Sukses

4 Fitur iPhone 14 yang Sudah Lama Hadir di Android

Fitur video stabilization dan display always-on di iPhone 14 ini sudah lama menjadi fitur di Android.

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah memperkenalkan seri iPhone 14 dengan berbagai fitur terbaru. Akan tetapi, beberapa fitur baru tersebut sudah hadir lebih dulu di Android.

Para pengguna iPhone yang berinvestasi sepenuhnya pada produk Apple mungkin tidak menyadari fitur-fitur tersebut sudah dinikmati pengguna Android sejak lama.

Berikut ini empat teknologi baru yang dimiliki iPhone, tetapi sudah lama ada di Android.

1. Kamera Depan Berbentuk Pill-Shaped

 

Desain kamera depan paling umum yang dimiliki beberapa generasi iPhone terakhir memiliki bentuk notch besar yang menempel di bagian atas layar.

Namun, untuk desain kamera depan model iPhone 14 Pro, Apple mengubah desainnya menjadi berbentuk pil panjang dan terpisah dengan pinggiran atas layar.

Tampilan notch pertama kali muncul sebagai desain kamera depan dari iPhone X yang rilis di 2017. Sejak perubahan yang dilakukan Apple tersebut, berbagai perusahaan Android berusaha melakukan hal yang sama dengan memperkecilkan luas ruang notch yang diisi oleh kamera depan.

Dari sini, beberapa Android juga sudah mulai melepas notch dari pinggiran layar perangkat dan membuatnya berbentuk seperti hole-punch yang hanya diisi kamera depan.

Inovasi tampilan kamera depan juga tidak sebatas sampai di sini. OnePlus 7 Pro misalnya, Android ini memiliki kamera depan yang yang tersembunyi di sisi atas layar.

Kamera depan OnePlus 7 Pro mempunyai teknologi yang membuat kamera depan muncul dari atas layar dan bisa dimasukka kembali jika tidak digunakan. Teknologi ini membuat layar perangkat tampil tanpa ada yang menghalangi.

Tampilan kamera depan terbaru lainnya ada di perangkat Samsung Galaxy Z Fold 4. Pada seri Galaxy Z kali ini, Samsung mengembangkan desain kamera depan menjadi tak terlihat atau under-display.

Desain ini membuat kamera depan tidak terlihat di permukaan layar, sebab diletakkan di belakang layar dan membuat tampilan layar menjadi tidak terhalangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tampilan Always-On

Display Always-On juga sudah menjadi fitur Android sejak lama. Always-On membuat layar ponsel akan menampilkan informasi seperti notifikasi, waktu, atau kalender agar tetap menyala di layar ponsel tanpa diketuk atau disentuh.

Fitur ini sudah menjadi standar bagi beberapa perusahaan Android. Seperti ponsel Lumia Windows yang dirilis di 2013, dan LG yang sudah menggunakan fitur tersebut pada perangkat smartwatchnya sebelum lama Samsung.

 

3 dari 5 halaman

3. Pixel Binning

Perangkat Android seperti Samsung Galaxy S21, Xiaomi Mi 11 Ultra, dan OnePlus 9 sudah mempunyai teknologi ini sebelum iPhone.

Untuk meningkatkan kinerja kamera ketika mengambil gambar dalam keadaan kurang cahaya, mereka mengumpulkan pixel-pizel untuk membentuk satu pixel besar. Inilah yang disebut Pixel Binning.

Pixel Binning memungkinkan sensor perangkat untuk memproses cahaya yang diterima seiring mengatasi hasil resolusi agar tetap tinggi.

iPhone 14 Pro menjadi iPhone pertama yang memiliki kamera dengan 48-megapixel. Teknologi ini belum dimiliki oleh model iPhone terdahulunya, seperti iPhone 13 Pro dan mode iPhone 14 reguler.

Oleh karena itu, Vitor Silva, sebagai manajer produk Apple menyampaikan bahwa ini merupakan teknologi kamera terbaru yang hadir di iPhone.

 

4 dari 5 halaman

4. Video Stabilization

Action Mode merupakan fitur untuk menstabilkan proses rekaman video yang hadir di seluruh model iPhone 14. Mode ini memungkinkan penggunanya merekam video yang stabil, meskipun sedang berlari.

Fitur ini juga telah dimiliki oleh beberapa perusahaan Android sebelumnya. Untuk mengurangi intensitas goyangan yang terekam dan membuat video tampak lebih stabil.

Walaupun tidak seperti kamera Go-Pro, kualitas fitur Active Stability dan mode Super Steady milik Samsung Galaxy S20 dan Google Pixel 5 membuat video yang dihasilkan Android tersebut menjadi lebih baik.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.