Sukses

Blibli Ungkap Strategi Penuhi Kepuasan Pelanggan dan Jalankan Bisnis Berkelanjutan

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang perayaan ulang tahun yang ke-11, platform e-commerce Blibli memastikan kesiapan operasional perusahaan, dalam memenuhi pesanan demi menjamin kepuasan pelanggan dalam pengalaman berbelanja.

Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli mengatakan, dalam 11 tahun perjalanannya, mereka "terus memberikan kualitas produk, layanan, yang berkelanjutan disertai inovasi tanpa kompromi yang berpusat pada kepuasan pelanggan."

"Didukung dengan komitmen dalam memberikan pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli, kami pun menghadirkan sistem operasional yang prima dan terpadu, termasuk di bidang logistik, agar pelanggan bisa menikmati pengalaman retail terbaik tiap memenuhi kebutuhannya sehari-hari," kata Lisa.

Platform e-commerce ini lebih lanjut mengungkapkan, ada beberapa strategi yang dilakukan oleh mereka, untuk memperkuat komitmen excellence operations dan sustainability mereka.

Lisa dalam siaran persnya, ditulis Sabtu (23/7/2022), mengatakan, Blibli menjamin setiap pesanan dikirim dengan aman dan cepat untuk menjaga barang tetap dalam kualitas terbaik sampai di tangan pelanggan.

Di sini, Blibli mengklaim telah menjalankan salah satu layanan logistik terbaik di industri melalui solusi Fulfillment by Blibli, yang memiliki 14 warehouse atau gudang, yang beroperasi lebih dari 24 jam, dengan total luas lebih dari 130 ribu meter persegi.

Perusahaan E-commerce itu juga menyediakan 33 hubs, serta armada pengiriman BES Paket berisi lebih dari 750 tenaga profesional dan berpengalaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejumlah Inovasi

Dalam menyediakan layanan logistiknya, Blibli juga menghadirkan sejumlah inovasi berupa layanan bernilai tambah seperti gratis ongkir, solusi pengiriman 2 Jam Sampai, trade-in dan scheduled delivery, hingga kebijakan retur dengan rentang waktu sampai 15 hari.

Perusahaan di bawah Grup Djarum ini juga menggandeng 20 mitra logistik, untuk memberi pilihan metode pengiriman yang lebih luas bagi pelanggan.

Blibli juga menyatakan komitmen mereka terhadap bisnis yang berkelanjutan atau sustainable business, dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan mengurangi gas rumah kaca seperti CO2 hingga 29 persen pada 2030 sesuai Paris COP 21.

Hal itu dilakukan salah satunya lewat Program LCEV (Low Carbon Electric Vehicle), untuk mencapai bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23 persen pada 2025 dan 31 persen di 2030, serta mendorong industri otomotif memproduksi kendaraan bermotor sesuai tren global.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Perkenalkan E-Bike

Blibli pun mengatakan, mereka mendukung upaya untuk menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan, dengan menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di setiap operasional yang dilakukan.

Blibli telah menjalankan kegiatan logistik yang ramah lingkungan melalui desain warehouse yang hemat listrik, penggunaan e-forklift, pengelolaan air secara efisien dengan rain water tank, serta pemanfaatan limbah kardus yang didaur ulang menjadi wrapping paper.

Selain itu, Blibli juga memperkenalkan e-bike yang ramah lingkungan, yang akan mendukung kegiatan operasional perusahaan. Penyediaan e-bike ini merupakan hasil kerja sama dengan Smoot Motor Indonesia.

"Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat bersama-sama memberi dampak berkelanjutan terhadap lingkungan," kata Lisa.

"Sebagai omnichannel commerce dengan prinsip sustainable business, Blibli berkomitmen untuk mengimplementasi paham ESG di setiap operasional perusahaan sekaligus memperkuat operational excellence kami," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Blibli Gandeng NCT 127 Jadi Brand Ambassador Baru

Sebelumnya, Blibli resmi menggandeng boyband kenamaan asal Korea Selatan, NCT 127, sebagai brand ambassador terbaru. Pengumuman ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun ke-11 Blibli di bulan ini.

NCT 127 dipilih karena dianggap mampu membuat Blibli kian dekat dengan para pelanggan. Terlebih, pelanggan Blibli kini didominasi kaum milenial maupun Gen Z, yang mana tidak sedikit dari mereka menyukai K-Pop.

Selain itu, menurut CMO Blibli, Edward Kilian Suwignyo, NCT 127 juga disebut memiliki sharing values yang serupa dengan Blibli. Hal itu ditunjukkan dengan NCT yang telah berhasil memenangkan penghargaan Daesang pertama dalam ajang Seoul Music Award 2022.

"Perjalanan NCT 127 dalam memberikan karya terbaik bagi fans hingga mendapat pencapaian tertinggi, sejalan dengan komitmen dan upaya Blibli yang selalu memberikan pengalaman dan layanan terbaik untuk para pelanggan," tuturnya siaran pers yang diterima, Rabu (6/7/2022).

Nantinya, NCT 127 juga kan tampil di live show ulang tahun Blbili pada 24 Juli 2022.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.