Sukses

Mengenal CEO Baru Amazon Andy Jassy yang Gantikan Jeff Bezos

Pendiri Amazon Jeff Bezos memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai CEO perusahaan. Penggantinya adalah Andy Jassy yang sebelumnya menjabat CEO Amazon Web Service. Ini dia profilnya.

Liputan6.com, Jakarta - Jeff Bezos resmi mundur dari jabatannya sebagai CEO Amazon pada 5 Juli 2021. Jeff Bezos menjalankan peran sebagai CEO sejak Amazon didirikannya pada 5 Juli 1994 atau 27 tahun lalu.

Kini, jabatan CEO Amazon diemban oleh Andy Jassy (68). Siapakah sosok pengganti Jeff Bezos ini?

Mengutip laman The Verge, Selasa (6/7/2021), Andy Jassy sebelumnya menjabat sebagai CEO Amazon Web Service sejak 2016. Sementara di AWS, Jeff Bezos sebagai Dewan Eksekutif.

Andy Jassy adalah karyawan kawakan di Amazon. Pria kelahiran 13 Januari 1968 ini bergabung di perusahaan pada 1997, segera setelah mendapat gelar master dari Harvard Business School. Salah satu jabatan yang diembannya adalah marketing manager.

Andy Jassy juga menjadi salah satu shadow adviser bagi Jeff Bezos. Shadow adviser adalah staf yang mengikuti tiap rapat yang dihadiri Bezos dan memberikan masukan.

Uniknya, Jeff Bezos punya kesan tersendiri pada Andy Jassy. Berdasarkan buku The Everything Store: Jeff Bezos and the Age of Amazon karya Brad Stone, rupanya Andy Jassy pernah tidak sengaja memukul kepala Bezos dengan dayung kayak. Kejadian ini terjadi di sebuah acara kantor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masuk ke Tim AWS dan Jadi CEO

Kedekatan Bezos dan Andy Jassy kian terjalin beberapa tahun setelah perusahaan berkecimpung di bidang komputasi awan.

Kariernya bisa dibilang cukup gemilang. Andy Jassy memimpin AWS sejak tim AWS didirikan pada 2003 dengan total anggota tim 57 orang. Jassy kemudian didapuk sebagai CEO AWS pada 2016.

Kemudian, melalui kepiawaiannya, pada 2020, AWS sudah menguasai sepertiga dari pasar komputasi cloud di dunia, menurut Synergy Research. AWS bersaing sangat ketat dengan Microsoft dan Google.

Jalur karier Andy Jassy juga terbilang mirip dengan CEO Microsoft Satya Nadella. Satya Nadella sebelum menjabat jadi CEO Microsoft juga memimpin bisnis komputasi cloud Microsoft Azure.

Menurut Bloomberg Billionaire Index, angka kekayaan CEO baru Amazon Andy Jassy sekitar USD 500 juta atau setara Rp 7,2 triliun.

3 dari 3 halaman

Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon

Sebelumnya, Jeff Bezos resmi meninggalkan posisi CEO Amazon setelah 27 tahun. Selanjutnya miliarder itu dijadwalkan akan pergi ke luar angkasa pada 20 Juli 2021 mendatang.

Sementara itu, kemunduran dirinya dari posisi CEO Amazon telah ia sampaikan pada akhir Mei 2021 lalu. Sebagai pengganti, jabatan CEO akan diisi oleh Andy Jassy, yang sebelumnya menempati posisi CEO Amazon Web Service.

Pria dengan nama lengkap Jeffrey Preston Bezos itu akan tetap memiliki pengaruh besar terhadap Amazon. Selanjutnya, Jeff Bezos akan menempati posisi chairman Amazon.

Sebelumnya, Amazon mengumumkan pergantian pimpinan ini saat laporan kinerja pada Februari 2021.  Mengutip CNN, Senin (5/7/2021), kemunduran dirinya tepat di tanggal yang sama dengan waktu Amazon berdiri, 5 Juli 1994.

"Saya sangat bersemangat untuk berpindah peran menjadi chairman. Saya akan memfokuskan energi dan perhatian saya pada produk baru,” ujar Jeff Bezos.

Ia berharap, setelah melepas jabatannya, Bezos bisa fokus mengurus perusahaan lain miliknya seperti Bezos Earth Fund dan Blue Origin.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.