Sukses

3 Langkah Mudah Cari Lokasi ATM BCA Terdekat dengan HP

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai lokasi ATM BCA kini sudah dapat dengan mudah diakses, cukup dengan HP atau smartphone. Nasabah juga tidak perlu memasang aplikasi khusus dan hanya mengandalkan apa yang sudah tersedia di perangkatnya.

ATM BCA biasanya menjadi sarana bagi nasabah untuk melakukan beragam transaksi, baik tunai dan nontunai. Dengan ATM pula, nasabah kini juga dimungkinkan untuk melakukan setor tunai.

Sejumlah transaksi pun bisa dilakukan di ATM, mulai dari membayar tagihan termasuk melaukan transfer. Nah, bagi nasabah yang ingin mencari lokasi ATM BCA terdekat berbekal HP saja, simak langkah-langkahnya berikut ini :

Cari Lewat Google Maps

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencari lokasi ATM BCA terdekat adalah menggunakan aplikasi Google Maps. Cara ini terbilang mudah karena aplikasi Google Maps sudah menjadi andalan pengguna smartphone saat ini, serta di perangkat Android merupakan aplikasi bawaan.

Untuk melakukan pencarian, kamu tinggal menuliskan ATM BCA di kolom pencarian di Google Maps. Setelahnya, hasil penelusuran ATM terdekat akan muncul, berikut informasi lokasi, jarak, termasuk keterangan waktu operasional.

Cari Lewat Google Search

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pencarian di Google Search. Sama seperti di Google Maps, kamu tinggal menuliskan kata kunci ATM BCA.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menambahkan keyword tertentu, seperti 'ATM BCA terdekat' atau 'ATM BCA Kota A'. Hasil pencarian pun akan ditampilkan dan informasi tersebut juga berbasis pada data Google Maps.

Akses Situs Resmi BCA

Terakhir, cara yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mencari lokasi ATM BCA terdekat adalah dengan mengaksesnya melalui situs resmi BCA. Kamu tinggal membuka situs resmi BCA dan pilih menu Lokasi BCA.

Layanan ini akan meminta lokasimu agar mendeteksi secara otomatis atau kamu bisa melakukan pencarian lokasi secara manual. Selain lokasi, informasi yang ditampilkan termasuk jenis ATM di tempat tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Tarik Tunai Saldo DANA di ATM BCA

Di sisi lain, dompet digital DANA menyediakan fitur untuk melakukan tarik tunai saldo di ATM BCA. Proses tarik tunai saldo DANA ini sangat praktis.

Selain itu, prosesnya seutuhnya dilakukan lewat apliaksi tanpa perlu memasukkan kartu ATM BCA.

Namun perlu ditekankan bahwa fitur ini hanya tersedia untuk pengguna DANA Premium yang telah melakukan verifikasi dengan eKTP.

Bagi kamu yang belum tahu cara tarik tunai saldo DANA di ATM BCA, simak paparannya berikut ini.

  • Buka aplikasi DANA.
  • Cari menu Withdraw Cash / Tarik Tunai, ketuk pada tombol Withdraw / Tarik.
  • Selanjutnya, tentukan nominal uang yang hendak kamu tarik dari saldo DANA.
  • Nominal minimum untuk setiap penarikan adalah Rp 100.000 dan setiap transaksi dibebankan biaya Rp 4.500.
  • Setelah itu, ketuk tombol Confirm / Konfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat SMS berisi kode OTP dari DANA.
  • Isi kode OTP itu di aplikasi.
  • Berikutnya, akan muncul ID Pelanggan / User ID dan 6 digit Kode Transaksi / Transaction Code yang kamu perlu isikan di mesin ATM.
  • Di ATM BCA, pilih menu Transaksi Tanpa Kartu / Cardless Transaction--biasanya tombol pojok kanan bawah.Ada dua menu yang muncul, Sakuku dan BCA Mobile.
  • Pilih BCA Mobile.
  • Isikan kode 20176 + ID Pelanggan / User ID tadi sebagai input nomor handphone.
  • Isikan kode transaksi yang berjumlah 6 digit tadi.
  • Tunggu beberapa saat hingga uang tunai keluar dari mesin ATM dan transaksi selesai.
3 dari 4 halaman

Resmi Meluncur, Ini Deretan Fitur di Aplikasi Bank Digital Blu

Di sisi lain, BCA Digital dari BCA baru-baru ini secara resmi meluncurkan produk bank digital mereka yaitu blu.

Berbeda dengan aplikasi mobile banking BCA, blu merupakan bank digital yang berbeda dari bank konvensional pada umumnya. Untuk menggunakannya, nasabah harus membuka rekening baru melalui aplikasi tersebut.

Mengingat sifatnya sebagai bank digital, maka dari itu, blu tidak memiliki kantor cabang meskipun infrastrukturnya tetap terintegrasi dengan BCA.

Lanny Budianti, Direktur Utama BCA Digital konferensi pers Grand Launching blu by BCA Digital secara virtual pada Kamis (22/7/2021), mengungkapkan ada beberapa fitur yang terdapat dalam bank digital tersebut.

Lanny menjelaskan, untuk membuka bluAccount, nasabah bisa mengunduh aplikasi blu di gawai, kemudian mengisi data untuk dilanjutkan verifikasi oleh customer service officer (CSO) melalui panggilan video.

Dalam konferensi persnya, Lanny mengatakan bahwa bagi nasabah BCA yang akan membuka akun di blu, ada kemudahan dalam pengisian data yang mereka tawarkan.

"Karena banknya berbeda, insitusinya berbeda, kode banknya berbeda. Sehingga yang bisa kita lakukan adalah membuka rekening baru," katanya.

4 dari 4 halaman

Integrasi Data dengan BCA

 

"Kalau nasabah BCA isi datanya cuma sedikit sekali. Kalau kita menyatakan nasabah BCA, kemudian masukkan nomor kartu ATM, kami akan tarik beberapa data teman-teman yang sudah ada di BCA," ujar Lanny.

Menurutnya, hal ini memudahkan nasabah untuk membuka akun tanpa harus repot-repot ke kantor cabang. Selain itu, Lanny mengatakan bahwa satu nasabah cukup mengingat satu rekening blu saja.

Fitur lain yang ditawarkan oleh blu adalah bluSaving, di mana di dalam satu rekening, nasabah bisa membuat 10 tabungan yang bisa ditentukan tujuannya masing-masing. 

Bank digital blu juga memiliki fitur yang mereka sebut sebagai "kearifan lokal" di masyarakat Indonesia, yaitu patungan melalui bluGether.

"Dengan bluGether kita akan menjadi transparan melihat rekening bendahara," kata Lanny.

Fitur bluGether menurutnya bisa digunakan untuk mengumpulkan uang duka, membeli kado nikahan, arisan, hingga liburan bersama teman.

Fitur lain yang ditawarkan blu adalah bluDeposit, di mana ini merupakan deposito yang tenornya bisa dipilih sendiri dari satu hingga 12 bulan.

Dalam siaran persnya, BCA Digital menyebutkan bahwa setidaknya 26,2 persen dari total top 5 bluSaving digunakan untuk alokasi budget belanja, disusul 20,9 persen nasabah menabung untuk berlibur.

(Dam/Ysl)