Sukses

Telkomsel Alihkan Layanan 3G ke 4G di 504 Kota/ Kabupaten hingga Akhir 2022

Seiring dengan dorongan pemerintah agar operator menghapus layanan 3G, Telkomsel telah mulai mengalihkan layanan 3G ke 4G secara bertahap di 504 kota/ kabupaten hingga akhir 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel akan mengalihkan layanan jaringan 3G ke 4G LTE di 504 kota/ kabupaten hingga akhir 2022. Proses upgrade jaringan 3G ke 4G dilakukan secara berkala.

Tahap pertama yang dimulai Maret hingga Mei 2022, upgrade 3G ke 4G dilakukan di 90 kota/ kabupaten yang mencakup 766 kecamatan.

Tahap berikutnya adalah bulan Juni hingga Juli 2022, berlangsung di 132 kota/ kabupaten.

Sementara, pada Agustus hingga Oktober 2022, proses upgrade layanan 3G ke 4G bakal dilakukan di 178 kota/ kabupaten.

Terakhir November hingga Desember 2022, proses upgrade 3G ke 4G bakal berlangsung di 104 kota/ kabupaten.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, tahap pertama penghapusan 3G dan pengalihkan ke layanan 4G dilakukan Maret 2022 di beberapa wilayah Indonesia.

"Melalui pemerataan jaringan broadband 4G ini, akan ada semakin banyak kesempatan masyarakat bisa menikmati layanan 4G yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan guna mengakselerasi transformasi digital dan mendukung aktivitas bisnis hingga pelosok," kata Nugroho, dikutip dari keterangan Telkomsel, Sabtu (26/3/2022).

Janjikan Penghapusan 3G Tak Ganggu Layanan

Telkomsel juga menjanjikan proses upgrade dari 3G ke 4G tidak mengurangi kenyamanan pelanggan.

Operator pelat merah ini mempersiapkan action plan, mulai dari persiapan teknis, sosialisasi pada pelanggan, hingga memitigasi secara optimal hingga tingkat kecamatan di kota/ kabupaten yang jaringannya akan ditingkatkan.

Telkomsel menyebut pihaknya akan melakukan pengkajian terukur dari tiap proses upgrade 3G ke 4G di 504 kota/ kabupaten.

Pemutakhiran data, jadwal, action plan akan terus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan proses pelaksanaan baik secara teknis maupun kesiapan ekosistem penggunaan di tingkat pelanggan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Program untuk Ajak Masyarakat Bermigrasi ke 4G

Telkomsel juga akan membantu masyarakat agar lebih mudah mengakses 4G. Salah satunya dengan menghadirkan program dan produk menarik, mulaid ari paket kuota data 4G yang terjangkau seperti kartu perdana dan paket internet SeruMax untuk pelanggan di Pulau Jawa, Bali dan Lombok.

Ada pula paket Combo 4G yakni kuota 4G dan telepon 20 menit ke sesama Telkomsel.

Selain itu juga ada paket BundlingMax yang terdiri dari kuota internet hingga 5,5GB bagi pelanggan yang membeli kartu Telkomsel Prabayar baru bundling dengan smartphone.

Bagi mereka yang masih menggunakan layanan 3G, Telkomsel mengajak pelanggan beralih ke 4G untuk menikmati akses broadband lebih cepat.

Mereka yang ingin migrasi uSIM 4G bisa lebih dahulu melakukan pengecekan ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya. Caranya dengan memekan *888*47#.

 

3 dari 4 halaman

Telepon VoLTE

Untuk memudahkan pelanggan yang ingin menukarkan atau ganti kartu SIM ke 4G, Telkomsel memberi dukungan online maupun offline.

Untuk online, penggantian bisa dilakukan dengan mengakses akun medsos resmi Telkomsel hingga asisten virtual Telkomsel, mitra e-commerce, hingga Grapari online.

Nantinya, kartu SIM 4G akan diantarkan langsung ke alamat pelanggan.

Sementara untuk mekanisme offline, pelanggan dapat langsung mengunjungi Grapari atau layanan MyGrapari terdekat.

Bagi pelanggan yang sudah bermigrasi ke layanan 4G, tetap bisa menelepon seperti biasa dengan jaringan 2G atau 4G di setiap wilayah.

Pelanggan juga bisa menikmati panggilan suara berkualitas HD sambil menikmati akses internet, untuk browsing, main gim, streaming, secara bersamaan dengan menggunakan layanan VoLTE Telkomsel.

Kini, layanan VoLTE Telkomsel sudah ada di lebih dari 514 kota/ kabupaten di seluruh Indonesia dan bisa dipakai di lebih dari 100 tipe smartphone.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini