Sukses

Google Translate Tutup Layanan di Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan menutup mesin penerjemah mereka, Google Translate, di wilayah Tiongkok daratan (Mainland China), membuatnya tak bisa diakses di daerah tersebut.

Dilaporkan Tech Crunch, dikutip Selasa (4/10/2022), saat pengguna mencoba memasukkan translate.google.cn akan menampilkan Google Search biasa, dan memberikan tautan ke Google Translate Hong Kong.

Google telah mengonfirmasi penghentian ini. Lewat juru bicaranya melalui email, perusahaan di bawah Alphabet ini mengklaim, keputusan tersebut dilakukan "karena penggunaan yang rendah."

Di Tiongkok, pengguna Google Translate dilaporkan masih kalah dari pengguna layanan penerjemah buatan raksasa teknologi dalam negeri seperti Baidu atau Alibaba.

Menurut South China Morning Post, platform analisis Similarweb mencatat, Google Translate Tiongkok mendapatkan 53,5 juta klik dari pengguna desktop dan seluler yang digabungkan, pada bulan Agustus 2022.

Google sendiri masuk ke Tiongkok pada tahun 2006, dengan versi mesin pencari yang taat pada sensor pemerintah. Namun, mereka lalu menutup Google Search di Tiongkok Daratan.

Hal ini setelah munculnya rekaman di YouTube, yang menunjukkan pasukan keamanan Tiongkok memukuli orang Tibet. Sebagai respon, pemerintah pun memerintahkan peretasan dan pemblokiran layanan Google.

Google dilaporkan sempat akan merilis kembali Google Search di Tiongkok pada 2018 dan 2019, dengan kode nama Dragonfly, yang akan menyensor hasil dan mecatat lokasi pengguna, serta riwayat penjelajahan internet mereka.

Namun, rencana ini batal setelah konflik di dalam Google yang dipimpin oleh tim privasi perusahaan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Fitur Pengajuan Hapus Data Pribadi di Pencarian

Di sisi lain, Google sempat mengumumkan bakal meluncurkan fitur yang memungkinkan seseorang untuk menghapus hasil penelusuran yang berisi kontaknya, atau informasi lain yang merupakan data pribadi.

Kabarnya, fitur ini sudah mulai dirilis Google ke beberapa pengguna secara terbatas di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Namun, tools ini belum tersedia secara luas di semua pengguna.

Mengingat baru saja digulirkan secara terbatas, pengguna Google secara luas, termasuk di Indonesia, tampaknya masih harus menunggu dan memantau jika tools ini sudah resmi bisa digunakan untuk semua.

Dilansir 9to5Google, dikutip Jumat (23/9/2022), untuk beberapa pengguna yang sudah mendapatkan tools ini, bisa menemukannya dengan membuka aplikasi Google di Android, dan mengetuk avatar profilnya di sudut kanan atas.

Nantinya, akan ada muncul menu item "Results about you." Ini membawa pengguna ke laman yang menjelaskan bagaimana mereka bisa meminta Google menghapus hasil penelusuran berisi nomor telepon, alamat rumah, email, atau data pribadi lain.

 

3 dari 4 halaman

Alasan Permintaan Penghapusan

Jika pengguna menemukan sesuatu saat browsing, klik menu tiga titik yang muncul di sudut kanan atas di tiap hasil pencarian. Panel About this akan terbuka dengan "Remove result" baru yang muncul di bagian bawah layar.

Setelah melakukan langkah itu, pengguna Google bisa memantau progres penghapusan dari Result about you. Selain feed "All requests", pengguna juga dapat menemukan filter seperti "In progress" dan "Approved."

Laman ini juga memungkinkan pengguna membuat pengajuan permintaan baru dengan panduan berisi "Why would you like to remove this result?" yang menanyakan mengapa Anda ingin menghapus hasil tersebut.

Adapun, pilihannya meliputi karena pencarian tersebut menunjukkan:

  • info kontak pribadi
  • kontak dengan maksud untuk menyakiti pengguna
  • info pribadi lainnya
  • info ilegal
  • info sudah tidak berlaku (outdated).

 

4 dari 4 halaman

Baru Dirilis ke Segelintir Pengguna di Eropa dan AS

Dalam pengumumannya di I/O beberapa pada Mei 2022, Google mengatakan alat ini akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang, meski saat ini diketahui baru dirilis untuk beberapa pengguna di Eropa dan AS.

Google saat itu juga mengatakan, saat mereka menerima permintaan penghapusan, mereka akan mengevaluasi semua konten di laman web, demi memastikan tidak ada pembatasan informasi yang berguna secara luas, seperti artikel berita.

"Dan tentu saja, menghapus informasi kontak dari Google Penelusuran tidak menghapusnya dari web, itu sebabnya Anda mungkin ingin menghubungi situs hosting secara langsung, jika Anda merasa nyaman melakukannya," kata mereka.

Untuk saat ini, pengguna dapat meminta penghapusan data pribadi di Google melalui pengajuan di laman: https://support.google.com/websearch/answer/9673730

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google Terjemahan dalam bahasa Inggris Google Translate, adalah layanan penerjemahan statistik dan neural machine gratis multibahasa.
    Google Translate
  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.
    Google
  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    China
  • tiongkok
  • Translate