Sukses

Daftar Startup Lokal dengan Produk dan Layanan NLP Bahasa Indonesia (Bagian 2)

NLP merupakan cabang Artificial Intellegence (AI) atau kecerdasan buatan yang berkaitan dengan bagaimana komputer mampu memahami data tekstual dengan cara serupa yang manusia lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Di artikel sebelumnya (bagian 1) kami telah membahas empat startup lokal yang menawarkan produk dan layanan Natural Language Processing (NLP) atau pemrosesan bahasa alami.

NLP merupakan cabang Artificial Intellegence (AI) atau kecerdasan buatan yang berkaitan dengan bagaimana komputer mampu memahami data tekstual dengan cara serupa yang manusia lakukan.

Nah, di artikel ini kami telah merangkum tiga startup lokal lainnya yang juga menawarkan produk dan layanan NLP. 

5. Konvergen AI

Salah satu tugas yang dapat dikerjakan dengan model NLP adalah mengekstraksi data dari dokumen, terutama dokumen cetak fisik, dengan menggunakan fungsi pengenalan karakter optis atau Optical Character Recognition (OCR).

Konvergen AI melihat ini sebagai peluang dan berfokus pada pengembangan produk tersebut, seperti Kontext ID (layanan untuk membaca dan mengekstraksi data dari eKTP atau kartu identitas lainnya) dan Kontext POP (layanan untuk membaca dan mengekstraksi data dari tanda terima/kuitansi [receipt]).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6. Pacmann

Pada masa awal berdirinya, Pacmann AI berawal dari startup yang berfokus pada penerapan dan pengembangan algoritma Machine Learning. Seiring waktu berjalan, perusahaan melakukan diversifikasi bisnis dengan menawarkan dua layanan, yakni Pacmann Consulting dan Pacmann Academy.

Di Pacmann Consulting, perusahaan menawarkan jasa untuk merancang solusi, optimasi bisnis, perencanaan sistem, pengembangan model, serta implementasi sistem untuk berbagai industri. Di bidang NLP, Pacmann berpengalaman mengerjakan proyek pemantauan media (media monitoring) dan mengindentifikasi sentimen terhadap topik-topik tertentu.

Selain itu, perusahaan juga tengah mengerjakan sejumlah proyek yang termasuk ke dalam subbidang NLP - Information Extraction, seperti Named-Entity Recognition, Coreference Resolution, dan Entity Relation Detection.

Sementara Pacmann Academy menawarkan program Nano Degree untuk menjadi Data Scientist dengan materi komprehensif yang sesuai dengan kebutuhan industri.

 

3 dari 3 halaman

7. Prosa.ai

Prosa.ai menawarkan produk dan layanan dengan cakupan luas, mulai dari Interaksi Pelanggan (Multichannel CX Analytics, Speech Analytics, Chatbots), Optimasi Bisnis (Pembuatan Transkripsi Rapat dan Regulatory Technology), Deteksi Penipuan (Voice Biometrics), NLP dan Pemrosesan Teks, serta Pemrosesan Suara.

Untuk NLP dan Pemrosesan Teks, perusahaan memiliki dua produk, yaitu platform verifikasi hoaks (Hoax Intel) dan Prosa Text.

Produk turunan dari Prosa Text meliputi Syntactic Analyzer, Word Normalizer, Named-Entity Extractor, Sentiment Analyzer, Quotation Extractor, Hate Speech Detector, dan Rude Words Classifier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.