Sukses

Instagram Luncurkan Opsi Feed Berdasarkan Waktu Unggahan, Namun Tak Seperti Dulu

Sayangnya, opsi ini belum bisa diatur sebagai tampilan Home Feed Instagram.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram meluncurkan tampilan Feed yang bisa dipilih penggunanya, baik untuk melihat apa yang mereka favoritkan, atau akun apa yang mereka ikuti. Pengumuman ini disampaikan Head of Instagram Adam Mosseri.

"Memberikan Anda cara untuk melihat dengan cepat apa yang paling Anda minati adalah langkah penting ke arah itu," kata Mosseri, melalui blog resmi mereka, seperti dikutip Kamis (24/3/2022).

Adapun pengguna dapat melihat tampilan Feed-nya berdasarkan Favorites atau Following, atau jika dalam bahasa Indonesia adalah Mengikuti dan Favorit.

Jika pengguna memilih Favorit, maka Instagram akan menampilkan unggahan-unggahan terbaru dari akun yang kamu pilih, baik dari teman atau pembuat konten kesukaan.

Selain itu, unggahan dari akun Instagram Favorit juga akan dimunculkan lebih tinggi di home feed pengguna. Sementara Following atau Mengikuti, hanya akan menampilkan unggahan dari akun yang kamu ikuti.

Mosseri juga mengungkapkan, menu tampilan Favorites dan Following juga akan menampilan unggahan berdasarkan urutan kronologis, sehingga pengguna bisa dengan cepat mengikuti unggahan terbaru.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Bisa Jadi Home Feed

Untuk mengakses dua opsi tersebut, pengguna bisa mengetuk tanda panah ke bawah yang berada di samping tulisan Instagram, di pojok kiri atas aplikasi media sosial tersebut.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com di aplikasi Instagram, memang kedua fitur ini sudah berfungsi seperti yang diumumkan.

Hanya saja, tampilan akan berganti lebih spesifik ke unggahan akun-akun yang masuk kategori Favorit atau Following, dan fitur Stories akan menghilang dari tampilan.

Sehingga, pengguna tampaknya belum bisa mengatur dua tampilan tersebut sebagai Home Feed atau tampilan utama mereka.

Selain itu, menurut Mosseri, pengguna bisa menambahkan hingga 50 akun ke daftar tersebut dan dapat diubah kapan pun, di mana orang lain tidak akan mendapatkan notifikasi saat mereka ditambahkan atau dihapus di daftar.

Postingan dari akun di daftar favorit Anda juga akan muncul lebih tinggi di feed beranda, seperti yang ditunjukkan oleh ikon bintang.

3 dari 4 halaman

Kembalikan Feed Berdasarkan Kronologi

Sebelumnya, bulan Desember 2021, lalu, Mosseri sempat mengatakan bahwa mereka tengah mengembangkan versi feed yang akan memperlihatkan unggahan pengguna, sesuai kronologi waktu unggahan.

Sekadar informasi, saat ini, tampilan feed Instagram menggunakan algoritma berbasis preferensi pengguna. Perlu diketahui, feed yang ditampilkan berdasarkan algoritma Instagram diperkenalkan pertama kali pada 2016.

Lalu, Instagram memperbaruinya pada 2017 dan menyertakan unggahan yang direkomendasikan atau preferensi pengguna. Demikian dikutip dari The Verge, Kamis (9/12/2021).

Tampilan feed semacam ini secara luas tidak disukai oleh banyak pengguna. Pasalnya pengguna merasa lebih senang kalau melihat unggahan teman-teman sesuai kronologi waktu.

Tampilan feed yang saat ini diaplikasikan Instagram diatur berdasarkan teknologi AI. Apa yang muncul dan dilihat pengguna adalah feed yang dipersonalisasi, sesuai preferensi dan aktivitas pengguna Instagram.

Meski berdasarkan personalisasi atau selera pengguna, tampilan feed ini kurang populer di kalangan pengguna.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.