Sukses

Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka, Berikut Link dan Alur Pendaftaran

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN mengumumkan program Rekrutmen Bersama BUMN. Saat ini, tahap registrasi online dan seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN tersebut juga sudah dibuka.

Mengutip dari laman resminya, Senin (18/4/2022), registrasi online dan seleksi administrasi Rekrutmen Bersama ini sudah dibuka sejak 14 April 2022 dan akan berakhir pada 25 April 2022. Pengumuman tahap ini akan dilakukan pada 9 hingga 11 Mei 2022.

Bagi kalian yang ingin mendaftar program rekrutmen ini, link pendaftaran hanya bisa diakses secara online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Perlu diingat, seluruh proses pendaftaran dan pengumuman hanya melalui situs resmi tersebut.

Oleh sebab itu, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya. Seluruh tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini juga dilakukan tanpa dipungut biaya, sehingga apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/menawarkan bantuan bisa melapor ke FHCI.

Untuk mengetahui alur pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022, simak informasinya berikut ini. Namun, FHCI sebagai panitia rekrutmen dan seleksi menyatakan jadwal dapat berubah dan akan diumumkan melalui situs tersebut.

  • Tahap 1 : : Registrasi Online dan Seleksi Administrasi (14 April - 25 April 2022)
  • Pengumuman Tahap 1: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi (9 Mei - 11 Mei 2022)
  • Tahap 2: TKD dan Core Values BUMN (17 Mei - 27 Mei 2022)
  • Pengumuman Tahap 2: TKD dan Core Values BUMN (8 Juni - 10 Juni 2022)
  • Tahap 3: TKB, Wawancara dan MCU (12 Juni - 25 Juni 2022)
  • Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN (4 Juli 2022)
  • Bela Negara (11 Juli 2022)
  • Inagurasi (13 Juli 2022)

Rekrutmen Bersama BUMN ini terbuka untuk semua pelamar dengan strata pendidikan D1 hingga S2. BUMN juga membuka program untuk calon pelamar disabilitas dan putra/putri Kawasan Timur Indonesi

Sebagai informasi, pelamar dilarang menggunakan alamat email milik orang lain atau kantor. Calon pelamar BUMN juga perlu menyiapkan beberapa dokumen, seperti foto profil, KTP, Ijazah/Surat Keterangan Lulus, Transkrip Nilai, SKCK, Dokumen lainnya (Sertifikat Pelatihan), dan Surat Rekomendasi. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ketentuan Umum Calon Pelamar Rekrutmen Bersama BUMN

Pendaftaran rekrutmen ini hanya dapat dilakukan secara online lewat laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Ada sembilan ketentuan umum yang perlu diketahui calon pelamar program Rekrutmen Bersama BUMN, berikut ini daftarnya : 

  1. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar maksimal 3 posisi di BUMN berbeda
  2. Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI).
  3. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. FHCI tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya.
  4. Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi diumumkan melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id
  5. Seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar.
  6. Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id
  7. FHCI berhak sepenuhnya menetapkan daftar kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi.
  8. Hasil keputusan FHCI bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.
  9. Masa waktu registrasi online adalah 14 April s.d. 25 April 2022.

Sementara untuk persyaratan pendaftaran program Rekrutmen Bersama BUMN, calon pelamar harus memenuhi beberapa hal berikut ini:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut: Diploma I/II/III: 27 tahun; S1/Diploma IV: 30 tahun; S2: 35 tahun
  3. IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.
  6. Dokumen SKCK dari Kepolisian.
  7. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
  8. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Startup) apabila ada.
3 dari 5 halaman

Erick Thohir: 1/3 Kekuatan Ekonomi Indonesia adalah BUMN

Saat pengumuman, Menteri BUMN Erick Thohir tak menyangka ternyata jumlah pendaftar dalam lowongan kerja kali ini jauh di atas posisi yang ditawarkan. 

"Saya cukup terharu tetapi juga sangat khawatir karena jumlah rektutan 2.700 yang mendaftar puluhan kali lebih banyak," ujar Erick dikutip tayangan YouTube Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Erick Thohir mengatakan, jumlah pendaftar yang membludak tersebut sejalan dengan bonus demografi penduduk Indonesia. Di mana sebagian besar terdiri dari milenial dan gen Z.

"Ini harus kita sadari sejalan dengan bonus demografi Indonesia karena makin hari makin besar," katanya.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengatakan, proses rekrutmen ini adalah bagian dari transformasi BUMN yang tidak mungkin berhasil tanpa transformasi human capital. Inilah pentingnya memastikan bagaimana talenta terbaik bergabung di BUMN.

"Sebab, kita sadari 1/3 kekuatan ekonomi Indonesia adalah di BUMN. Jadi harus kita sadari juga kita yang berkarya di BUMN adalah putra putri yang terbaik," tandasnya.  

4 dari 5 halaman

Regenerasi

Erick menambahkan, sangat penting kontinuitas kepemimpinan di BUMN agar terus berlanjut. Itu kemudian diisi oleh figur-figur dari generasi muda yang tak hanya punya kapabilitas, tapi juga karakter Akhlak yang baik.

"Karena kita tidak mau juga menjadi sebuah kekuatan yang besar, tetapi menjadi kekuatan yang justru salah arah karena tidak diiringi karakter yang baik. Kepintaran tanpa karakter akan menjadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter tentu akan menjadi sebuah kerakusan," tegasnya.

Bagaimana para pimpinan BUMN yang merupakan putra terbaik juga punya tanggung jawab meneruskan regenerasi yang baik.

Erick pun meminta bantuan perguruan tinggi agar bisa ikut bantu membangun karakter calon-calon pemimpin BUMN yang baik.

"Saya ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran para rektor yang terus berkolaborasi, tentu dengan BUMN ataupun Kementerian BUMN untuk memastikan link and match, dimana para putra-putri terbaik dari masing-masing perguruan tinggi bisa juga terserap untuk ke BUMN tersebut," pungkasnya. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Kajian The New Normal ala BUMN. (Liputan6.com/Abdillah)