Sukses

Free Fire dan 53 Aplikasi Asal Tiongkok Diblokir Pemerintah India

Selain Free Fire, pemerintah India juga memblokir 54 aplikasi lain yang dianggap membahayakan keamanan nasional

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah India dikabarkan melakukan pemblokiran terhadap beberapa aplikasi, di mana salah satunya adalah game Free Fire.

Rupanya, pemblokiran tersebut sudah dilakukan sejak 12 Februari 2022 sehingga, pemain tidak bisa menemukan aplikasinya di App Store dan Google Play Store.

Mengutip Dot Esports, Selasa (15/2/2022), terdapat 54 aplikasi yang diblokir menurut saluran berita lokal ET Now di antaranya Free Fire, Onmyoji Arena, Onmyoji Chess, Rise of Kingdoms: Lost Crusade, dan lain-lain.

Kantor berita ANI melaporkan, masalah keamanan disebut-sebut menjadi alasan pemerintah India melakukan pemblokiran tersebut.

54 aplikasi ini dilarang karena menimbulkan "ancaman terhadap keamanan nasional." Selain itu, laporan ANI juga menyebutkan bahwa aplikasi yang dilarang berasal dari Tiongkok.

Dalam pernyataannya, mengutip Gadget 360 NDTV, pemerintah mengklaim 54 aplikasi tersebut diduga memperoleh berbagai izin penting dan mengumpulkan data sensitif dari para pengguna.

"Data real-time yang dikumpulkan ini disalahgunakan dan dikirim ke server yang berlokasi di negara lawan," tulis pemerintah India.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respon Garena

Selain itu, pemerintah India menyebut kemungkinan ada pelanggaran keamanan spionase serius yang mungkin dilakukan oleh aplikasi-aplikasi ini, lewat kamera atau mikrofon, GPS, serta aktivitas jaringan yang berbahaya.

"Aplikasi ini diduga terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas negara juga merupakan ancaman serius bagi Keamanan Negara dan pertahanan India," tambah pemerintah setempat.

Google menyatakan bahwa untuk sementara waktu mereka telah memblokir akses ke Garena Free Fire di Play Store khususnya versi Illuminate. Sementara, Garena Free Fire Max untuk perangkat premium masih terdaftar untuk diunduh di toko aplikasinya.

Garena, melalui pernyataan resminya, juga mengatakan bahwa mereka sudah mengetahui bahwa Free Fire untuk saat ini tidak tersedia di Google Play dan App Store untuk iOS India.

Mereka juga menyatakan sudah tahu gim tersebut tidak bisa beroperasi untuk beberapa pengguna di negara itu.

"Kami sedang bekerja untuk mengatasi situasi ini, dan kami meminta maaf kepada pengguna atas ketidaknyamanan ini," tulis Garena merespon pemblokiran tersebut.

3 dari 4 halaman

Nasib Serupa Dialami PUBG Mobile

Nasib serupa sebelumnya pernah terjadi pada pesaing Free Fire yaitu PUBG Mobile dan PUBG: Mobile Lite, yang sempat diblokir oleh pemerintah India bersama 116 aplikasi lain yang terkait dengan Tiongkok.

Meski begitu, PUBG: Mobile kembali ke India dengan nama baru yaitu Battlegrounds Mobile India.

Krafton lalu meluncurkan versi lain dari PUBG: New State, spin-off PUBG yang berlatar di tahun 2051 dengan senjata futuristik, yaitu New State Mobile untuk pasar India.

Sejak 2020, Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi India telah melarang lebih dari 200 aplikasi, dengan menggunakan Pasal 69a dari Undang-Undang TI konstitusi India.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.