Sukses

Daftar Kota yang Mendapat Jaringan 5G XL Axiata untuk Tahap Awal

XL Axiata mengungkap daftar kota yang akan mendapatkan akses jaringan 5G miliknya untuk tahap awal.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata dipastikan menjadi operator seluler ketiga yang siap menggelar layanan komersialisasi 5G di Indonesia usai mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

Menurut Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, XL Axiata mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan implementasi teknologi 5G di Indonesia. Untuk itu, persiapan untuk menggelar jaringan 5G sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

"Proses Uji Laik Operasi (ULO) 5G telah berjalan sesuai dengan jadwal yang kami rencanakan, selama tiga hari, 3 hingga 5 Agustus 2021 dan berlokasi di Kota Depok, tepatnya di sebagian area Jalan Margonda Raya," tuturnya saat konferensi pers virtual.

Dian pun mengatakan setelah lolos ULO ini, XL Axiata bersiap untuk menggelar jaringan dan layanan 5G di Indonesia, termasuk secara bertahap memperluas cakupannya.

Adapun untuk tahap awal, jaringan 5G XL Axiata akan hadir di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya dengan cakupan area terbatas mulai pertengahan Agustus 2021.

Lebih lanjut Dian menuturkan, untuk mempersiapakan layanan 5G ini, XL Axiata sudah memperluas fiberisasi. Hal ini penting karena jumlah traffic yang ditangani 5G akan jauh lebih banyak dari teknologi sebelumnya.

Sementara untuk jaringan radionya, XL Axiata menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) pada spektrum 1.800Mhz dan 2.100.MHz. Lewat teknologi ini, XL Axiata akan memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G.

Kendati demikian, XL Axiata tetap akan memastikan kenyamaan pengguna 4G maupun 5G. "Implementasi DSS ini menjadi pilihan mengingat spektrum baru untuk 5G masih belum kami miliki," tuturnya menjelaskan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

XL Axiata Akhirnya Dapat Restu Gelar 5G di Indonesia

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Infomartika, Johnny G. Plate, mengumumkan XL Axiata mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk komersialisasi layanan 5G.

"Hari ini kita bersama manyambut keikutsertaan XL Axiata yang baru saja mendapatkan SKLO layanan 5G pada 6 Agustus 2021 beberapa hari yang lalu. Setelah pelaksanaan Uji Laik Operasi (ULO) pada 3 sampai 5 Agustus 2021. Jadi satu hari setelah selesai ULO, langsung diterbitkan SKLO tersebut," tutur Menkominfo dalam konferensi pers virtual, Kamis (12/8/2021).

Adapun ULO layanan 5G XL Axiata dilakukan di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Dengan diterbitkannya SKLO ini, Indonesia saat ini sudah memiliki tiga operator seluler yang mendukung layanan 5G dan berharap pelaksanaan komersialisasi 5G ini dapat berkembang dengan baik di Tanah Air.

Lebih lanjut Johnny menuturkan, penerbitan SKLO pada XL Axiata ini dilaksanakan sesuai dengan Pasal 4 Peraturan Menkominfo No 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi. Karenanya, penerbitan SKLO ini sekaligus menyatakan bahwa sarana dan prasarana yang dibangun XL Axiata siap beroperasi.

Johnny menuturkan, layanan 5G XL Axiata akan digelar pada pita frekuensi 1.800MHz dengan lebar pita 20MHz, dalam rentang 1.807,5MHz sampai 1.825,5MHz.

3 dari 3 halaman

5G di Indonesia

"Keberadaan operator seluler ketiga yang menyediakan layanan jaringan 5G, menunjukkan bahwa industri penyediaan layanan jaringan 5G dapat berkembang secara komersial dengan baik di Indonesia, walaupun saat ini kita sedang berada di tahap initial commercial operation," tutur Johnny menuturkan.

Untuk diketahui, selain XL Axiata, dua operator seluler yang juga sudah mulai menggelar layanan komersialisasi 5G adalah Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Sementara untuk wilayah yang tercakup dua operator itu adalah Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.