Sukses

Apple Rilis WatchOS 9 Beserta Update Fitur Fitness dan Kesehatan

Kehadiran WatchOS 9 membawa fitur-fitur terbaru dan meningkatkan pengalaman pemakaian perangkat, seperti fitur yang mendukung kesehatan dan fitness.

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis software terbaru untuk Apple Watch, WatchOS 9 pada Senin lalu (12/9/2022). Kehadiran WatchOS 9 membawa fitur-fitur terbaru dan meningkatkan pengalaman pemakaian perangkat, seperti fitur yang mendukung kesehatan dan fitness.

Perusahaan memperbarui aplikasi Workout, advanced metric, juga pengalaman training yang akan membantu penggunanya melakukan workout ke level yang lebih tinggi.

Selain itu, software Apple Watch ini memperkenalkan empat wajah baru, yaitu Lunar, Playtime, Metropolitan, dan Astronomi.

Pembaruan software membawa peningkatan kepada beberapa tampilan jam, seperti Utility, Simple, dan Aktivitas Analog, bersama dengan kemampuan mengedit warna background untuk Modular, Modular Compact, dan X-Large untuk mempersonalisasi tampilan.

Fitur kesehatan dan fitness sebenarnya sudah ada menjadi fitur di seri software sebelumnya, tetapi masih banyak kekurangan. Kekurangan tersebut kini diperbaiki dan ditingkatkan perusahaan dengan hadirnya WatchOS 9.

Model Apple Watch yang kompatibel untuk mengunduh software ini adalah sebagai berikut.

1. Apple Watch Series 4

2. Apple Watch Series 5

3. Apple Watch SE (2020)

4. Apple Watch Series 6

5. Apple Watch Series 7

6. Apple Watch SE (2022)

7. Apple Watch Series 8

8. Apple Watch Ultra

Sebelum mengunduh WatchOS 9, pengguna membutuhkan iPhone yang sudah menggunakan software iOS 16.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Install WatchOS 9

Pemasangan WatchOS 9 bisa dilakukan melalui iPhone atau langsung melalu perangkat Apple Watch, lalu pastikan perangkat tempat memasang sofware sudah terpasang koneksi Wi-Fi, baterai minimal 50 persen, dan iPhone sudah menggunakan iOS 16.

Pertama pengguna bisa masuk ke aplikasi Apple Watch App dan ketuk pilihan My Watch tab. Setelah itu akan muncul menu, pilih opsi General lalu Software Update. Jika update software tersedia, pengguna dapat langsung mengunduhnya dengan memilih Download.

Jika mengunduh menggunakan Apple Watch, pastikan perangkat sudah terkoneksi Wi-Fi. Pergi ke aplikasi Settings dan ketuk General. Pilih menu Software Update lalu Install.

Proses pengunduhan software akan memakan waktu sekitar satu jam. Oleh karena itu, pastikan perangkat memiliki baterai yang cukup dan perangkat sedang tidak digunakan.

Pengguna juga memiliki pilihan untuk menginstal software pada malam hari sehingga tidak mengganggu aktivitas.

3 dari 5 halaman

Aplikasi Fitness dan Kesehatan di WatchOS 9

Aplikasi Workout

Apple memperbarui sistem aplikasi Workout pada Apple Watch. Kini fitur tersebut dapat menampilkan lebih banyak status data statistik dan pengguna dapat memutar Digital Crown ke tampilan berbeda, seperti Heart Rate Zone, Activity Ring, dan Power and Elevation.

Aplikasi Kompas

Desain aplikasi Kompas yang sudah update membuatnya bisa menampilkan tampilan hybrid, termasuk kompas analog sederhana yang menunjukkan arah dan haluan, serta kompas digital. Pengguna juga bisa melihat informasi navigasional, seperti latitude, longitde, elevation, dan incline. Terdapat juga fitur Waypoint dan Backtrack yang ditenagai GPS.

In-Depth Running Metrics

Pengguna Apple Watch dapat melacak metriks terbaru sepert Ground Contact Time, Stride Length, dan Vertical Oscillation ketika sedang berlari untuk meningkatkan bentuk tubuh mereka. Beberapa metriks ini juga bisa ditambahkan ke tampilan Workout atau melihatnya sebagai ringkasan di aplikasi Fitness atau Health.

Fitur Fitness+

Selagi menjalankan aktivitas fitness, pengguna kini bisa melihat rekaman detak jantung, kalori, dan Burn Bar secara langsung di layar TV dan Apple Watch. Terdapat fitur "trainer callouts" yang akan menampilkan frasa penyemangat untuk mendorong pengguna meningkatkan aktivitas olahraganya.

Sleep Stages

Aplikasi ini nantinya akan menampilkan tahapan tidur pengguna melalui diagram. Dengan memanfaatkan sensor detak jatung dan akselerometer yang terdeteksi Apple Watch. Perangkat akan mengidentifikasi situasi tersebut ketika pengguna berada di tahapan REM, Core, dan Deep sleep.

Pengguna bisa memeriksa hasil pelacakan setiap pagi bersama dengan catatan lain yang berkaitan dengan kesehatan melalui aplikasi Health.

 

4 dari 5 halaman

Fitur Medication

Salah satu fitur dari aplikasi Health adalah Medication tab. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat jadwal pengobatan dan mengatur pengingat untuk minum obat. Pengingat nanti akan muncul dalam bentuk notifikasi di Apple Watch.

Melacak Catatan AFib

Fitur ini bisa digunakan untuk mencatat riwayat AFib ketika pengguna menderita fibrilasi atrium dan melacak kondisi kesehatannya. Pengguna dapat melihat perkiraan seberapa sering jantung menunjukkan tanda-tanda AFib, serta mengetahui bagaimana aktivitas seperti olahraga atau tidur memengaruhi AFib.

Catatan lengkap dari fitur ini dapat dilihat di aplikasi Helath Apple Watch. Perusahaan menyatakan bahwa fitur ini sudah menerima beberapa izin dan persetujuan lokal dari otoritas kesehatan dan akan tersedia di lebih dari 100 negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Hong Kong, Meksiko, Afrika selatan, Inggris, dan lainnya.

Fitur Pendeteksi Suhu (Hanya ada di Apple Watch Series 8 dan Ultra)

Temperature Sensing hanya hadir di dua perangkat Apple Watch terbaru, Apple Watch Series 8 dan Apple Watch Ultra. Kedua perangkat memiliki dua sensor pendeteksi suhu, satu sensor terletak di bagian bawah perangkat yang mendapat kontak kulit pengguna, satu lagi pada layar perangkat.

Apple Watch akan mencatat perubahan suhu melalui suhu pergelangan tangan pengguna, ini untuk mendeteksi adanya perubahan yang menjadi tanda-tanda pengguna mengalami demam atau kelelahan. Fitur ini juga menjadi salah satu yang membantu melacak periode menstruasi di aplikasi Health.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini