Sukses

Apple-1 Buatan Steve Jobs dan Steve Wozniak Dilelang, Harganya Rp 5,7 Miliar

Komputer Apple-1 langka ini dibuat oleh dua pendiri Apple yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak pada tahun 1976

Liputan6.com, Jakarta - Komputer yang dibuat dengan kayu kerajinan tangan dan masih berfungsi, Apple-1, dilelang dengan harga yang fantastis pada pekan ini.

Dilansir New York Post, Jumat (12/11/2021), komputer tersebut dibuat tahun 1976 oleh dua pendiri raksasa teknologi Apple, yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Komputer rakitan Steve Jobs dan Steve Wozniak itu dilelang dengan harga USD 400 ribu atau sekitar Rp 5,7 miliar di pelelangan John Moran di Monrovia, California, Amerika Serikat.

Layaknya komputer pada saat ini, Apple 1 sendiri sudah dilengkapi dengan motherboard yang terbungkus kayu dan diukir dari pohon koa Hawaii, serta mewakili satu dari 200 buah yang diproduksi.

Perangkat tersebut juga termasuk keyboard internal, monitor Panasonic terpisah, dua kaset perangkat lunak Apple, dan panduan pengguna.

Uniknya, perangkat ini kemungkinan termasuk satu di antara sekitar 20 sistem yang masih berfungsi di dunia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seperti Cawan Suci

John Moran Auctioneers mengungkapkan, komputer tersebut hanya memiliki dua pemilik sebelumnya,

Pemilik kedua membelinya dari pemilik aslinya, yaitu profesor pemrograman yang mengajarnya di Chaffey College, dengan harga US$ 650 pada tahun 1977.

Mantan mahasiswa yang identitasnya tidak diidentifikasi itu akhirnya menyimpan komputer Apple-1 "Chaffey College" tersebut dengan urutan yang bisa dioperasikan.

"Ini semacam cawan suci untuk elektronik antik dan kolektor teknologi komputer," kata pakar Apple-1, Corey Cohen, dalam sebuah wawancara. "Itu benar-benar membuatnya menarik bagi banyak orang."

3 dari 4 halaman

Diciptakan 45 Tahun Lalu

Wozniak dan Jobs, bersama pendiri Apple lainnya, Ronald Wayne, menciptakan prototipe Apple-1 mereka dari sebuah garasi di Palo Alto, California, sekitar 45 tahun yang lalu.

Di 1976, komputer Apple-1 pertama dijual dengan harga US$ 666,66.

"Meskipun kedengarannya sangat tidak menyenangkan, 666, itu karena Steve Wozniak suka mengulang angka," kata Cohen seraya menambahkan, nomor telepon Wozniak kala itu juga memiliki nomor berulang.

Sementara, casing kayu komputer itu, dibuat oleh Byte Shop, retailer pertama yang menjual produk mereka di Mountain View, California.

Ini hanya satu dari enam Apple-1 yang menampilkan eksterior koa, yang dihargai lebih tinggi saat ini karena deforestasi industri telah mengurangi prevalensi pohon asli Hawaii tersebut.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.