Sukses

Apple Mau Naikkan Harga dan Langganan Aplikasi di App Store

Liputan6.com, Jakarta - Apple menyebut bakal menaikkan harga aplikasi dan in-app purchase (IAP) di toko aplikasi App Store bulan depan. Adapun kenaikan tarif dan harga aplikasi Apple ini akan diberlakukan di pasar Apple di Eropa dan sejumlah negara di Asia dan Amerika Selatan.

Mengutip Reuters, Kamis (22/9/2022), harga baru ini tidak termasuk langganan yang dapat diperbarui secara otomatis. Menurut blog Apple, kenaikan harga aplikasi tersebut berlaku mulai 5 Oktober 2022.

Raksasa teknologi AS ini memang secara berkala menyesuaikan harganya di berbagai wilayah dan mengurangi harga untuk negara-negara zona euro tahun lalu, guna menyesuaikan mata uang dan pajak.

Sekadar informasi, kondisi inflasi, suku bunga, dan harga energi telah memukul yen, euro, dan sebagian besar mata uang ekonomi negara berkembang. Euro sendiri turun ke posisi terendah tahun ini.

Selain negara-negara Eropa berbasis Euro, kenaikan harga aplikasi dan langganan aplikasi juga melanda Swedia dan Polandia, Jepang, Malaysia, Pakistan, Korea Selatan, Vietnam, dan Chili.

Sementara di Vietnam, kenaikan harga disebabkan oleh peraturan baru terkait pemungutan pajak dari konsumen.

Apple yang sebelumnya meluncurkan iPhone generasi terbaru awal bulan ini, telah mengembangkan bisnis layanannya untuk mengurangi ketergantungan pada bisnis smartphone mereka.

Pendapatan dari bisnis layanan Apple, termasuk di dalamnya App Store meningkat drastis beberapa tahun terakhir dan kini mencapai angka USD 20 miliar per kuartal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Update Seluruh Aplikasi Otomatis di iOS 16

Apple menggulirkan update software iOS 16 ke pengguna iPhone di seluruh dunia. Berbagai fitur dihadirkan di sistem operasi versi terbaru Apple ini.

Dengan update iOS 16, Apple ingin membuat berbagai hal makin mudah untuk pengguna iPhone. Salah satunya dalam meng-update aplikasi-aplikasi iPhone.

Pasalnya bagi sebuah smartphone, aplikasi adalah hal yang membuat ponsel jadi berguna, termasuk iPhone. Tanpa aplikasi, pengguna tidak bisa mengeksplor iPhone mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan aplikasi selalu up-to-date atau menggunakan versi terbaru. Selain untuk menjamin keamanan, update aplikasi juga memastikan fitur terbaru bisa dinikmati.

Untungnya iPhone bisa secara otomatis meng-update seluruh aplikasi untuk pengguna. Pengguna juga bisa memperbarui aplikasi mereka satu per satu secara manual.

Berikut cara update seluruh aplikasi secara otomatis di iOS 16:

1. Buka Setting di Home Screen iPhone

2. Scroll ke bawah dan ketuk App Store

3. Di bawah sesi Automatic Downloads, geser slider ke kanan (hingga warna hijau) untuk melakukan App updates

3 dari 3 halaman

Cara Update Aplikasi iPhone Secara Manual

Cara update manual aplikasi di iOS 16:

1. Masuk ke App Store di Home Screen iPhone

2. Click ikon profil Anda di sudut kanan atas

3. Pengguna bisa melihat apakah ada update yang tersedia untuk aplikasi-aplikasi yang terpasang di iPhone

4. Pengguna bisa memperbaruinya satu per satu dengan mengklik tombol Update di sebelah aplikasi

5. Pengguna bisa memperbarui semua aplikasi dengan mengklik opsi Update all berwarna biru tepat di bawah judul upcoming automatic updates

6. Pengguna kini bisa menikmati fitur baru dan update keamanan pada aplikasi. Ulangi proses ini di masa mendatang jika perlu.

(Tin/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS