Sukses

Harga Telegram Premium di Indonesia Diungkap, Rp 73 Ribu per Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Telegram pada 19 Juni 2022 secara resmi meluncurkan layanan berbayar mereka yaitu Telegram Premium, bersamaan dengan perayaan 700 juta pengguna aktif bulanan aplikasi tersebut.

Mengutip siaran persnya, Selasa (21/6/2022), perusahaan mengatakan Telegram Premium sudah tersedia dengan mengunduh versi 8.8 dari aplikasi ini di iOS, Android, macOS, dan Windows.

Sementara untuk harga Telegram Premium, perusahaan mengungkapkan pengguna di Indonesia bisa mengakses layanan Premium dengan membayar Rp 73 ribu sampai Rp 79 ribu per bulannya.

Telegram menegaskan, di samping memberikan fitur eksklusif bagi pelanggan berbayarnya, mereka akan terus mengembangkan aplikasi dengan fitur-fitur baru yang dapat diakses oleh para pengguna gratis.

Bersamaan dengan dihadirkannya Telegram Premium, perusahaan besutan Pavel Durov ini juga melakukan pembaruan fitur dalam aplikasi yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya.

Beberapa fitur itu di antaranya join request untuk grup publik, tampilan animasi yang menunjukkan progres saat berbagi file dari aplikasi lain ke Telegram (external sharing), deskripsi yang lebih jelas untuk bot, dan lain-lain.

Rilis terbaru aplikasi Telegram juga menyediakan lebih dari 100 penyempurnaan dan optimalisasi bagi aplikasi Telegram di berbagai platform mobile dan desktop.

Penyempurnaan ini diklaim Telegram akan mempercepat jalannya aplikasi dan menyediakan sejumlah perbaikan terhadap fitur-fitur tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Opsi Berlangganan Telegram Premium

"Kontribusi dari para pengguna yang berlangganan Telegram Premium memastikan Telegram dapat terus mendorong pengembangan aplikasi dalam jangka panjang, serta tetap membuat Telegram tersedia secara gratis dengan seluruh fitur-fitur yang sudah ada selama ini," kata perusahaan.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com setelah memperbarui aplikasi Telegram ke versi terbaru, kamu dapat menemukan opsi untuk Premium dengan masuk ke menu Pengaturan atau Settings.

Lalu, gulirkan ke bawah menu untuk menemukan tulisan dan logo Telegram Premium. Nantinya, akan terdapat opsi untuk "Berlangganan Rp 73.000 per bulan."

Saat kamu menekan opsi berlangganan, kamu akan dibawa ke menu untuk menambahkan metode pembayaran.

3 dari 4 halaman

Fitur untuk Pelanggan Telegram Premium

Berikut ini beberapa fitur yang akan bisa diakses oleh pengguna apabila mereka berlangganan Telegram Premium:

  • Batas unggahan file yang digandakan menjadi 4GB per file, sementara pengguna gratis akan tetap dapat mengunggah file dengan batas maksimal 2GB per file.
  • Fitur mengunduh media dan file dengan kecepatan unduhan maksimal.
  • Peningkatan batasan akses bagi pengguna Telegram Premium, termasuk di antaranya batas untuk mengikuti channel sebanyak 1.000 channel (500 untuk pengguna gratis), membuat 20 chat folder (10 untuk pengguna gratis) dengan masing-masing 200 chat (100 untuk pengguna gratis), memiliki empat akun untuk satu aplikasi Telegram, melakukan pin 10 chat (5 untuk pengguna gratis), dan 10 stiker favorit (5 untuk pengguna gratis).
  • Melakukan transkripsi (konversi dari pesan suara menjadi teks) untuk pesan suara yang diterima pengguna dari lawan bicaranya.
  • Berbagai stiker unik, termasuk stiker dengan animasi sepenuh layar yang akandiperbarui setiap bulannya oleh para desainer Telegram.
  • Berbagai reaksi premium unik dengan lebih dari 10 emoji baru.
  • Pengelolaan chat yang lebih mudah, termasuk pengaturan chat folder (dapatmenggunakan folder standar atau folder yang telah dikustomisasi).
  • Berbagai pengaturan baru pada menu Privasi dan Keamanan, termasuk untuk secara otomatis mengarsipkan dan menyenyapkan (mute) pesan baru.
  • Pengguna Telegram Premium dapat memasang video untuk digunakan sebagai fotoprofil beranimasi. Video profil pengguna Premium dapat dilihat oleh semua pengguna aplikasi.
  • Identitas pembeda (special badge) sebagai anggota Telegram Premium, yang akan muncul di sebelah nama pengguna dan muncul di seluruh interface aplikasi.
  • Berbagai ikon unik yang dapat dipilih oleh pengguna untuk home screen pada perangkat pintar pengguna.
  • Tidak ada iklan dan pesan sponsor (sponsored message) pada kanal-kanal yang ada.

 

4 dari 4 halaman

Telegram Premium Dipastikan Meluncur Akhir Juni 2022

Sebelumnya, Telegram Premium dipastikan akan meluncur ke seluruh pengguna aplikasi di Android dan iOS pada Juni 2022.

Kabar ini dikonfirmasi oleh CEO dan pendiri aplikasi, Pavel Durov. Lewat kanal Telegram miliknya, Durov mengonfirmasi layanan ini akan hadir akhir bulan ini.

Durov memastikan, pengguna saat ini tidak akan melihat perubahan besar terhadap pengalaman mereka saat pakai Telegram. "Semua fitur yang ada tetap gratis."

"Setelah memikirkannya, kami menyadari agar pengguna setia mendapatkan lebih sambil menjaga fitur saat ini tetap gratis adalah dengan menaikkan batasan sebagai opsi berbayar,” tulis Durov di kanal Telegram-nya, Sabtu (11/6/2022).

Sayangnya, Durov tidak mengungkap lebih lengkap tentang berapa harga Telegram Premium jika pengguna ingin berlangganan.

(Dio/Ysl)