Sukses

Rusia Serang Ukraina, Keyword Putin dan World War 3 Trending Topic di Twitter

Banyak warganet Twitter yang mengkhawatirkan kondisi di Ukraina usai invasi Rusia oleh Putin, termasuk soal ancaman Perang Dunia III

Liputan6.com, Jakarta Ukraina mengumumkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah meluncurkan invasi berskala penuh ke negara itu.

Konflik Rusia dan Ukraina yang makin membara ini juga menimbulkan kehebohan para pengguna internet dunia di jagat maya. Salah satunya di media sosial Twitter.

Tak lama setelah pengumuman operasi militer Putin ke Ukraina, trending topic di Twitter pada Kamis (24/2/2022), dipenuhi keyword seperti Ukraine (2,46 juta cuitan), Putin (1,77 cuitan), serta NATO (467 ribu cuitan).

Beberapa cuitan warganet juga mengungkapkan kekhawatiran mereka mengenai terjadinya Perang Dunia ketiga. Ini terlihat dengan naiknya keyword World War 3 (80,8 ribu cuitan), WWIII (77,3 ribu cuitan).

Tidak sedikit warganet yang mengecam pengguna internet lainnya, yang mencuit tweet berisi candaan tentang World War 3 di tengah situasi yang sedang terjadi.

Tidak hanya warganet dunia, pengguna Twitter di Indonesia pun juga mencuit tentang situasi ini, seperti terlihat dengan naiknya keyword Perang dengan 34,2 ribu cuitan dan PD III yang berarti Perang Dunia III. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Darurat Militer

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan kepada dewan Keamanan dan Pertahanan nasionalnya untuk mengumumkan darurat militer.

Dikutip dari laman BBC, Kamis (24/2/2022) Dewan Keamanan dan Pertahanan diharapkan mengadakan pertemuan mendesak untuk memutuskan masalah ini.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba telah mentweet: "Putin baru saja meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina."

Dia menekankan bahwa Ukraina "akan mempertahankan dirinya sendiri" dan bahwa "dunia dapat dan harus menghentikan Vladimir Putin".

3 dari 4 halaman

Putin Sebut Tak Berencana Menduduki Ukraina.

Mengutip live update Aljazeera, Kamis (24/2/2022), Putin mengatakan Rusia akan melakukan operasi militer di Ukraina timur dan meminta militer Ukraina untuk meletakkan senjatanya.

"Saya telah membuat keputusan operasi militer," katanya dalam pernyataan mengejutkan di televisi sesaat sebelum pukul 06.00 pagi (03:00 GMT) waktu setempat.

Putin mengatakan tindakan itu datang sebagai tanggapan atas ancaman yang datang dari Ukraina. Dia menambahkan bahwa Rusia tidak memiliki tujuan untuk menduduki Ukraina.

Ia mengatakan tanggung jawab atas pertumpahan darah terletak pada rezim Ukraina.

Putin memperingatkan negara-negara lain bahwa setiap upaya untuk mengganggu tindakan Rusia akan mengarah pada "konsekuensi yang belum pernah mereka lihat."

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Perang Dunia Ketiga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.