pop dan para penggemar BTS dengan lebih dari 919 ribu cuitan saat artikel ini ditulis.

Tweet #DreamersbyJungkook sendiri diunggah dalam rangka menyambut lagu baru berjudul "Dreamers" yang dirilis oleh Jungkook khusus untuk gelaran Piala Dunia tahun ini.

3 dari 4 halaman

Cara Pasang Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar di Kalender

La'eeb maskot Piala Dunia 2022 (sumber Twitter @FIFAWorldCup)

Bagi pecinta sepak bola, kamu tentu tidak akan mau melewatkan turnamen empat tahunan ini dan akan menjadi tontonan wajib.

Supaya tak ketinggalan pertandingan, kamu bisa memasang jadwal Piala Dunia 2022 Qatar lengkap di Google Calendar dengan menggunakan smartphone.

Lantas, bagaimana cara pasang jadwal Piala Dunia 2022 di Google Calender? Yuk, simak beberapa langkah mudahnya.

  1. Pertama-tama, kamu harus membuka situs web fixtur.es melalui tautan https://fixtur.es/en/fifa-world-cup-qatar
  2. Lalu, pilih opsi Google Calender. Login ke akun Google
  3. Izinkan akses kepada fixtur.es dengan klik 'Allow'
  4. Setelah langkah di atas selesai, kamu bisa menampilkan jadwal Piala Dunia 2022 di aplikasi Google Calendar dengan cara di bawah ini.
  5. Buka aplikasi Google Calendar dengan email yang dipakai saat menautkan jadwal
  6. Pilih 'Settings'. Gulir ke bawah, lalu pilih 'FIFA World Cup Qatar 2022'
  7. Tab tombol toggle 'Sync' ke arah ON atau hingga berwarna biru
  8. Kemudian, tekan 'Add a notification' untuk mengatur waktu pengingat
  9. Kamu bisa mengatur pengingat 10 menit atau sehari sebelum jadwal pertandingan berlangsung atau pilih 'Custom' sesuai keinginan

Mudah bukan? Dengan demikian, Google Calendar akan memberikan notifikasi atau e-mail pengingat sesuai waktu yang kamu pilih.

(Ysl/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Grup B Piala Dunia 2022

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS