Sukses

Tips Kirim Pesan WhatsApp ke Banyak Kontak Tanpa Bikin Group

Fitur broadcast list pada WhatsApp memungkinkan pengguna mengirimkan pesan yang sama, misalnya ucapan Selamat Idul Fitri, ke banyak kontak dalam sekali kirim, bagaimana cara buatnya?

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kini jadi aplikasi pesan paling popular karena dipakai oleh lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia.

Di WhatsApp, pengguna juga bisa bergabung ke banyak group, namun punya terlalu banyak group tentu akan membuat kita jadi tidak nyaman.

Ada kalanya juga kita ingin mengirim pesan yang sama ke banyak orang, misalnya membuat ucapan Selamat Idul Fitri atau ucapan hari besar lainnya, tanpa harus membuat group obrolan. Solusinya adalah broadcast list atau daftar siaran.

Mengutip Times of India, Rabu (8/9/2021), fitur broadcast list pada WhatsApp memungkinkan pengguna mengirimkan pesan yang sama, misalnya ucapan Selamat Idul Fitri, ke banyak kontak dalam sekali kirim.

Broadcast list merupakan daftar kontak yang disimpan agar bisa mengirimkan pesan yang sama, secara bersamaan, tanpa harus memilih satu per satu kontak tiap ingin kirim pesan atau membuat group WhatsApp. 

Fitur ini juga bertujuan mencegah pembuatan group yang tidak terlalu penting. Broadcast list pada WhatsApp bisa mencapai 256 kontak pada saat bersamaan.

Syaratnya adalah kontak yang dimasukkan ke boradcast list menyimpan nama pengirim. Dengan begitu, pesan broadcast bakal masuk ke inbox mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Begini Cara Membuatnya

1. Pada Android, masuk ke WhatsApp kemudian tap pada menu titik tiga yang ada di sudut kanan atas layar.

2. Pilih opsi New Broadcast. Lalu, cari dan pilih kontak yang ingin dimasukkan broadcast list.

3. Setelah itu, tap tanda check list warna hijau yang ada di bagian bawah layar.

Sementara pada WhatsApp iPhone, broadcast list bisa ditemukan dengan mudah di atas layar menu chat. Pengguna bisa menambahkan kontak di dalamnya hingga maksimal 256 kontak.

Selanjutnya ketika pengguna mengirimkan sebuah pesan pada broadcast list, pesan hanya akan masuk pada kontak yang menyimpan nama kita di daftar kontaknya.

Para penerima pesan akan menerima pesan broadcast tersebut layaknya pesan normal lainnya. Jika mereka membalas pesan tersebut, akan tampak seperti chat biasa di smartphone pengguna.

3 dari 4 halaman

Broadcast List Bisa Diedit, Caranya:

Pengguna pun bisa mengedit atau ubah daftar kontak di broadcast list atau juga menghapus satu atau kontak yang ada di dalamnya. Berikut cara ubah broadcast list:

1. Buka broadcast list yang kamu miliki di WhatsApp.

2. Tap pada menu titik tiga dan pilih info broadcast list.

3. Pada info broadcast list, pengguna dapat:

- mengubah nama broadcast list dengan tap Edit.

- kemudian tambah penerima dengan cara mengetuk opsi Add recipient atau tambah penerima.

- hapus penerima dengan cara mengetuk edit recipients (ubah penerima) dan pilih X di samping kontak yang ingin dihapus dari daftar, terakhir pilih tanda checklist.

(Tin/Isk)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.