Sukses

BSSN Luncurkan Aplikasi Manajemen Password SATRIA

BSSN baru saja meluncurkan aplikasi manajemen password SATRIA untuk membantu masyarakat menyimpan dan mengelola password miliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) baru saja meluncurkan aplikasi manajemen password yang diberi nama SATRIA. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber dan Sandi BSSN.

Kehadiran SATRIA (Sandi Anda Terenkripsi dengan Aman) disebut menjadi salah satu solusi dari BSSN untuk melindungi masyarakat dari kejahatan siber.

Peluncuran aplikasi ini dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dan Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian.

"Semoga momentum ini dapat memperkuat fondasi keamanan transformasi digital pemerintah dan selanjutnya dapat segera diterapkan menyeluruh di instansi pemerintah pusat dan daerah secara nasional," tutur MenPAN-RB seperti dikutip dari situs resminya, Kamis (4/11/2021).

Sesuai namanya, SATRIA merupakan aplikasi yang dapat membantu pengguna internet mengelola dan menyimpan password dengan baik. Nantinya, aplikasi ini akan menyimpan kredensial dan melakukan enkripsi pada secure storage di perangkat yang memasangnya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat membantu pengguna membuat password yang susah ditebak. Untuk melakukannya, SATRIA menggunakan algoritma tertentu agar bisa membuat password secara acak dan sulit diketahui orang lain.

Saat ini, aplikasi SATRIA baru tersedia untuk platform Android. Karenanya, aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur yang Ada di Aplikasi SATRIA

Untuk mengetahui sejumlah fitur yang ada di aplikasi SATRIA, berikut ini ada beberapa di antaranya seperti dikutip dari situs resmi BSSN.

1. Secure Key Derivation

Kunci enkripsi yang diturunkan dari Master Key dengan kunci kriptografi.

2. Password Encryption

Seluruh password pengguna akan dienkripsi dengan algoritma kriptografi.

3. Secure Password Generator

Membuat password acak berdasarkan generator berbasis kriptografi.

4. Secure Database

Penerapan enkripsi pada database untuk menambah keamanan password.

5. Secure Storage

Informasi rahasia tersimpan pada secure storage local device pengguna.

3 dari 3 halaman

Fitur Lain

6. Biometric Authentication

Penggunaan Two-Factor Authentication (2FA) berbasis biometric fingerprint.

7. USB Debugging Detection

Aplikasi tidak dapat berjalan di perangkat dengan developer mode aktif.

8. Anti-Screen Capture

Menghindari kebocoran password melalui screen capture.

9. Root Detection

Aplikasi tidak dapat berjalan di perangkat yang di-root untuk menjaga keamanan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.