Sukses

80 Mahasiswa Peserta Magang Kampus Merdeka Lulus dari Lazada

Liputan6.com, Jakarta Lazada beberapa waktu lalu menyelenggarakan upacara kelulusan bagi para peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka bagi 80 mahasiswa, yang telah menjalani proses magang selama lima bulan sejak Agustus 2021.

Lazada menyebut, keterlibatan mereka dalam Kampus Merdeka adalah bagian dari program mempersiapkan cadangan talenta masa depan Indonesia, yang akan menjadi penggerak kemajuan bangsa, khususnya ekosistem ekonomi digital.

"Indonesia akan mengalami bonus demografi di tahun 2035 dan talenta-talenta yang sekarang sedang dalam tahap akhir pendidikan tingginya adalah yang akan menjadi pemimpin di Indonesia kelak," kata Evelyn Yonathan Haer, Chief People Officer, Lazada Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, ditulis Kamis (27/1/2022), Evelyn mengatakan bahwa 80 pemagang yang lulus, terpilih dari 16 ribu pelamar pada bulan Juli 2021.

Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka sendiri digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Karyawan Menjadi Mentor

Karyawan Lazada yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh kementerian, menjadi mentor bagi peserta magang, di mana mereka berbagi ilmu serta memberikan bimbingan langsung bagi para peserta magang sesuai bidangnya masing-masing.

Leonard Hutabarat, mentor dari Talent Acquisition mengatakan, progam Kampus Merdeka sangat baik untuk mempersiapkan talenta Indonesia menjadi sumber daya manusia yang handal di bidangnya.

Persiapan ini dilakukan dengan praktik terjun langsung di lapangan yang "pada akhirnya akan bisa menjadi jembatan antara ilmu yang dipelajari di kampus dengan kebutuhan industri."

Evelyn mengatakan, kebutuhan industri akan sumber daya manusia yang siap menghadapi dunia kerja sangat tinggi. Menurutnya ekosistem digital ekonomi diperkirakan terus menjadi penggerak ekonomi bangsa di masa depan.

"Oleh karena itu kami benar-benar mempersiapkan peserta magang untuk bisa beradaptasi dan menavigasi alur karirnya sesuai dengan apa yang menjadi fokus di masa depan," kata Evelyn.

3 dari 4 halaman

Persiapkan Gelombang Kedua

I Putu Abed Pranata, peserta magang di Category Management mengatakan, dirinya menjadi tahu peran besar Account Management untuk membawa program-program dan promo yang menarik untuk pelanggan.

"Saya juga banyak belajar membangun koneksi dengan orang, terutama sellers yang menjadi ujung tombak eCommerce," kata Abed.

Lazada pun mengungkapkan, mereka sedang bersiap untuk gelombang kedua peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka yang akan dimulai di pertengahan Februari 2022.

133 peserta magang telah telah terpilh dari 30 ribu pelamar di gelombang kedua ini.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19