Sukses

Ulang Tahun ke-27, Telkomsel Mau Terus Majukan Ekosistem Digital Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel telah berusia 27 tahun. Perusahaan telko pelat merah ini merayakan hari jadinya pada 26 Mei 2022. Di usianya yang kian dewasa, Telkomsel terus beradaptasi dan menghadirkan perubahan yang membawa dampak positif bagi Indonesia.

Telkomsel juga terus berupaya memajukan ekosistem digital dengan memanfaatkan teknologi terbarukan.

Perusahaan berupaya membuka peluang bagi masyarakat, guna mengoptimalkan potensi di berbagai aspek kehidupan. Hal ini diterapkan dengan tiga pilar digital, yakni sebagai digital connectivity, digital platform, dan digital service.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengapresiasi masyarakat yang telah 27 tahun percaya kepada Telkomsel untuk mendampingi mereka dalam tiap fase kehidupan.

"Telkomsel berupaya hadir melalui berbagai solusi dan perubahan nyata yang mendukung masyarakat terus bergerak maju terutama saat menghadapi pandemi dalam dua tahun terakhir," kata Hendri, dikutip dari keterangan Telkomsel.

Telkomsel, kata Hendri, berkomitmen yerus memajukan ekosistem digital dengan menghadirkan lebih banyak solusi inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital terkini.

Bicara pencapaiannya selama 27 tahun terakhir, Telkomsel kini melayani 175 juta pelanggan dengan jumlah BTS mencapai 247.000 unit BTS. Di mana, sebagian besarnya sudah terkoneksi teknologi 4G LTE dan menjangkau lebih dari 96 persen wilayah populasi Indonesia.

Sebagai perusahaan telko digital, kini bisnis digital Telkomsel berkontribusi lebih dari 79 persen dari total pendapatan perusahaan.

Di usianya yang ke-27, Telkomsel mengusung empat pilar komitmen kemajuan, yakni progress, transformation, collaboration, dan expansion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Berprogres dan Bertransformasi

Pada pilar progress, Telkomsel terus menjalankan upaya berkelanjutan agar tetap relevan di berbagai perubahan di mastarakat, yang pada akhirnya berdampak positif pada keberlangsungan bisnis. Tahun lalu, Telkomsel menggabungkan seluruh brand prabayar (Simpati, Kartu As, dan Loop) menjadi Telkomsel PraBayar.

Telkomsel juga menghadirkan produk Telkomsel Orbit yang menyasar segmen pengguna internet keluarga.

Perusahaan juga dalam proses meningkatkan jaringan 3G ke 4G seluruhnya agar layanan 4G bisa lebih diakses seluruh pelanggan data di Indonesia.

Tahun lalu, Telkomsel juga menjadi perusahaan telko yang menggelar 5G pertama di Indonesia. Kini, di sejumlah titik, pengguna sudah bisa menikmati layanan 5G di lebih dari 9 kota besar di Indonesia.

Pada pilar transformation, Telkomsel bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Komitmen ini diwujudkan dengan menghadirkan berbagai inovasi solusi layanan, platform berbasis bisnis.

Mulai dari layanan digital (Maxstream, LangitMusik, dan Dunia Games). Lalu ada MyTelkomsel, LinkAja sebagai layanan finansial mobile, Telkomsel Redi sebagai layanan perbankan digital, hingga periklanan digital melalui Tadex, Location Based Advertising, dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Terus Berkolaborasi dan berekspansi

Telkomsel juga menghadirkan solusi digial UMKM melalui 99 persen Usahaku hingga solusi bisnis untuk segmen enterprise seperti CloudX, NB-IoT, FleetSight Management, dan lainnya. Telkomsel belum lama ini juga merilis Telkomsel PayLater hasil kolaborasinya dengan Kredivo.

Pada pilar collaboration, Telkomsel terus berkolaborasi untuk mengembangkan layanan yang makin dinamis. Kolaborasi dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari perbankan, pelaku bisnis digital, kerja sama dengan penyedia OTT, dan dalam bidang strategic investment.

Terakhir di pilar expansion, perusahaan terus meluncurkan sejumlah inisiatif mempertegas langkah perusahaan mengembangkan bisnis di industri digital. Salah satunya dari kehadiran Indico, yang merupakan holding company bagi tiga perusahaan digital Telkomsel, yakni aplikasi Fita, Kuncie, dan Majamojo yang bergerak di sektor mobile gaming.

Sebagai upaya memeriahkan hari jadi ke-17, Telkomsel bakal menggelar sejumlah kegiatan dan program spesial, seperti Customer Day dan Telkomsel Awards 2022. Customer Day adalah program untuk pelanggan yang diselenggarakan di Bandung, Surabaya, Palembang, dan Makassar.

Sementara, Telkomsel Awards merupakan apresiasi pada insan yang menginspirasi karya dan prestasi. Mulai dari bidang musik, film, hingga esports yang memberikan dampak positif bagi bangsa.

(Tin/Ysl)