Sukses

Crash Detection di iPhone 14 Terus-terusan Kontak 911 Saat Pengguna Naik Roller Coaster

Liputan6.com, Jakarta - Crash Detection adalah salah satu fitur yang baru diperkenalkan oleh Apple dalam acara peluncuran iPhone 14 pada awal September 2022.

Crash Detection merupakan fitur pendeteksi tabrakan mobil parah dimana perangkat milik pengguna akan menghubungi layanan darurat, jika mereka tidak merespon setelah 10 detik.

Penanggap darurat akan menerima lokasi perangkat pengguna, yang juga dibagikan dengan kontak darurat pengguna.

Ketika diluncurkan, Apple mengklaim fitur ini hanya akan aktif bila penggunanya sedang mengemudi dan mengalami tabrakan.

Karena itu, menjatuhkan ponsel ke lantai atau terjatuh di jalan pada biasanya fitur ini tidak akan aktif.

Namun lain cerita bila pengguna iPhone membawa ponsel mereka naik roller coaster, karena entah bagaimana fitur Crash Detection aktif di beberapa kejadian.

Dilansir Wall Street Journal, Senin (10/10/2022), kejadian ini terjadi di beberapa lokasi taman hiburan di seluruh Amerika Serikat.

Beberapa kasus Crash Detection di iPhone 14 terus-menerus kontak 911 ini juga terjadi di Kings Island dekat Cincinnati, dan Six Flags di New Jersey.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, ponsel milik pengunjung taman hiburan tersebut melakukan panggilan ke layanan darurat saat di atas roller coaster.

Karena sedang mengendari roller coaster, pemilik iPhone dan Apple Watch pun tidak dapat berbuat banyak hingga selesai naik wahana tersebut.

Beberapa meyakini, fitur Crash Detection ini aktif karena laju wahan roller coaster yang bergerak cepat tiba-tiba dan berhenti mendadak.

Karena hal ini, sensor di iPhone 14 series ini mendeteksi penggunanya telah terjadi kecelakaan berat dan butuh bantuan dari layanan darurat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Komentar Pihak Apple

iOS 16 Lockscreen (Photo by Penfer on Unsplash)

Lebih lanjut, juru bicara Apple mengatakan kepada Wall Street Journalal algoritme fitur Crash Detection ini sudah diuji "lebih dari jutaan jam data tabrakan."

Karena itu, fitur ini sangat akurat dalam hal mendeteksi tabrakan parah.

Mereka menyebutkan, Apple terus melakukan peningkatan di Crash Detection dari waktu ke waktu.

Walau tidak sempurna, Crash Detection sudah terbukti menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, baik dalam pengujian hingga di dunia nyata.

Sebelumnya, sebuah iPhone mendeteksi kasus tabrakan mobil yang mematikan di daerah terpencil dekat Lincoln, Nebraska,

Berkat fitur Crash Detection, pihak layanan darurat dapat mencari lokasi kecelakaan dengan cepat dan membantu korban.

3 dari 4 halaman

iPhone 14 Sudah Terpampang di Situs Apple Indonesia

iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Sederet perangkat terbaru Apple, termasuk jajaran iPhone 14, sudah dipajang di situs resmi Apple Indonesia apple.com/id, mengonfirmasi bahwa mereka akan dirilis di Tanah Air.

Selain lini iPhone 14 dan iPhone 14 Pro, terpajang juga keterangan dan deskripsi untuk perangkat terbaru Apple lainnya seperti AirPods Pro Generasi ke-2 dan Apple Watch Series 8 dan Apple Watch Ultra.

Beberapa fitur seperti deteksi kecelakaan dan panggilan darurat juga ditampilkan dalam deskripsi di iPhone 14. Hanya saja dalam keterangannya, fitur Emergency SOS ini menggunakan panggilan Wi-Fi atau koneksi seluler.

Di situs Apple Indonesia, iPhone 14 Pro membawa tagline utama "Semakin Pro", sementara iPhone 14 membawa tagline "Besar dan lebih besar."

Hingga artikel ini ditulis pada Sabtu (1/10/2022), belum ada informasi lebih lanjut di situs Apple Indonesia mengenai jadwal perilisan maupun harga resmi untuk iPhone 14 Series maupun gadget-gadget baru lainnya.

Namun, kamu sudah bisa melihat spesifikasi lengkap mengenai iPhone 14 Series yang akan dirilis untuk konsumen di Tanah Air.

Sebagai informasi, seri iPhone 14 telah resmi terdaftar dan mendapatkan sertifikat di Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kominfo.

Sebelumnya, deretan smartphone terbaru Apple ini sudah mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

4 dari 4 halaman

iPhone 14 Dapat Sertifikasi SDPPI dan TKDN

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Dalam situs Ditjen SDPPI di sertifikasi.postel.go.id, dikutip Senin (26/9/2022), tiga nama pemohon untuk perangkat-perangkat Apple ini yaitu PT Apple Indonesia, Mapple Mitra Adiperkasa, dan PT Erajaya Swasembada Tbk.

Nomor model HP iPhone 14 Series yang terdaftar juga sama dengan yang sudah terdaftar di situs TKDN.

Empat nomor model itu adalah A2882 (iPhone 14), A2886 (iPhone 14 Plus), A2890 (iPhone 14 Pro), dan A2894 (iPhone 14 Pro Max), seperti dikutip dari berbagai sumber.

Adapun, nomor sertifikat TKDN untuk produk-produk Apple ini bernomor 4615/SJ-IND.8/TKDN/9/2022, dengan semua jenis produk memiliki TKDN sebesar 35 persen.

Belum ada kisi-kisi maupun pengumuman resmi soal kapan iPhone 14 akan dijual di Tanah Air, serta spesifikasi untuk perangkat yang dijual di Indonesia dan berapa harga lokalnya.

Di 2021, iPhone 13 rilis di Indonesia pada bulan November. Merujuk waktu peluncuran ini, tidak menutup kemungkinan iPhone 14 juga akan diluncurkan di dalam negeri di waktu yang sama.

Perlu diingat, kita masih harus menunggu pengumuman resmi soal peluncuran iPhone 14 Series di Indonesia, baik dari situs resmi Apple maupun pihak authorized reseller, mengingat jadwal bisa berubah-ubah setiap waktu.

(Ysl/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS