Sukses

Smartphone Lipat Oppo Find N Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasinya

Liputan6.com, Jakarta - Oppo akhirnya resmi memperkenalkan smartphone lipat pertamanya yaitu Oppo Find N di hari ke-2 pameran teknologi Oppo Inno Day 2021.

Oppo Find N sendiri merupakan hasil riset selama empat tahun, serta pengembangan enam generasi prototype.

"Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, kami terus berupaya membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui pengembangan teknologi dan produk inovatif," kata Tony Chen, Pendiri dan Chief Executive Officer Oppo.

Pete Lau, Chief Product Officer Oppo di Inno Day 2021, mengatakan mereka telah melakukan berbagai upaya pengembangan dalam kurun waktu yang panjang, demi menghasilkan smartphone lipat yang lebih baik.

"Kami telah melakukan eksperimen dalam hal hinge (engsel), display material, dan aspect ratio untuk menciptakan smartphone baru yang mampu memenuhi kebutuhan lebih banyak pengguna," ujar Lau.

Lau, melalui siaran persnya, Rabu (15/12/2021), mengatakan Oppo Find N bertujuan mengubah persepsi pengguna mengenai potensi smartphone lipat, dan menjadikannya lebih mudah dijangkau lebih banyak masyarakat.

Oppo Find N memiliki rasio lanskap pada layar bagian dalamnya.

Smartphone ini memberikan keseimbangan yang lebih baik bagi pengguna untuk beralih secara mulus dari layar dalam berukuran 7,1 inci yang lebar dan imersif ke layar luar berukuran 5,49 inci yang simpel dan fungsional.

Saat layar dalam dibuka, tampilan layar memiliki aspect ratio 8,4:9 dan otomatis mengaktifkan mode lanskap yang cocok untuk menonton video, bermain game, atau membaca buku tanpa harus memutar perangkat.

Saat layar dilipat, tampilan layar memiliki aspect ratio 18:9, menjadikan perangkat lebih kecil dan dapat dioperasikan dengan satu tangan dengan berbagai fitur yang fungsional. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Flexion Hinge

Flexion Hinge (engsel melengkung) yang hadir dengan desain tetesan air pada OPPO Find N menyatukan 136 komponen dengan sangat presisi hingga 0,01 mm.

Engsel melengkung ini sendiri berfungsi sebagai penyangga saat layar lipat sehingga, lengkungan pada layar menjadi tidak terlalu terlihat hingga 80 persen dibandingkan dengan perangkat lain.

Flexion Hinge juga diklaim bisa menghilangkan celah antara layar saat dilipat, sehingga menawarkan tampilan yang lebih terintegrasi.

Selain itu, Oppo Find N juga memiliki Struktur gir dan pegas dalam Flexion Hinge, yang memungkinkan perangkat untuk berdiri tegap saat layar dibuka dengan besar sudut antara 50 hingga 120 derajat.

Oppo juga telah menyesuaikan user interface perangkat agar lebih kompatibel dengan aplikasi Music, Notes, dan Camera.

Untuk layar, Oppo Find N terdiri dari 12 lapis Serene Display, yang juga bersinergi dengan Flexion Hinge secara sempurna sehingga perangkat dapat terlipat dengan mulus.

Layar OPPO Find N terdiri dari lapisan Flexion UTG (kaca ultra-tipis) 0,03 mm yang lebih kecil dibandingkan kaca smartphone biasa berukuran 0,6 mm.

Serene Display juga diklaim sangat andal dan dapat dilipat dan dibuka dengan mulus hingga lebih dari 200 ribu kali tanpa menyebabkan garis lipatan pada layar. Hal ini juga sudah diverifikasi oleh TUV.

3 dari 4 halaman

Performa

Layar dalam menggunakan tampilan LTPO dengan teknologi smart dynamic refresh rate yang dapat menyesuaikan kecepatan refresh dengan kisaran 1 hingga 120 Hz berdasarkan konten yang sedang dilihat oleh pengguna.

Selain itu, layar bagian dalam juga memiliki touch sampling rate hingga 1.000 Hz. Oppo Find N juga memiliki layar berukuran 7,1 inci

Di bagian kamera, Oppo Find N menyematkan kamera 50 MP Sony IMX 766 main sensor, lensa ultra-wide 16 MP dan lensa telefoto 13 MP, serta kamera selfie yang terdapat di layar dalam maupun layar luar.

Flexion Hinge pada Find N memungkinkan perangkat untuk berfungsi sebagai tripod.

Di bagian dalamnya, Find N mengusung Qualcomm Snapdragon 888 Mobile Platform, RAM LPDDR5 hingga 12 GB, dan penyimpanan UFS 3.1 512 GB. Baterainya sendiri berkapasitas 4.500 mAh.

Terdapat juga SUPERVOOC Flash Charge 33W yang diklaim mampu mengisi daya dengan cepat dan mencapai kapasitas 55 persen hanya dalam 30 menit, atau hingga penuh 100 persen dalam 70 menit.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan pengisian nirkabel AIRVOOC 15W (kompatibel dengan standar Qi) dan pengisian nirkabel terbalik 10W.

Oppo Find N juga menyertakan pemindai sidik jari yang ditempatkan pada tombol daya, serta sistem speaker ganda dan teknologi Dolby Atmos.

Meski begitu, Oppo mengungkapkan Oppo Find N baru akan tersedia di pasar Tiongkok mulai 23 Desember 2021. Belum diketahui apakah smartphone lipat ini bakal masuk ke Indonesia atau tidak.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal