Sukses

Instagram Akan Minta Pengguna Bagikan Tanggal Ulang Tahun, Buat Apa?

Instagram mengungkapkan dua cara yang akan mereka lakukan untuk menagih informasi hari ulang tahun tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram mengumumkan bahwa mereka akan meminta pengguna untuk membagikan tanggal ulang tahun mereka, demi melindungi privasi kelompok usia yang lebih muda.

Pernyataan ini disampaikan oleh Pavni Diwanji, VP of Youth Products Instagram dalam sebuah pengumuman resmi di blog mereka, dikutip Rabu (1/9/2021).

Media sosial milik Facebook itu mengatakan informasi itu memungkinkan mereka membuat fitur keselamatan baru bagi kaum muda, serta membantu memastikan memberikan pengalaman yang tepat untuk usia yang tepat.

"Contoh terbaru termasuk perubahan yang kami buat pada bulan Maret untuk mencegah orang dewasa mengirim pesan ke orang di bawah 18 tahun yang tidak mengikuti mereka," kata mereka.

"Dan bulan lalu kami mulai mengatur akun baru milik orang di bawah 16 tahun ke pengaturan pribadi," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menampilkan Iklan yang Sesuai

Instagram juga mengatakan, dengan informasi tersebut, mereka juga menerapkan perubahan baru untuk membatasi opsi penargetan pengiklan bagi pengguna di bawah 18 tahun ke lebih banyak orang.

"Ini juga membantu kami menampilkan iklan yang lebih relevan kepada Anda," kata mereka.

Dikutip dari Engadget, platform berbagi gambar dan video tersebut memang sudah meminta tanggal lahir sebagai syarat pendaftaran sejak akhir 2019. Namun, pengguna yang mendaftar sebelum itu mungkin belum membagikan informasi tersebut.

Dalam beberapa pekan ke depan, Instagram pun dikabarkan akan mulai meminta informasi tersebut ke para penggunanya. Seseorang bisa mengabaikannya, namun permintaan itu akan muncul kembali.

3 dari 4 halaman

Cara IG Minta Pengguna Masukkan Tanggal Lahir

Ada dua cara yang akan dilakukan Instagram untuk ini. Pertama, mereka akan menanyakannya saat pengguna membuka media sosial tersebut. Notifikasi itu selama beberapa kali, hingga pengguna mau mengisinya.

Cara kedua, apabila pengguna melihat layar peringatan dalam sebuah unggahan, Instagram akan meminta informasi tanggal lahir sebelum Anda dapat melihat unggahan yang mungkin sensitif atau vulgar tersebut.

Demi mencegah orang memalsukan tanggal lahir, mereka mengungkapkan sedang mengembangkan sistem untuk mengatasinya.

"Seperti yang kami bagikan baru-baru ini, kami menggunakan kecerdasan buatan untuk memperkirakan berapa usia orang berdasarkan hal-hal seperti unggahan 'Selamat Ulang Tahun,'" kata Diwanji.

Di masa mendatang, jika seseorang memberi tahu bahwa mereka di atas usia tertentu namun teknologi mengungkapkan sebaliknya, Instagram akan menampilkan menu opsi untuk memverifikasi usia mereka.

"Pekerjaan ini masih dalam tahap awal, dan kami berharap dapat segera berbagi lebih banyak lagi," kata Instagram.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.