Sukses

Perbandingan Spesifikasi Oppo A96 dan Oppo A95

Setelah meluncurkan Oppo A96, Oppo Indonesia juga mengungkapkan bahwa mereka tidak akan lagi melanjutkan penjualan A95

Liputan6.com, Jakarta Oppo Kamis kemarin secara resmi meluncurkan smartphone A Series terbaru mereka yaitu Oppo A96. Perilisan ini terbilang tak begitu lama dari pendahulunya yaitu Oppo A95, yang dirilis sekitar bulan November 2021 lalu.

HP Oppo A96 masih membawa beberapa fitur dan "tradisi" dari A95, serta lini seri A lainnya. Meskipun begitu, tampaknya A96 memang dipersiapkan Oppo untuk menggantikan A95 di pasaran.

Dalam konferensi pers peluncuran A96 di Jakarta, Kamis (7/4/2022), Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia mengungkapkan bahwa Oppo sudah memutuskan untuk tidak melanjutkan lagi penjualan Oppo A95.

"A95 bulan ini (April) discontinue. Jadi tinggal A96" kata Aryo. "Discontinue bukan kami yang memutuskan tapi karena di pasar sudah habis. Jadi tinggal sekitar 15 persen lagi."

"Ketika nanti akan ada Ramadhan Campaign, kita mungkin melihat bahwa A95 akan habis terjual. Jadi status A95 discontinue bulan ini," imbuh Aryo.

Dari segi desain, baik Oppo A96 dan Oppo A95 sama-sama membawa bahasa desain Oppo Glow. Keduanya juga masih membawa baterai berkapasitas besar 5.000mAh, yang mendukung pengisian daya cepat 33W SuperVOOC.

Meskipun begitu, Oppo A96 juga membawa beberapa hal baru yang tidak ada di pendahulunya A95, bahkan di seluruh A Series.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serba Pertama di A96

Aryo mengungkapkan, A96 menjadi A Series pertama yang mengusung ROM hingga 256 GB. Smartphone ini juga menjadi A Series pertama Oppo yang memiliki fitur ekspansi hingga 1TB.

Selain itu, A96 menjadi HP Oppo A Series pertama yang membawa Dual Speaker dan Dual Microphone, serta memiliki fitur Bokeh Flare Portrait.

Fitur lain yang dibawa Oppo di A96 lainnya, yang tidak ada di pendahulunya, adalah Adaptive Refresh Rate Technology, yang dikembangkan sendiri oleh Oppo.

Oppo A96 sendiri memiliki layar 90 Hz Refresh Rate plus teknologi perangkat kelas flagship yaitu Adaptive Refresh Rate.

"Refresh rate yang Adaptive biasanya ada di layar AMOLED, dan ini kita membuatnya terjadi di layar IPS LCD. Teknologi ini kami kembangkan secara mandiri," kata Aryo.

Teknologi ini dikembangkan untuk layar yang dapat secara otomatis mengatur kecepatan refresh rate layar berdasarkan kebiasaan pengguna, memastikan kelancaran yang lebih baik sambil menjaga penggunaan daya tetap rendah.

Masih di sisi layar, Oppo A96 sudah mengusung layar 6,59 inci dengan 90,8 persen screen-to-body ratio dan resolusi FHD 1080 x 2412.

Sementara, HP Android Oppo A95 diluncurkan dengan layar 6,43 inci dengan rasio layar-ke-perangkat sebesar 90,8 persen dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel.

Perbedaan lain tentu saja pada chipset di mana A95 mengusung Snapdragon 662, sementara A95 mendapat dukungan dari prosesor Snapdragon 680.

3 dari 4 halaman

Kamera

Di sektor foto dan video, Oppo A95 dilengkapi tiga kamera utama, salah satunya 48MP yang didukung fitur AI Scene Enhancement yang akan mengenali berbagai macam skenario pemotretan.

Kameranya juga memiliki dukungan Night Mode untuk pengambilan foto di tempat yang minim cahaya.

Oppo A95 juga didukung kamera selfie 16MP dengan fitur AI Beautification dan Front Night Mode. Untuk perekaman video, Oppo A96 dilengkapi rangkaian fitur seperti Steady Video, Slo-Mo, dan SoLoop.

Sementara, Oppo A96 membawa kamera belakang 50MP dan kamera bokeh 2MP. Kamera belakang juga mendukung 5 kali perbesaran digital dan 20 kali bidikan beruntun.

Perangkat terbaru ini juga membawa fitur kamera tambahan lainnya seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR.

Smartphone Oppo A96 ini juga membawa kamera depan 16MP. Terdapat fitur sepeti AI Natural Retouching untuk menghilangkan noda, sekaligus mempertahankan fitur wajah alami.

Fitur andalan lainnya adalah 360° Fill Light yang membantu mencerahkan bidikan potret di lingkungan yang redup.

4 dari 4 halaman

Harga dan Pemesanan Oppo A96

Menyoal harga dan pemesanan, Oppo A96 dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 4.299.000.

Oppo membuka pemesanan A96 mulai 7 sampai 15 April 2022 secara luring, melalui jaringan Oppo Store atau toko-toko yang menjual smartphone Oppo di seluruh Indonesia.

Pemesanan tersebut juga bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi Oppo Store yang terdapat di HP Oppo, atau Oppo Official Store yang ada di jaringan situs e-commerce terkemuka di Indonesia.

Selama masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan keuntungan senilai Rp 1.359 juta berupa A96 Sound Box Bluetooth Speaker senilai 599 ribu rupiah secara terbatas dan selama persediaan masih ada.

Terdapat juga potongan harga sebesar Rp 300 ribu rupiah khusus untuk pembelian bundling dengan OPPO Watch Free.

Ada juga potongan harga program pembiayaan sampai Rp 660 ribu lewat pemesanan luring di Oppo Store pusat perbelanjaan ternama di kota-kota besar.

Potongan harga program pembiayaan tersebut bisa didapat dengan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit pada layanan pembiayaan Home Credit, Kredivo, AEON Fast, Payku, dan Indodana.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.