Sukses

4 Tips Kece yang Wajib Dicoba Pengguna Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Liputan6.com, Bali - Samsung Galaxy Z Flip4 5G memiliki beberapa fitur menarik yang bisa dicoba oleh para penggunanya mulai dari Edge Panel, Multi Window, Flex Mode Panel, hingga Flexcam.

Nah, berikut ini empat tips fitur yang dapat dicoba untuk membuat pemakaian HP layar lipat yang satu ini jadi lebih optimal.

1. Edge Panel

Edge Panel adalah panel semi transparan di tepi layar, untuk memberikan akses cepat ke aplikasi, kontak, widget, hingga tools yang diinginkan, tanpa harus beberapa kali swipe terlebih dulu.

Lewat fitur ini, pengguna juga tidak perlu bolak-balik menu, home screen, atau app drawer terlebih dulu. Dengan Edge Panel, penggunaan multitasking juga dapat lebih praktis.

Contoh, pengguna HP layar lipat Samsung yang satu ini bisa membuka Edge Panel, lalu drag ikon Instagram di layar saat melakukan streaming video YouTube, lalu layar akan otomatis menjalankan Multi Window dalam mode Split Screen.

Pengguna juga bisa menambah satu lagi jendela aplikasi secara pop-up screen, sehingga total tiga aplikasi bisa dibuka.

Kustomisasi fitur ini juga dihadirkan dengan mudah. Edge Panel bisa ditempatkan di kanan bawah layar agar lebih dekat ke jempol kanan, sehingga lebih mudah dijangkau.

Transparansi, warna dan ukuran dari Edge Panel di Galaxy Z Flip4 5G, juga bisa diatur agar lebih sesuai untuk dilihat dan diakses pengguna dengan cara:

  • Buka Settings,
  • Pilih Display,
  • Pilih Edge Panel, dan
  • Pastikan toggle Edge Panel dalam keadaan aktif supaya kamu bisa menggunakannya 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Fungsi gesture yang lebih komprehensif

Samsung membawa fungsi gesture dalam Galaxy Z Flip4 5G, untuk membuat penggunaan perangkat jadi lebih praktis, termasuk dalam menjalani multitasking dengan lebih seamless.

Saat akan menggunakan fitur Multi Window, pengguna cukup melakukan swipe dua jari dari bagian bawah layar, lalu perangkat akan otomatis menjalankan mode split screen atau pop-up view.

Berikut cara menggunakan fungsi swipe gesture pada Multi Window di Galaxy Z Flip4 5G:

  • Buka Settings
  • Pilih Advanced Features
  • Pilih Labs dan aktifkan toggle Swipe for pop-up view dan Swipe for split screen
3 dari 4 halaman

3. Flex Mode Panel

Galaxy Z Flip4 5G juga memiliki fitur bernama Flex Mode Panel, yang ada di layar bagian bawah, tanpa mengganggu tampilan aplikasi yang dibuka di layar bagian atas.

Pengguna bisa cek notifikasi, ambil screenshot tampilan aplikasi yang sedang dibuka, mengatur kecerahan layar, serta mengatur volume dengan tap ikon dari tiap fungsi yang tersedia, tanpa membuka quick panel atau menekan tombol fisik.

Selain itu, Flex Mode Panel juga bisa dijadikan selayakanya touchpad.

Pengguna bisa melakukan scrolling saat browsing atau buka media sosial, zoom in-zoom out ketika membuka foto di gallery, hingga atur pemutaran video (play, pause, rewind, forward) dengan mudah dari Flex Mode Panel.

Fungsi ini pun bisa digunakan untuk berbagai aplikasi populer seperti browser, platform streaming, media sosial, video conference, dan aplikasi-aplikasi Samsung.

Berikut ini cara menggunakan Flex Mode Panel di Galaxy Z Flip4 5G:

  • Buka Settings
  • Pilih Advanced Features
  • Pilih Labs
  • Pilih Flex Mode Panel
  • Aktifkan toggle dari aplikasi yang ingin kamu pilih untuk mendukung Flex Mode Panel
  • Buka aplikasi pilihan kamu tadi lalu lipat perangkat sebagian dan Flex Mode Panel akan muncul

 

4 dari 4 halaman

4. Flex Mode untuk foto

Dengan Flex Mode, pengguna dapat lebih mudah mendapatkan angle atau sudut foto dengan lebih baik.

Untuk foto makanan sambil duduknya misalnya, pengguna cukup membuka kamera, mengatur Flex Mode di 90 derajat, geser viewfinder ke bagian bawah, lalu arahkan kamera ke makanan agar hasil foto dapat dilihat dengan lebih mudah.

Samsung Galaxy Z Flip4 5G sendiri dijual dengan harga Rp 13.999.000 (8GB/128GB), Rp 14.999.000 (8GB/256GB), dan Rp 16.999.000 (8GB/512GB) dalam pilihan warna Bora Purple, Graphite, Pink Gold, dan Blue.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS