Sukses

Detik-Detik Gerhana Matahari Terjadi di Sejumlah Negara Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Momen menakjubkan gerhana Matahari cincin atau annular Solar eclipse yang terjadi pada Kamis (10/6/2021) sore waktu Indonesia, berhasil diabadikan di sejumlah negara. 

Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi. Pada gerhana Matahari cincin, Bulan tidak sepenuhnya menutup seluruh bagian Matahari, dan bagian pinggirnya masih bercahaya. Matahari pun tampak seperti cincin terang di langit alias 'ring of fire'.

Berikut ini merupakan penampakan gerhana Matahari cincin yang terlihat di sejumlah negara:

 

Ini merupakan fase awal gerhana Matahari yang terlihat di langit Maryland, Amerika Serikat. 

Menurut NASA, di beberapa tempat, cincin di sekitar Matahari tidak terlihat, malah akan mengalami gerhana matahari sebagian. 

Seperti yang terjadi di Amerika Serikat, gerhana Matahari sebagian akan terlihat di sepanjang bagian Tenggara, Timur Laut, Barat Tengah, dan di Alaska Utara.

Fenomena ini terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tidak sejajar. Matahari akan tampak memiliki bayangan gelap hanya di sebagian permukaannya. 

 

Penduduk di bagian timur Amerika Serikat dan Alaska utara akan melihat gerhana matahari parsial pada 10 Juni, bersama dengan sebagian besar Kanada dan sebagian Karibia, Eropa, Asia, dan Afrika utara.  

Di banyak lokasi ini, gerhana akan terjadi sebelum, selama, dan segera setelah matahari terbit. Ini berarti bahwa pemirsa harus mendapatkan pandangan cakrawala yang jelas saat matahari terbit untuk melihat gerhana.

NASA mengungkap, hanya beberapa wilayah Bumi seperti di bagian Kanada, Greenland, dan Rusia utara yang mengalami gerhana Matahari cincin, seperti foto di atas.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: