Sukses

Opensignal: Telkomsel Operator Terbaik di Desember 2021

Liputan6.com, Jakarta - Laporan terbaru Opensignal, Desember 2021 mencatat Telkomsel tetap menjadi operator terbaik yang mendominasi di Indonesia dalam hal pengalaman video, kecepatan unduh, kecepatan unggah, dan jangkauan 4G.

Kendati demikian, Opensignal juga menyebut, dominasi Telkomsel pada pengalaman jaringan seluler di Indonesia terancam karena rival terdekatnya hampir menyamainya.

Mengutip laporan Opensignal, Rabu (8/12/2021), pengguna Telkomsel merasakan pertumbuhan signifikan dalam metrik kecepatan, namun pengguna XL dan Indosat mengalami peningkatan yang sedikit lebih tinggi. Masing-masing dalam pengalaman kecepatan unduh dan kecepatan unggah.

Hasilnya, kedua operator tersebut berjarak 1 Mbps untuk mengalahkan Telkomsel dalam pengalaman kecepatan unduh dan kecepatan unggah.

Untuk pengalaman kecepatan unduh, tercepat adalah Telkomsel dengan 16,3 Mbps, XL 15,5 Mbps, Indosat 13,2 Mbps, Tri dengan 10,9 Mbps, dan Smartfren 8,9 Mbps.

Sementara untuk kecepatan unggah, tercepat adalah Telkomsel dengan 8,1 Mbps, Indosat dengan 7,2 Mbps, XL dengan 6,7 Mbps, Tri 5,9 Mbps, dan Smartfren 1,7 Mbps.

Selain itu, Telkomsel hanya berjarak satu poin melampaui 3 (Tri) dalam meraih posisi teratas pada pengalaman aplikasi suara. Tri tetap jadi pemenang untuk kategori pengalaman aplikasi suara.

Skor Tri adalah 77,8 poin (skala 100 poin). Disusul Telkomsel 76,9 poin, Smartfren 75,5 poin, Indosat 74,8 poin, dan XL 74,6 poin.

Opensignal mencatat kecepatan unggah jadi aspek yang penting dari pengalaman pengguna. Pasalnya pengguna smartphone kini lebih terlibat dalam aplikasi medsos, dalam hal ini membagikan gambar dan video dan beralih dari konsumsi konten ke pembuat konten.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tri Unggul dalam Pengalaman Gim

Telkomsel juga mengurangi dominasi Tri dalam pengalaman gim hingga hampir setengahnya. Meski begitu, untuk skor pengalaman gim, Tri tetap unggul dengan total 68,2 poin, Telkomsel 61,6 poin, Smartfren 58,4 poin, XL 56,1 poin, dan Indosat 52,4 poin.

Dalam hal ketersediaan 4G, Opensignal mencatat, pengguna layanan mobile di Indonesia di seluruh jaringan mengalami peningkatan dalam proporsi waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke 4G, kecuali Smartfren.

Saat ini, ketersediaan 4G seperti diungkap dalam laporan tertinggi (dalam segi proporsi waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke 4G) adalah Smartfren yakni 98,1 persen, Tri 94,3 persen, Indosat 93,2 persen, XL 91,7 persen, dan Telkomsel 90,3 persen.

"Pengguna kami dari keempat jaringan ini melaporkan peningkatan 0,1 poin dalam pengalaman jangkauan 4G, yakni penilaian tentang pengalaman pelanggan seluler terkait jangkauan 4G di jaringan suatu operator," kata Opensignal.

3 dari 3 halaman

Jangkauan 4G

Opensignal juga mencatat, Telkomsel memimpin papan skor untuk pengalaman jangkauan 4G dengan skor 8,6 poin di skala 10 poin. Diikuti oleh XL dengan 6,3 poin, Indosat 6,2 poin, Smartfren 5,0 poin, dan Tri 4,6 poin.

Pengalaman jangkauan 4G Opensignal mengukur pengalaman pelanggan seluler dalam jangkauan 4G di jaringan operator. Metriknya menganalisis lokasi tempat pelanggan operator menerima sinyal 4G yang terkait dengan lokasi yang dikunjungi pengguna semua operator.

Sementara untuk regional, dalam hal pengalaman video, Telkomsel meraih kemenangan sekaligus di 6 wilayah, dan berbagi kemenangan bersama Tri khusus di Sulawesi. Tri menang mutlak untuk kategori pengalaman video di Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Sumatera.

Pengguna Telkomsel di Banten dan Jakarta menikmati pengalaman video sangat baik.

Untuk pengalaman gim, Tri mendominasi di tujuh dari 10 wilayah. Tri berbagi kemenangan dengan Telkomsel untuk kategori pengalaman gim di Banten.

Dalam pengalaman aplikasi suara, Tri merain kemenangan mutlak di lima wilayah, dan berbagi dua kemenangan dengan Telkomsel di Sulawesi dan Yogyakarta.

Untuk karegori pengalaman kecepatan unduh dan kecepatan unggah, Telkomsel menang mendominasi. Namun XL memiliki kecepatan unduh tercepat di Jawa Timur dan Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sumatera. Di Sulawesi, Telkomsel berbagi kemenangan dengan Indosat untuk kecepatan unduh dan kecepatan unggah.

(Tin/Ysl)