Sukses

Qualcomm Hadirkan Teknologi aptX Lossless Lewat Snapdragon Sound

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm akhirnya mengumumkan peluncuran platform audio Snapdragon Sound secara global. Bersama dengan peluncuran ini, perusahaan mengatakan sudah ada 30 OEM yang menandatangani perjanjian dan siap meluncurkan produk komersialnya, seperti Xiaomi, Edifier, dan Master & Dynamics.

Lewat kehadiran Snapdragon Sound, Qualcomm mengatakan pihaknya ingin menghadirkan pengalaman transmisi CD lossless audio lewat konektivitas bluetooth.

Terlebih saat ini, salah satu fitur yang banyak diminta konsumen adalah kualitas lossless audio.

Untuk menghadirkan pengalaman tersebut, Qualcomm menghadirkan teknologi Qualcomm aptX Lossless yang memperkuat kemampuan Adaptive aptX pada Snapdragon Sound.

Teknologi ini dirancang untuk menghadirkan peningkatan dalam lossless audio 16-bit 44.1kHz berkualitas CD lewat konektivitas nirkabel bluetooth.

Berbekal kemampuan ini, James menuturkan, OEM dapat menggunakan Snapdragon Audio untuk mendukung berbagai format audio, termasuk lossless CD, HD 24-bit 48kHz dan resolusi tinggi 24-bit 96kHz. Selain kualitas tinggi, konektivitasnya pun dapat diandalkan.

"Dengan Snapdragon Sound, kami mengambil pendekatan tingkat sistem baru, melihat rangkaian audio yang lengkap dari ponsel hingga earbud, sekaligus memperkenalkan cara baru menghasilkan kualitas suara," tutur Vice President and General Manager Voice, Music, and Wearables, Qualcomm James Chapman dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (3/9/2021).

James menuturkan dengan mengoptimalkan kemampuan audio, Qualcomm memungkinkan untuk menawarkan pengalaman latency rendah saat bermain game, melakukan panggilan suara yang jernih, dan memuar musik berkualitas tinggi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon Sound, Apa Itu?

Untuk diketahui, Qualcomm baru saja memperkenalkan solusi audio baru yang diberi nama Snapdragon Sound. Solusi ini merupakan rangkaian inovasi dipadukan software audio yang dioptimalkan untuk menghasilkan keluaran suara lebih mulus dan imersif.

Qualcomm menuturkan, solusi ini dirancang untuk memberikan pengalaman suara lebih superior secara nirkabel saat mendengarkan musik dari layanan streaming, berkomunikasi lewat telepon, atau bermain gim. 

"Pendekatan system-level kami menggabungkan beberapa teknologi dan produk terbaru dari seluruh portofolio platform seluler maupun audio Qualcomm untuk mencapai visi menghadirkan audio berkualitas kabel dengan resolusi tinggi, secara nirkabel," tutur Vice President and General Manager, Voice, Music and Wearables Qualcomm, James Chapman, dalam keterangan resmi, Sabtu (6/3/2021).

3 dari 3 halaman

Kemampuan Snapdragon Sound

Snapdragon Sound dirancang untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan audio secara nirkabel dengan lebih kuat dan mulus. Beberapa kemampuan yang diusung adalah mendukung resolusi audio tinggi 24-bit 96kHz, low latency, sinkronisasi lebih baik, dan kualitas suara yang apik.

Selain itu, Snapdragon Sound juga mendukung latency bluetooth serendah 89 milidetik untuk pengalaman gaming lebih imersif dan menonton video lebih baik.

Solusi juga ini dirancang untuk mendukung format hingga 384kHz 32-bit PCM dan DSD dengan THD+N ultra-rendah. Menurut Qualcomm, produk yang akan mendukung Snapdragon Sound diperkirakan bakal rilis akhir 2021.

Nantinya, solusi ini dapat dimanfaatkan untuk beragam perangkat, seperti smartphone, earbud, headphone, dan dapat pula hadir di PC, jam tangan dan kacamata XR yang rilis di masa depan.

(Dam/Ysl)