Sukses

Canon EOS R3 Meluncur di Indonesia, Harga Rp 117 Juta

Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia baru saja meluncurkan kamera terbaru yakni Canon EOS R3.

Liputan6.com, Jakarta - Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia baru saja meluncurkan kamera flagship terbarunya, yakni Canon EOS R3.

Kamera mirrorless full-frame terbaru ini hadir untuk sejumlah fitur unggulan terbaru, terutama bagi fotografer yang membutuhkan kecepatan tinggi.

"EOS R3 menjadi kamera andalan untuk para profesional fotografer yang membutuhkan kecepatan dan kualitas gambar tinggi, serta tangguh untuk pengambilan gambar di segala medan," tutur Canon Business Unit Director PT Datascrip, Monica Aryasetiawan dalam peluncuran yang diadakan virtual.

Kamera ini hadir dengan sensor back-iluminated stacked CMOS 24,1 MP yang dipadukan prosesor DIGIC X. Juga memiliki electronic shutter yang mampu memotret pada mode continuous shooting hingga 30 fps pada resolusi, termasuk pada fitur pelacakan Auto Focus dan Auto Exposure.

Selain itu, teknologi Dual Pixel CMOS AF II memberikan kecepatan dan keakuratan AF yang lebih baik. EOS R3 juga menawarkan fitur Eye Control AF yang memungkinkan pengguna memiliih titik fokus menggunakan gerakan mata melalui Electronic View Finder (EVF).

Pengguna bahkan lebih leluasa melakukan pengambilan gambar dari berbagai sudut dengan adanya LCD sentuh vari-angle 3,2 inci. Tidak hanya fitur Eye Detection AF dan Animal Detection AF, EOS R3 juga memiliki fitur baru untuk menangkap aksi cepat otomotif lewat fitur Vehicle Priority AF.

Fokus otomatis pada model terbaru Canon EOS ini dapat mendeteksi mobil dan sepeda motor yang bergerak cepat, bahkan untuk fokus yang lebih spesifiki pada helm pengemudi. Kamera ini juga memilki deteksi Af hingga EV -7.5 yang membantu pengguna mendapatkan fokus saat membidik di kondisi minim cahaya.

"Teknologi Eye Control AF ini sangat berguna bagi saya yang membutuhkan titik fokus secara cepat, lebih cepat daripada memindahkan titik fokus melalui tombol di kamera. Kini dengan hanya menggerakan bola mata ke arah subjek yang saya inginkan, titik fokus dapat dengan cepat dan mudah didapat," tutur salah satu jurnalis foto, Mast Irham yang telah mencoba Canon EOS R3.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi EOS R3

Kamera ini memiliki rentang ISO 100-102.400 yang dapat ditingkatkan hingga 204.800. Sensor baru pada kamera ini juga memiliki kemampuan untuk memotret pada kondisi minim cahaya tanpa khawatir dengan noise pada ISO tinggi.

Resolusi 24,1MP pada kamera ini 20 persen lebih tinggi dari EOS-1DX Mark III dan EOS R6. Selain itu, kinerja resolusinya melebihi EOS 5D Mark IV yang memiliki resolusi 30,4MP.

Untuk memenuhi kebutuhan video profesional, EOS R3 mampu merekam video dengan format 6K 60p RAW atau 4K 120p 10-bit tanpa crop. Pengguna dapat pula mendapatkan video 4K 60p yang memiliki kualitas lebih tinggi dengan oversampling dari format 6K.

Seperti EOS R5 dan R6, EOS R3 juga dilengkapi dengan 5 AXIS In-Body Image Stabilization hingga 5,5 stop. Jadi, saat dipasangkan dengan lensa RF yang kompatibel, efektivitasnya bisa mencapai 8 stop, sehingga pengambil video sambil berjalan lebih halus.

EOS R3 dilengkapi dua slot kartu memori (CFexpress Type B dan kartu SD). CFexpress Type B ini untuk mendukung mendukung transfer data berkecepatan tinggi hingga 2GB/detik.

3 dari 3 halaman

Konektivitas dan Harga

EOS R3 dilengkapi berbagai jaringan, seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS. Untuk fotografer pers yang membutuhkan kecepatan dalam mengirim foto juga bisa menggunakan konektivitas LAN kabel untuk pengiriman ke server FTP, FTPS, atau SFTP jarak jauh tanpa aksesori tambahan.

Pengguna juga bisa menggunakan Mobile File Transfer yang memungkinkan kamera untuk mengirim file dengan cepat ke smartphone melalui kabel USB. Apabila tersedia, pengguna dapat memanfaatkan jaringan seluler 5G untuk mengirim ke server jarak jauh dengan cepat.

EOS R3 dibekali baterai LP-E19 berkapasitas besar 2700 mAH untuk memastikan pengambilan gambar dalam waktu lama. Jika dibutuhkan, baterai dapat diisi menggunakan power bank yang mendukung Power Delivery (PD) dengan kabel USB-C yang kompatibel.

Bagian bodi kamera ini terbuat dari magnesium alloy dan didesain tahan terhadap debu serta cipratan air. Canos EOS R3 dibanderol dengan harga Rp 117.370.000 (body only) di Indonesia.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.